Strategi Masjid dalam Pemberdayaan Ekonomi Umat Di Masjid Al-Muhajirin Bogor
DOI:
https://doi.org/10.22236/alurban_vol4/is1pp101-114Keywords:
Masjid, Pemberdayaan ekonomi, Strategi.Abstract
Masjid hanya dipandang sebagai tempat aktivitas ibadah saja dan tidak lagi difungsikan sebagai lembaga sosial dan ekonomi yang mempunyai banyak tujuan kebaikan. Setiap masjid pasti memiliki strategi tersendiri dalam memajukan kesejahteraan sekonomi masyarakat nya. Hal ini pun sangat menarik untuk diketahui strategi apa saja yang dilakukan suatu masjid dalam pemberdayaan ekonomi umat. Metode kualitatif jenis studi kasus digunakan dalam penelitian ini. Wawancara, observasi dan dokumentasi dilakukan untuk pengambilan data. Dengan metode tersebut diharapkan dapat memberikan hasil penelitian sesuai dengan fakta yang ada. Masjid Al-Muhajirin berada di tengah pedesaan dan memiliki strategi permberdayaan ekonomi umat secara sederhana dengan membantu masyarakat nya dalam hal financial dan memberikan pinjaman beberapa logistik untuk sebuah acara pribadi. Dilihat dari strategi tersebut, masjid Al-Muhajirin mempunyai konsep tolong-menolong dalam pemberdayaan ekonomi umat. Masjid Al-Muhajirin pun mengfungsikan masjid untuk hal pendidikan Islam serta tempat untuk bersilaturahim antar jamaah. Dengan potensi yang ada, diharapkan masjid Al-Muhajirin dapat memiliki strategi khusus agar masjid dapat optimal dalam memberdayakan ekonomi umat.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The Author submiting a manuscript do so on the understanding thet if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Al-Urban: Jurnal Ekonomi Syariah dan Filantropi Islam, Faculty of Economics and Business, University of Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.
Copyright encompasses exclusive right to reproduse and deliver the article in all form and media, including reprint, photographs, microfilms and any other similar reproductions, as well as transalations. The reproduction of any part of this journal., its storage in database and its transmission by any form or media such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc..will be