Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Mahasiswa Pada Minimarket Syari’ah

Authors

  • Refa Ilham Mubarok Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA
  • Nur Hadiyazid Rachman Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Deni Nuryadin Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.22236/alurban_vol6/is1pp54-72

Keywords:

Analisis Faktor, Keputusan Pembelian, Minimarket Syari'ah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh product, price, place, promotion, physical evidence dan process terhadap keputusan pembelian melalui people sebagai variabel mediator. Variabel independen pada penelitian ini yaitu product (X1), price (X2), place (X3), promotion (X4), physical evidence (X5) dan process (X6) sedangkan variabel dependen yaitu keputusan pembelian (Y) dan variabel mediator yaitu people (Z). Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada responden. Responden dalam penelitian ini berjumlah 325 responden yang merupakan mahasiswa yang pernah melakukan pembelian pada 212 Mart JABODETABEK. Teknik pengolahan data penelitian ini menggunakan IBM SPSS Statistic 24 dan WarpPLS 7.0. Analisis penelitian ini meliputi outer model, inner model, uji signifikansi variabel dan uji path analysis. Berdasarkan hasil uji signifikansi variabel menunjukan bahwa variabel product, place, promotion, physical evidence dan process memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian mahasiswa pada 212 Mart JABODETABEK, sedangkan variabel price dan people tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian mahasiswa pada 212 Mart JABODETABEK. Peneliti berharap sebagai umat muslim untuk lebih mengutamakan melakukan keputusan pembelian pada usaha milik muslim dengan tujuan untuk membantu mengingkatkan perekonomian sesama muslim.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriyanto, L., Syamsiar, S., & Widowati, I. (2020). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix 7-P) Terhadap Keputusan Pembelian Di Thiwul Ayu Mbok Sum. Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi, 20(1), 26. https://doi.org/10.31315/jdse.v20i1.3248
Arham, M. (2010). Islamic perspectives on marketing. Journal of Islamic Marketing, 1(2), 149–164. https://doi.org/10.1108/17590831011055888
Elly, R. (2018). Pengaruh Lokasi, Kelengkapan produk, dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Imam Market Kisaran. Journal of Science and Social Research, 1(February), 7–12.
Philp, K. (2002). Analisis Manajemen Pemasaran , Perencanaan, Impementasi dan Pengendalian. 1(3), 89.
Sangadji, E. M., & .. S. (2013). The Effect of Organizational Culture On Lecturers' Job Satisfaction and Performance (A Research in Muhammadiyah University throughout East Java). International Journal of Learning and Development, 3(3), 1. https://doi.org/10.5296/ijld.v3i3.3673
Wilson, J. (2012). Looking at Islamic marketing, branding and Muslim consumer behaviour beyond the 7P's: The call for supportive course content and more P's please. Journal of Islamic Marketing, 3(3), 212–216. https://doi.org/10.1108/17590831211259718
Wirtz, J. (2021). Services Marketing: People, Technology, Strategy, 7th edition (Issue January 2011).

Downloads

Published

2022-10-05

How to Cite

Ilham Mubarok, R., Hadiyazid Rachman, N., & Nuryadin, D. . (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Mahasiswa Pada Minimarket Syari’ah. Al-Urban: Jurnal Ekonomi Syariah Dan Filantropi Islam, 6(1), 54–72. https://doi.org/10.22236/alurban_vol6/is1pp54-72

Issue

Section

Articles