Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan Multi Guna-Aparatur Sipil Negara Pada Masa Pandemi Covid-19 Di PT Bank Sumut
DOI:
https://doi.org/10.22236/alurban_vol4/is1pp101-114Keywords:
Perbankan Syariah, Strategi Pemasaran, Covid-19Abstract
Pandemi COVID-19 memiliki dampak yang signifikan terhadap ekonomi dunia. Akibatnya terjadinya penurunan aktivitas manusia, para pelaku usaha khususnya pedagang kecil terpaksa berhenti berjualan sehingga mereka tidak memiliki pemasukan. Maka dari itu Bank SUMUT Syariah mengambil tindakan dengan memunculkan produk Pembiayaan Multi Guna-Aparatur Sipil Negara (PMG-ASN). Tujuan penelitian ini untuk menganalisis bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan oleh PT. Bank SUMUT Kantor Cabang Pembantu Syariah Simpang Kayu Besar selama masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan data dengan teknik dekskriptif kualitatif. Hasil penelitian menjelaskan bahwa strategi pemasaran dengan Marketing Mix selama masa pandemi dapat memberikan peningkatan dan pengembangan dalam bidang pembiayaan.
Kata Kunci : Perbankan Syariah, Strategi Pemasaran, Covid-19
Downloads
References
Hadamean, Asril. 2020. Strategi Pemasaran dan Prosedur Pembiayaan Konsumtif Dengan Akad Murabahah Di PT. Bni Syariah KC Panam Arengka Pekanbaru. Skripsi. Riau: UIN SUSKA.
Hafidz, Jefik Zulfikar. 2020. Peran Bank Syariah Mandiri (BSM) Bagi Perekonomian Indonesia Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mustashfa: Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Islam Vol. 5, No. 2.
Idri. 2015. Hadis Ekonomi Dalam Perspektif Hadis Nabi. Jakarta: Kencana.
Kasmir. 2007. Manajemen Perbankan. Jakarta: Raja Grapindo.
OJK. Data statistik perbankan syariah.
Prasetijo, Ristiyanti dan John J.O.I Ihalauw. 2005. Perilaku Konsumen, Ed.1. Yogyakarta: ANDI Jl Beo 38-40.
Sholaemah, Aziyah. 2014. Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan Murabahah pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Banyumanik Semarang. Skripsi. Salatiga: STAIN Salatiga.
Wibowo, Hendika dan Arifin. Analisis Strategi Pemasaran Untuk Menigkatkan Daya Saing UMKM (Studi Pada Batik Diajeng Solo).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The Author submiting a manuscript do so on the understanding thet if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Al-Urban: Jurnal Ekonomi Syariah dan Filantropi Islam, Faculty of Economics and Business, University of Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.
Copyright encompasses exclusive right to reproduse and deliver the article in all form and media, including reprint, photographs, microfilms and any other similar reproductions, as well as transalations. The reproduction of any part of this journal., its storage in database and its transmission by any form or media such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc..will be