The Etika Bisnis Islam Dalam Corporate Social Responsibility PT Bank Syariah Indonesia Tbk

Authors

  • Auliah Eka Putri A.M Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Hilda Pradifta Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Sirajul Arifin Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.22236/alurban_vol4/is1pp101-114

Keywords:

Ethics, Business Islam, Corporate Social Responsibility

Abstract

Tanggung Jawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) adalah kegiatan perusahaan yang menggambarkan kepedulian perusahaan terhadap masyarakat sehingga menimbulkan citra positif bagi perusahaan kepada para pemangku kepentingan dalam suatu bisnis. Etika Bisnis sangat diperlukan, karena etika bisnis adalah nilai-nilai tentang baik, buruk, benar dan salah dalam bisnis. Sementara itu, etika bisnis dalam Islam seperti kepercayaan, keadilan dan kejujuran adalah elemen penting dalam mencapai kesuksesan dari sebuah bisnis. CSR dari PT. Bank Syariah Indonesia, Tbk. diwujudkan dalam dalam pertanggung dalam pertanggungjawaban terhadap pegawai, pelanggan, masyarakat, dan lingungan hidup. Tujuan penelitian adalah untuk menjelaskan kegiatan CSR PT. Bank Syariah Indonesia jika ditinjau dari prinsip-prinsip etika bisnis islam. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data primer yang diperoleh dari Laporan Tahunan Perusahaan sedangkan data sekunder diperoleh dari buku dan situs web yang berisi ekonomi, Etika bisnis Islam, dan CSR. Hasil penelitian ini adalah PT. Babk Syariah Indonesia Tbk. telah berbisnis sesuai dengan prinsip etika bisnis islam, dimana keuntungan yang didapat perusahaan juga disalurkan untuk hal yang bermanfaat bagi masyarakat dan hal tersebut juga sesuai dengan perintah Allah Subhanahu Wata'ala terkait dengan membagi rezeki, yang berarti hal tersebut sesuai syari'at islam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardianto, E. M. M. D. (2011). Efek Kedermawanan Pebisnis dan CSR. Kompas Gramedia.
BRISyariah, P. B. (2020). Laporan Tahunan PT. Bank BRISyariah 2020.
Djakfar, M. (2007). Etika Bisnis Dalam Perspektif Islam. UIN Malang press.
Djakfar, M. (2012). Etika Bisnis. Penebar Plus.
Hadi, N. (2011). Corporate Social Responbility. Graha Ilmu.
Lukman, M. F. (2002). Visi Al-Qur'an Tentang Etika dan Bisnis. Salemba Empat.
Suharto, E. (2009). Membangun Masyarakat Memberdayakan Masyarakat. PT. Refika Aditama.
Wibisono, Y. (2007). Membedah Konsep & Aplikasi CSR (Corporate Social Rensponsibility). PT. Gramedia.

Downloads

Published

2021-12-30

How to Cite

Putri A.M, A. E. ., Pradifta, H., & Arifin, S. (2021). The Etika Bisnis Islam Dalam Corporate Social Responsibility PT Bank Syariah Indonesia Tbk. Al-Urban: Jurnal Ekonomi Syariah Dan Filantropi Islam, 5(2), 169–184. https://doi.org/10.22236/alurban_vol4/is1pp101-114

Issue

Section

Articles