IMPLEMENTASI PROGRAM INTERVENSI BERBASIS MODUL DAN VIDEO EMO-DEMO GIZI SEIMBANG PADA SISWA SEKOLAH DASAR ISLAM ASSA'ADAH KECAMATAN CILANDAK JAKARTA SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.22236/ardimas.v1i2.4979Keywords:
Emo-demo, balanced-nutrition, moduleAbstract
Obesitas pada anak masih menjadi masalah di kota-kota besar, khususnya DKI Jakarta. Kota Jakarta Selatan
merupakan kota yang memiliki prevalensi obesitas anak yang paling tinggi di DKI Jakarta, yakni sebesar 10,9%.
Kegiatan intervensi pencegahan obesitas dilakukan di SD Islam Assa'adah, Jakarta Selatan. Metode yang
dilakukan adalah dengan metode emo-demo dengan media berupa modul sebagai panduan dan video. Sasaran dari kegiatan intervensi ini adalah siswa-siswi kelas 4, 5, dan 6 SD Islam Assa'adah Jakarta Selatan. Kegiatan intervensi berlangsung pada bulan April-Mei 2020 melalui Zoom Cloud Meeting dan YouTube yang berlangsung selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) akibat dampak pandemi COVID-19. Akses ke dalam Zoom Cloud Meeting dan intervensi yang berlangsung daring dibantu dengan koordinasi bersama guru dan kepala sekolah. Evaluasi dilakukan secara daring sebelum dan setelah intervensi dengan melakukan pre- dan post-test menggunakan Google Form. Evaluasi diberikan berdasarkan tiga sub-topik pada materi Gizi Seimbang, yakni keseimbangan energi, zat pembangun, dan zat pengatur. Diskusi interaktif berlangsung setelah materi diawali dengan respon peserta berupa pertanyaan terkait dengan aktivitas olahraga selama masa PSBB dan porsi makanan ideal sekali makan sesuai dengan panduan Gizi Seimbang. Hasil pre-test dan post-test menunjukkan modul dan video emo-demo dapat meningkatkan pengetahuan peserta pada topik
keseimbangan energi, zat pembangun, dan zat pengatur secara signifikan (p-value < 0,05).
Kata Kunci : emo-demo, gizi seimbang, modul