Hubungan Karakteristik Pasien dan Keluarga dengan Kepuasan Pelayanan di Puskesmas Cibeber, Kabupaten Cianjur
Abstract
Kepuasan pasien terhadap pelayanan di Puskesmas dipengaruhi oleh banyak faktor. Tujuan penelitian
ini adalah diketahuinya hubungan karakteristik keluarga dengan kepuasan pasien terhadap pelayanan
pemeriksaan pada poli klinik umum, gigi, KIA/KB, dan apotik di Puskesmas Kecamatan Cibeber,
Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan disain studi cross sectional analitik. Populasi
pada penelitian ini adalah seluruh pasien yang datang berobat kemasing-masing poliklinik dan apotik
di Puskesmas Kecamatan Cibeber pada tahun 2011. Adapun sampel penelitian berjumlah 210 orang.
Pengumpulan data dilaksanakan dengan wawancara kepada sampel terpilih menggunakan kuesioner.
Pengolahan data dilakukan dengan komputer, dan análisis data dengan dua tahap yaitu análisis univariat
dan análisis bivariat. Pada bagian Poliklinik Umum, pasien yang statusnya sebagai kepala keluarga lebih
berpeluang 6 kali tidak puas pada pelayanannya (CI 95%: 2,79 – 11,18). Sedangkan pasien laki-laki lebih
berpeluang 11 kali tidak puas pada pelayanan Poliklinik gigi (CI 95%: (5.28 – 24.15). Pada pasien yang
berstatus sebagai kepala keluarga berpeluang 9 kali tidak puas pada pelayanan Poliklinik KIA/KB (CI 95%:
3.29 – 23.63) dan pada pasien yang berpenghasilan keluarga lebih dari Rp. 810.500/bulan lebih berpeluang
7 kali tidak puas pada pelayanan di Apotik (CI 95%: 2.42 – 20.70). Penelitian ini merekomendasikan
kepada puskesmas agar petugas kesehatan perlu memperbaiki kualitas pelayanan dengan cara meningkatkan
keterampilan teknis dalam memeriksa pasien, meningkatkan pelayanan yang lebih ramah kepada pasien,
serta tidak membiarkan pasien menunggu terlalu lama untuk mendapatkan pemeriksaan