Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Mahasiswa Pada Minimarket Syari’ah
DOI:
https://doi.org/10.22236/alurban_vol6/is1pp54-72Keywords:
Analisis Faktor, Keputusan Pembelian, Minimarket Syari'ahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh product, price, place, promotion, physical evidence dan process terhadap keputusan pembelian melalui people sebagai variabel mediator. Variabel independen pada penelitian ini yaitu product (X1), price (X2), place (X3), promotion (X4), physical evidence (X5) dan process (X6) sedangkan variabel dependen yaitu keputusan pembelian (Y) dan variabel mediator yaitu people (Z). Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada responden. Responden dalam penelitian ini berjumlah 325 responden yang merupakan mahasiswa yang pernah melakukan pembelian pada 212 Mart JABODETABEK. Teknik pengolahan data penelitian ini menggunakan IBM SPSS Statistic 24 dan WarpPLS 7.0. Analisis penelitian ini meliputi outer model, inner model, uji signifikansi variabel dan uji path analysis. Berdasarkan hasil uji signifikansi variabel menunjukan bahwa variabel product, place, promotion, physical evidence dan process memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian mahasiswa pada 212 Mart JABODETABEK, sedangkan variabel price dan people tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian mahasiswa pada 212 Mart JABODETABEK. Peneliti berharap sebagai umat muslim untuk lebih mengutamakan melakukan keputusan pembelian pada usaha milik muslim dengan tujuan untuk membantu mengingkatkan perekonomian sesama muslim.
Downloads
References
Arham, M. (2010). Islamic perspectives on marketing. Journal of Islamic Marketing, 1(2), 149–164. https://doi.org/10.1108/17590831011055888
Elly, R. (2018). Pengaruh Lokasi, Kelengkapan produk, dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Imam Market Kisaran. Journal of Science and Social Research, 1(February), 7–12.
Philp, K. (2002). Analisis Manajemen Pemasaran , Perencanaan, Impementasi dan Pengendalian. 1(3), 89.
Sangadji, E. M., & .. S. (2013). The Effect of Organizational Culture On Lecturers' Job Satisfaction and Performance (A Research in Muhammadiyah University throughout East Java). International Journal of Learning and Development, 3(3), 1. https://doi.org/10.5296/ijld.v3i3.3673
Wilson, J. (2012). Looking at Islamic marketing, branding and Muslim consumer behaviour beyond the 7P's: The call for supportive course content and more P's please. Journal of Islamic Marketing, 3(3), 212–216. https://doi.org/10.1108/17590831211259718
Wirtz, J. (2021). Services Marketing: People, Technology, Strategy, 7th edition (Issue January 2011).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Al-Urban: Jurnal Ekonomi Syariah dan Filantropi Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The Author submiting a manuscript do so on the understanding thet if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Al-Urban: Jurnal Ekonomi Syariah dan Filantropi Islam, Faculty of Economics and Business, University of Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.
Copyright encompasses exclusive right to reproduse and deliver the article in all form and media, including reprint, photographs, microfilms and any other similar reproductions, as well as transalations. The reproduction of any part of this journal., its storage in database and its transmission by any form or media such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc..will be