Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Generasi Milenial Dalam Berwakaf Tunai

Authors

  • Ummu Maziah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga
  • Emy Widyastuti Institut Agama Islam Negeri Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.22236/alurban_vol4/is1pp101-114

Keywords:

Kata kunci: Sikap; norma subjektif; kepercayaan, pendapatan, minat berwakaf tunai

Abstract

Abstract: The purpose of this study was to examine the effect of attitudes, subjective norms, beliefs and income on the interest in cash waqf in the millennial generation, a case study of the millennial generation in Semarang Regency. This type of research is a quantitative research. The population used is the districts in Semarang Regency. The sample was taken by purposive sampling technique with the criteria of the District having the highest number of endowments and millennials, while the number of samples was calculated using the Slovin formula which obtained a total sample of 100 respondents. The method of data collection is through the distribution of questionnaires which are then analyzed by Multiple Linear Regression. The results showed that partially attitude had no effect on interest in cash waqf in the millennial generation in Semarang Regency, while subjective norms, trust and income had an effect on interest in cash waqf in the millennial generation in Semarang Regency.

Keywords: Attitude; subjective norm; trust, income, interest in cash waqf

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh sikap, norma subjektif, kepercayaan dan pendapatan terhadap minat berwakaf tunai pada generasi milenial studi kasus generasi milenial di Kabupaten Semarang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan yaitu wilayah-wilayah Kecamatan yang ada di Kabupaten Semarang. Sampel diambil dengan teknik Purposive sampling dengan kriteria Kecamatan yang memiliki jumlah wakaf dan milenial terbanyak, sedangkan jumlah sampel dihitung melalui rumus Slovin yang didapat jumlah sampel sebanyak 100 responden. Metode pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner yang kemudian dianalisis dengan Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial sikap tidak berpengaruh terhadap minat berwakaf tunai pada generasi milenial di Kabupaten Semarang, sedangkan norma subjektif, kepercayaan dan pendapatan berpengaruh terhadap minat berwakaf tunai pada generasi milenial di Kabupaten Semarang.

Kata kunci: Sikap; norma subjektif; kepercayaan, pendapatan, minat berwakaf tunai

Downloads

Download data is not yet available.

References

Muthohar, A. M. (2020). Manajemen Wakaf Di Indonesia. Salatiga: LP2M IAIN Salatiga.
Budiastuti, D., & Bandur, A. (2018). Validitas dan Reabilitas Penelitian. Binus. Jakarta: Mitra Wacana Media. Retrieved from www.mitrawacanamedia.com
Barlian, E. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Padang: Sukabina Press.
Janie, A. N. D. (2012). Statistik Deskriptif Dan Regresi Linear Berganda Dengan SPSS. Semarang: Semarang University Press.
Bawono, A., & Shina, A. F. I. (2018). TERAPAN Untuk Ekonomi dan Bisnis Islam. Salatiga: LP2M IAIN Salatiga.
Aliawati, D. (2020). Pengaruh Pendapatan, Tingkat Pendidikan, Dan Akses Media Informasi Terhadap Minat Masyarakat Muslim Dalam Berwakaf Uang Di Kota Jakarta Timur. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Ash-Shiddiqy, M. (2018). Pengaruh Pendapatan, Religiusitas, Jarak Lokasi, Tingkat Pendidikan Dan Akses Informasi Terhadap Minat Masyarakat Untuk Berwakaf Uang Di Badan Wakaf Uang Tunai MUI DIY. Panangkaran, Jurnal Penelitian Agama Dan Masyarakat, 2(2), 249–269.
Mahyarni. (2013). Theory Of Reasoned Action dan Theory Of planned Behavior (Sebuah Kajian Historis tentang Perilaku). Jurnal El-Riyasah, 4(1), 13–23. Retrieved from http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/elriyasah/article/view/17/13
Ramdhani, N. (2016). Penyusunan Alat Pengukur Berbasis Theory of Planned Behavior. Buletin Psikologi, 19(2), 55–69. https://doi.org/10.22146/bpsi.11557
Rusydiana, A., & Rahayu, S. S. (2019). Bagaimana Strategi Pengembangan Wakaf Tunai Di Indonesia? Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam (Journal of Islamic Economics and Business), 5(1), 15. https://doi.org/10.20473/jebis.v5i1.10416
Amalia, A. N., & Puspita, P. (2018). Minat Masyarakat Jakarta dalam Berwakaf Uang pada Lembaga Wakaf. Syi`ar Iqtishadi"¯: Journal of Islamic Economics, Finance and Banking, 2(2), 1.https://doi.org/10.35448/jiec.v2i2.4382
Machrus, H., & Purwono, U. (2010). Pengkuran Perilaku berdasarkan Theory of Planned Behavior. Insan, 12(1).
Mavalinda, Srihasnita, R., & Firsta. (2021). Mengukur Minat Wakaf Uang Generasi Milenial dalam Mendukung Pendanaan Pembangunan Berkelanjutan Sumatera Barat. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Dharma Andalas, 23(1), 84–93
Nuraini, I., Takidah, E., & Fauzi, A. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Intensi Dalam Membayar Wakaf Uang Pada Pegawai Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Dki Jakarta. Maro, Jurnal Ekonomi Syariah Dan Bisnis, 1(2).
BPS. (2021). Berita resmi statistik. Bps.Go.Id, (27), 1–52. Retrieved from https://papua.bps.go.id/pressrelease/2018/05/07/336/indeks-pembangunan-manusia-provinsi-papua-tahun-2017.html
Komisi Fatwa MUI. (2002). Wakaf Uang. Majelis Ulama Indonesia, 405–411.
Aliawati, D. (2020). Pengaruh Pendapatan, Tingkat Pendidikan, Dan Akses Media Informasi Terhadap Minat Masyarakat Muslim Dalam Berwakaf Uang Di Kota Jakarta Timur. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Hayyu, A. (2019). Determinasi Faktor yang Mempengaruhi Intensi Masyarakat Muslim Kota Tangerang dalam Berwakaf Uang. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Khaeriyah, N. (2019). pengaruh literasi terhadap minat masyarakat muslim berwakaf uang di kota semarang. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Purwanto. (2018). Teknik Penyusunan Instrumen Uji Validitas Dan Reliabilitas Penelitian Ekonomi Syariah. StaiaPress. Retrieved from https://drive.google.com/file/d/1RBVxcqdLwX4a9f-Wrt-GHOXliN_wjDp-/view
Putra, D. A. (2021). Mengupas Wakaf Uang dan Potensinya di Indonesia. Merdeka.Com. Retrieved from https://m.merdeka.com/khas/mengupas-wakaf-uang-dan-potensinya-di-indonesia-mildreport.html

Downloads

Published

2021-12-30

How to Cite

Maziah, U., & Widyastuti, E. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Generasi Milenial Dalam Berwakaf Tunai. Al-Urban: Jurnal Ekonomi Syariah Dan Filantropi Islam, 5(2), 121–136. https://doi.org/10.22236/alurban_vol4/is1pp101-114

Issue

Section

Articles