The Etika Bisnis Islam Dalam Corporate Social Responsibility PT Bank Syariah Indonesia Tbk
DOI:
https://doi.org/10.22236/alurban_vol4/is1pp101-114Keywords:
Ethics, Business Islam, Corporate Social ResponsibilityAbstract
Tanggung Jawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) adalah kegiatan perusahaan yang menggambarkan kepedulian perusahaan terhadap masyarakat sehingga menimbulkan citra positif bagi perusahaan kepada para pemangku kepentingan dalam suatu bisnis. Etika Bisnis sangat diperlukan, karena etika bisnis adalah nilai-nilai tentang baik, buruk, benar dan salah dalam bisnis. Sementara itu, etika bisnis dalam Islam seperti kepercayaan, keadilan dan kejujuran adalah elemen penting dalam mencapai kesuksesan dari sebuah bisnis. CSR dari PT. Bank Syariah Indonesia, Tbk. diwujudkan dalam dalam pertanggung dalam pertanggungjawaban terhadap pegawai, pelanggan, masyarakat, dan lingungan hidup. Tujuan penelitian adalah untuk menjelaskan kegiatan CSR PT. Bank Syariah Indonesia jika ditinjau dari prinsip-prinsip etika bisnis islam. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data primer yang diperoleh dari Laporan Tahunan Perusahaan sedangkan data sekunder diperoleh dari buku dan situs web yang berisi ekonomi, Etika bisnis Islam, dan CSR. Hasil penelitian ini adalah PT. Babk Syariah Indonesia Tbk. telah berbisnis sesuai dengan prinsip etika bisnis islam, dimana keuntungan yang didapat perusahaan juga disalurkan untuk hal yang bermanfaat bagi masyarakat dan hal tersebut juga sesuai dengan perintah Allah Subhanahu Wata'ala terkait dengan membagi rezeki, yang berarti hal tersebut sesuai syari'at islam.
Downloads
References
BRISyariah, P. B. (2020). Laporan Tahunan PT. Bank BRISyariah 2020.
Djakfar, M. (2007). Etika Bisnis Dalam Perspektif Islam. UIN Malang press.
Djakfar, M. (2012). Etika Bisnis. Penebar Plus.
Hadi, N. (2011). Corporate Social Responbility. Graha Ilmu.
Lukman, M. F. (2002). Visi Al-Qur'an Tentang Etika dan Bisnis. Salemba Empat.
Suharto, E. (2009). Membangun Masyarakat Memberdayakan Masyarakat. PT. Refika Aditama.
Wibisono, Y. (2007). Membedah Konsep & Aplikasi CSR (Corporate Social Rensponsibility). PT. Gramedia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The Author submiting a manuscript do so on the understanding thet if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Al-Urban: Jurnal Ekonomi Syariah dan Filantropi Islam, Faculty of Economics and Business, University of Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.
Copyright encompasses exclusive right to reproduse and deliver the article in all form and media, including reprint, photographs, microfilms and any other similar reproductions, as well as transalations. The reproduction of any part of this journal., its storage in database and its transmission by any form or media such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc..will be