Efektivitas Pendidikan Kesehatan Menggunakan Instagram Terhadap Pengetahuan dan Sikap Mengenai Karies pada Siswa

Andi Farhan Tabran, Nino Adib Chifdillah, Emelia Tonapa

Abstract

ABSTRAK


Penyakit gusi (penyakit periodontal) menempati urutan ke 11 di dunia. Upaya untuk mengurangi angka kesakitan karies adalah melakukan promosi kesehatan gigi dan mulut secara dini, salah satunya dengan penggunaan media sosial Instagram. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pendidikan kesehatan menggunakan Instagram terhadap pengetahuan dan sikap siswa SMAN 4 Berau tentang karies gigi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pre-experimental design dengan single group pre-test post-test. Populasi penelitian terdiri dari siswa Kelas XII penderita karies sebanyak 237 orang dan teknik pengambilan sampelnya adalah proporsional random sampling dengan jumlah responden sebanyak 113 orang. Rata-rata skor pengetahuan meningkat dari 12,48 menjadi 15,12. Rata-rata skor sikap juga meningkat dari 62,22 menjadi 64,18. Secara statistik hasil uji Wilcoxon untuk variabel informasi adalah p=0,000, diikuti p=0,002 untuk variabel sikap. Pendidikan kesehatan menggunakan Instagram meningkatkan pengetahuan dan sikap siswa SMAN 4 Berau. Oleh karena itu, pendidikan kesehatan dengan Instagram sebagai medianya efektif terhadap peningkatan sikap responden.


Kata kunci: Edukasi, karies, Instagram, pengetahuan, sikap

Full text article

Generated from XML file

Authors

Andi Farhan Tabran
farhanscmu@gmail.com (Primary Contact)
Nino Adib Chifdillah
Emelia Tonapa
Tabran, A. F., Nino Adib Chifdillah, & Emelia Tonapa. (2024). Efektivitas Pendidikan Kesehatan Menggunakan Instagram Terhadap Pengetahuan dan Sikap Mengenai Karies pada Siswa. ARKESMAS (Arsip Kesehatan Masyarakat), 9(2), 19–24. Retrieved from https://journal.uhamka.ac.id/index.php/arkesmas/article/view/12731
Copyright and license info is not available

Article Details