Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan Multi Guna-Aparatur Sipil Negara Pada Masa Pandemi Covid-19 Di PT Bank Sumut

Authors

  • Anissyafira Ula Paramadina Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Arnida Wahyuni Lubis Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.22236/alurban_vol4/is1pp101-114

Keywords:

Perbankan Syariah, Strategi Pemasaran, Covid-19

Abstract

Pandemi COVID-19 memiliki dampak yang signifikan terhadap ekonomi dunia. Akibatnya terjadinya penurunan aktivitas manusia, para pelaku usaha khususnya pedagang kecil terpaksa berhenti berjualan sehingga mereka tidak memiliki pemasukan. Maka dari itu Bank SUMUT Syariah mengambil tindakan dengan memunculkan produk Pembiayaan Multi Guna-Aparatur Sipil Negara (PMG-ASN). Tujuan penelitian ini untuk menganalisis bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan oleh PT. Bank SUMUT Kantor Cabang Pembantu Syariah Simpang Kayu Besar selama masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan data dengan teknik dekskriptif kualitatif. Hasil penelitian menjelaskan bahwa strategi pemasaran dengan Marketing Mix selama masa pandemi dapat memberikan peningkatan dan pengembangan dalam bidang pembiayaan.

Kata Kunci : Perbankan Syariah, Strategi Pemasaran, Covid-19

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Ayubi, Abdurrohim. 2016. Strategi Pemasaran Pembiayaan Murabahah pada PT Bank Mega Syariah Kantor Cabang Tangerang City. Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.
Hadamean, Asril. 2020. Strategi Pemasaran dan Prosedur Pembiayaan Konsumtif Dengan Akad Murabahah Di PT. Bni Syariah KC Panam Arengka Pekanbaru. Skripsi. Riau: UIN SUSKA.

Hafidz, Jefik Zulfikar. 2020. Peran Bank Syariah Mandiri (BSM) Bagi Perekonomian Indonesia Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mustashfa: Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Islam Vol. 5, No. 2.
Idri. 2015. Hadis Ekonomi Dalam Perspektif Hadis Nabi. Jakarta: Kencana.
Kasmir. 2007. Manajemen Perbankan. Jakarta: Raja Grapindo.
OJK. Data statistik perbankan syariah.
Prasetijo, Ristiyanti dan John J.O.I Ihalauw. 2005. Perilaku Konsumen, Ed.1. Yogyakarta: ANDI Jl Beo 38-40.
Sholaemah, Aziyah. 2014. Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan Murabahah pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Banyumanik Semarang. Skripsi. Salatiga: STAIN Salatiga.
Wibowo, Hendika dan Arifin. Analisis Strategi Pemasaran Untuk Menigkatkan Daya Saing UMKM (Studi Pada Batik Diajeng Solo).

Downloads

Published

2021-06-29

How to Cite

Paramadina, A. U. ., & Wahyuni Lubis, A. (2021). Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan Multi Guna-Aparatur Sipil Negara Pada Masa Pandemi Covid-19 Di PT Bank Sumut . Al-Urban: Jurnal Ekonomi Syariah Dan Filantropi Islam, 5(1), 46–54. https://doi.org/10.22236/alurban_vol4/is1pp101-114

Issue

Section

Articles