UJI VALIDITAS DAN RELIABILITAS INSTRUMEN BRIEF ILLNESS PERCEPTION QUESTIONNAIRE (B-IPQ) VERSI INDONESIA PADA PASIEN ASMA DI RSUD DOKTER SOEDARSO PONTIANAK

Surya Agustyani, Ressi Susanti, Robi Robiyanto

Abstract

Brief Illness Perception Questionnaire (B-IPQ) merupakan kuesioner singkat yang digunakan untuk studi tentang persepsi penyakit seseorang dan sesuai untuk mengevaluasi persepsi penyakit pada pasien dengan penyakit kronis, salah satunya asma. Instrumen ini belum pernah digunakan untuk mengukur persepsi pada pasien asma di Indonesia, khususnya di Kalimantan Barat. Oleh sebab itu, agar instrumen B-IPQ dapat diterapkan pada penyakit asma di Indonesia, uji validitas dan reliabilitas pada instrumen B-IPQ versi bahasa Indonesia perlu dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas instrumen B-IPQ versi Indonesia pada pasien asma di RSUD Dokter Soedarso Pontianak. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional dengan teknik purposive sampling. 32 orang pasien asma terlibat sebagai responden. Uji validitas dilakukan dengan metode Pearson correlation (nilai korelasi ≥ 0,3) dan uji reliabilitas menggunakan teknik Internal consistency (Cronbach alpha coefficient ≥ 0,7). Hasil penelitian ini adalah uji validitas menunjukkan nilai korelasi masing-masing item > 0.3 (p=0.05) dan uji reliabilitas menunjukkan nilai Cronbach alpha coefficient sebesar 0.787 > 0.7 (p=0.05). Kesimpulannya instrumen B-IPQ versi Indonesia valid dan reliabel untuk mengukur persepsi penyakit pada pasien asma di RSUD Dokter Soedarso Pontianak.

Full text article

Generated from XML file

Authors

Surya Agustyani
agustyanisurya25@gmail.com (Primary Contact)
Ressi Susanti
Robi Robiyanto
Author Biographies

Surya Agustyani, Universitas Tanjungpura

Prodi Farmasi Fakultas Kedokteran

Ressi Susanti, Universitas Tanjungpura

Prodi Farmasi Fakultas Kedokteran

Robi Robiyanto, Universitas Tanjungpura

Prodi Farmasi Fakultas Kedokteran
Agustyani, S., Susanti, R. and Robiyanto, R. (2017) “UJI VALIDITAS DAN RELIABILITAS INSTRUMEN BRIEF ILLNESS PERCEPTION QUESTIONNAIRE (B-IPQ) VERSI INDONESIA PADA PASIEN ASMA DI RSUD DOKTER SOEDARSO PONTIANAK”, Farmasains : Jurnal Ilmiah Ilmu Kefarmasian, 4(2), pp. 47–55. doi: 10.22236/farmasains.v4i2.283.
Copyright and license info is not available

Article Details