Strategi Masjid dalam Pemberdayaan Ekonomi Umat Di Masjid Al-Muhajirin Bogor

Authors

  • Adinda Maharani Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Abrista Devi Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.22236/alurban_vol4/is1pp101-114

Keywords:

Masjid, Pemberdayaan ekonomi, Strategi.

Abstract

Masjid hanya dipandang sebagai tempat aktivitas ibadah saja dan tidak lagi difungsikan sebagai lembaga sosial dan ekonomi yang mempunyai banyak tujuan kebaikan. Setiap masjid pasti memiliki strategi tersendiri dalam memajukan kesejahteraan sekonomi masyarakat nya. Hal ini pun sangat menarik untuk diketahui strategi apa saja yang dilakukan suatu masjid dalam pemberdayaan ekonomi umat. Metode kualitatif jenis studi kasus digunakan  dalam penelitian ini. Wawancara, observasi dan dokumentasi dilakukan untuk pengambilan data. Dengan metode tersebut diharapkan dapat memberikan hasil penelitian sesuai dengan fakta yang ada. Masjid Al-Muhajirin berada di tengah pedesaan dan memiliki strategi permberdayaan ekonomi umat secara sederhana dengan membantu masyarakat nya dalam hal financial dan memberikan pinjaman beberapa logistik untuk sebuah acara pribadi. Dilihat dari strategi tersebut, masjid Al-Muhajirin mempunyai konsep tolong-menolong dalam pemberdayaan ekonomi umat. Masjid Al-Muhajirin pun mengfungsikan masjid untuk hal pendidikan Islam serta tempat untuk bersilaturahim antar jamaah. Dengan potensi yang ada, diharapkan masjid Al-Muhajirin dapat memiliki strategi khusus agar masjid dapat optimal dalam memberdayakan ekonomi umat.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-12-30

How to Cite

Maharani, A., & Devi, A. (2021). Strategi Masjid dalam Pemberdayaan Ekonomi Umat Di Masjid Al-Muhajirin Bogor. Al-Urban: Jurnal Ekonomi Syariah Dan Filantropi Islam, 5(2), 98–111. https://doi.org/10.22236/alurban_vol4/is1pp101-114

Issue

Section

Articles