Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Dalam Dakwah Nabi

Authors

  • Rijal Assidiq Mulyana IAIN Syekh Nurjati

DOI:

https://doi.org/10.22236/alurban_vol6/is1pp1-13

Keywords:

Ekonomi; Pemberdayaan; Dakwah

Abstract

Sepanjang perjalanan Rasulullah menyampaikan misi Ilahiyah sebagai pemegang tugas suci-Nya, dakwah Nabi telah menjadi motor penyampai pesan-pesan Ilahiyah kepada umatnya. Diantara tema-tema dakwah Rasulullah tidak terkecuali memuat ekonomi didalamnya; Penelitian dilakukan guna mendeksripsikan dan menjelaskan pemberdayaan ekonomi yang termuat dalam dakwah Nabi; menggunakan pendekatan studi kepustakaan; Hasil penelitian menunjukkan bahwa pesan-pesan ekonomi dalam dakwah nabi dilakukan guna mewujudkan masyarakat yang berdaya, yaitu masyarakat yang secara lahiriah terbebas dari kebodohan (jahiliyyah), kesewenang-wenangan, penindasan ekonomi, juga sebagai upaya mendorong terciptanya kemandirian ekonomi, kesejahteraan masyarakat serta kebahagiaan di hari akhir kelak. Sehingga pemberdayaan ekonomi dalam konteks ajaran Islam tidak hanya bersifat kekinian (duniawi) namun masa depan (ukhrawi); Bentuk pemberdayaan ekonomi tersebut terekam dalam pesan-pesan dakwah nabi yaitu, 1. Akidah-Ekonomi meliputi Ekonomi Ilahiyah dan Ekonomi Rabbaniyah), 2. Hukum Ekonomi, yang memuat halal, haram, dan syubhat , dan 3. Akhlak-Ekonomi meliputi akhlak dalam bisnis, akhlak dalam aktivitas produksi, akhlak dalam konsumsi dan akhlak dalam pemasaran

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Quran Al-Karim
Ahmad, M. R. (2006) al-Sirah al-Nabawiyyah fi Dhauq'i al-Maá¹£ādir al-Aá¹£liyyah: Dirasah Tahlīliyyah, terj. Yessi HM. Jakarta: Qisthi Press.
Al Arif, M. N. R. (2012). Lembaga Keuangan Syariah: Suatu Kajian Teoretis Praktis. Jakarta: Kencana.
Aravik, H. (2017). Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam Kontemporer Edisi Pertama. Jakarta: Kencana.
Ash Shadr, M. B. 2008). Buku Induk Ekonomi Islam; Iqtishaduna. Jakarta: Penerbit Zahra.
Ash-Shadr, M. B. (1990). Kemelut Kepemimpinan Setelah Rasul. Jakarta: Yayasan As-Sajjad.
Chapra, M. U. (2001). Masa Depan Ilmu Ekonomi: Sebuah Tinjauan Islam. Jakarta: Gema Insani Press.
Fauzia, I. Y. (2014). Prinsip Dasar Ekonomi Islam Perspektif Maqashid al-Syariah. Kencana.
Hasoloan, J. (2010). Pengantar Ilmu Ekonomi. Sleman: Deepublish.
Keraf, A. S. (1991). Etika Bisnis membangun Citra Bisnis sebagai Profesi Luhur. Yogyakarta: Kanisius.
Marit, E.L., dkk., 2021. Pengantar Ilmu Ekonomi. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Maryani, D., & Nainggolan, R. R. E. (2019). Pemberdayaan masyarakat. Sleman: Deepublish.
Mulyana, R. A. (2018). Sikap Dan Persepsi Konsumen Terhadap Perbankan Syariah Di Indonesia Dan Malaysia. Jurnal Naratas, 1(1), 38-51.
Noor, M. (2011). Pemberdayaan masyarakat. CIVIS, 1(2).
Nurjamilah, C. (2017). Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Masjid dalam Perspektif Dakwah Nabi saw. Journal of Islamic Studies and Humanities, 1(1), 93-119.
Samad, M. (2018). Etika Bisnis Syariah: Berbisnis Sesuai Dengan Moral Islam. Yogyakarta: Sunrise Book Store.
Simorangkir. (2003). Etika: Bisnis, Jabatan dan Perbankan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Widjajanti, K. (2011). Model pemberdayaan masyarakat. Jurnal Ekonomi Pembangunan: Kajian Masalah Ekonomi dan Pembangunan, 12(1), 15-27.
Zaeni, H., dkk. (2020). Dakwah Pemberdayaan Umat Perspektif Al-Quran. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 14(1), 95-110.
Zin, A. A. M. (1996). Sasaran Dakwah Pada Masa Nabi SAW: Kajian Khusus Tentang Keadaan Kemasyarakatan Orang Arab Jahiliah. Jurnal Usuluddin, 4, 41-48.

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

Rijal Assidiq Mulyana. (2022). Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Dalam Dakwah Nabi. Al-Urban: Jurnal Ekonomi Syariah Dan Filantropi Islam, 6(1), 1–13. https://doi.org/10.22236/alurban_vol6/is1pp1-13

Issue

Section

Articles