Penerapan Strategi Promosi, Buy 1 Get 1, Dan Sistem Cod Dalam Jual Beli Menurut Perspektif Ekonomi Islam
DOI:
https://doi.org/10.22236/alurban_vol4/is1pp101-114Keywords:
Media Sosial, Buy One Get One, Cash On Delivery, Ekonomi IslamAbstract
Pada era globolalisasi yang sangat pesat ini, perkembangan di kegiatan promosi juga semakin beragam dan kreatif sehingga dapat berpengaruh terhadap kegiatan jual beli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi promosi, buy one get one, dan sistem cod dalam jual beli menurut perspektif Hukum Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan menggunakan teknik riset kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa startegi promosi, buy one get one, dan cod sudah sesuai dengan Hukum Islam, meskipun jual beli tersebut termasuk dalam jual beli online. Semua transaksi dan perbuatan di bidang muamalah diperbolehkan selama belum adanya dalil Al-Qur'an dan Al-Hadits yang menyebutkan pengharamannya.
Downloads
References
Afifah, A. (2018). Tinjauan Fikih Syafi'i Terhadap Jual Beli Online Dengan Sistem Transfer Antar Bank Dan Cash On Delivery: Study Kasus Pada Widya Olshop Malang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Aflah, N. (2015). Tinjauan Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Pada Perbankan Syariah Di Negara Minoritas Muslim. Karya Tulis Ilmiah--Program Studi Ekonomi Islam, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis ....
Alhabsyi, J., Prabowaty, R., Samman, F. A., & Ilham, A. A. (2014). Perancangan E-Commerce Dengan Dukungan Layanan Cash On Delivery (Cod). Jurnal Tugas Akhir Informatika, Universitas Hasanuddin.
Ali, K. (2017). Pengaruh Promosi Dan Atribut Produk Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Memilih Tabungan Ekasave Pada Bank Eka Kantor Pusat Metro. Derivatif: Jurnal Manajemen, 11(1).
Amin, M. C. (2019). Analisis Hukum Islam Terhadap Khiyar Dalam Jual Beli Pakaian Di Pasar Tradisional Manukan Surabaya. Uin Sunan Ampel Surabaya.
Arif, M. (2018). Filsafat Ekonomi Islam.
Asmaniah, Y. (2007). Bauran Promosi Dalam Perspektif Islam. Malang: Skripsi Jurusan Al-Ahwal Syakhsiyah Fakultas Syari"Ÿ Ah (Malang, Universitas Islam Negeri Malang.
Azwar Iskandar, & Khaerul Aqbar. (2019). Kedudukan Ilmu Ekonomi Islam Di Antara Ilmu Ekonomi Dan Fikih Muamalah"¯: Analisis Problematika Epistemologis. Nukhbatul 'Ulum"¯: Jurnal Bidang Kajian Islam, 5(2), 88–105. Https://Doi.Org/10.36701/Nukhbah.V5i2.77
Bahri, S. (2013). Hukum Promosi Produk Dalam Perspektif Hukum Islam. Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman, 8(1), 135–154.
Baiti, N. (2018). Penerapan Prinsip Khiyar Dalam Transaksi Jual Beli Jilbab Secara Grosir Di Pasar Cendrawasih Kota Metro. Iain Metro.
Hasan, A. (2013). Marketing Dan Kasus-Kasus Pilihan.
Indriati, D. S. (2016). Penerapan Khiyar Dalam Jual Beli. Jurnal Ilmiah Al-Syir'ah, 2(2).
Janah, F. N., Wahyuningsih, G., & Pusparini, M. D. (2019). Strategi Promosi Tokopedia Dalam Perspektif Hukum Islam. At-Thullab Jurnal Mahasiswa Studi Islam, 1(1), 85–100.
Jayaraman, K., Iranmanesh, M., Kaur, M. D., & Haron, H. (2013). Consumer Reflections On "Buy One Get One Free”(Bogo) Promotion Scheme-An Empirical Study In Malaysia. Research Journal Of Applied Sciences, Engineering And Technology, 5(9), 2740–2747.
Julianti, M. (2018). Khiyar Dalam Jual Beli Sistem Cod Perspektif Hukum Ekonomi Syariah (Studi Kasus Group Cod Pada Pengguna Jejaring Sosial Facebook Di Kota Metro). Iain Metro.
Muhammad Arifin Bin Badri. (2015). Panduan Praktis Fikih Perniagaan Islam. Darul Haq.
Salim, M. (2018). Jual Beli Secara Online Menurut Pandangan Hukum Islam. Al Daulah: Jurnal Hukum Pidana Dan Ketatanegaraan, 6(2), 371–386.
Soleh, A. (2018). Analisis Strategi Promosi Ariwisata Melalui Media Sosial Dan Dampaknya Terhadap Pendapatan Masyarakat Di Pulau Pahawang Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam. Uin Raden Intan Lampung.
Syafi'i, I. (2007). Ringkasan Kitab Al-Umm 2 Terj. Amiruddin, Jilid 3, Cet Ke-3. Pustaka Azzam.
Tasruddin, R. (2015). Strategi Promosi Periklanan Yang Efektif. Jurnal Al-Khitabah, 2(1).
Utami, I. (2020). Peran Media Sosial Sebagai Saluran Promosi Produk Perikanan Perspektif Ekonomi Islam Di Desa Romben Guna Kecamatan Dungkek Kabupaten Sumenep. Institut Agama Islam Negeri Madura.
Wanita, N. (2016). Bauran Promosi (Promotion Mix) Konvensional Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam. Bilancia: Jurnal Studi Ilmu Syariah Dan Hukum, 10(1), 27–50.
Yulianti, Y. (2019). Analisis Strategi Promosi Melalui Pemanfaatan Media Sosial Instagram Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Online Shop Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Miandsha Shop, Bandar Lampung). Uin Raden Intan Lampung.
Za, M. A. S. (2017). Hak Pilih (Khiyar) Dalam Transaksi Jual Beli Di Media Sosial Menurut Perspektif Hukum Islam. Akademika, 11(01).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The Author submiting a manuscript do so on the understanding thet if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Al-Urban: Jurnal Ekonomi Syariah dan Filantropi Islam, Faculty of Economics and Business, University of Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.
Copyright encompasses exclusive right to reproduse and deliver the article in all form and media, including reprint, photographs, microfilms and any other similar reproductions, as well as transalations. The reproduction of any part of this journal., its storage in database and its transmission by any form or media such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc..will be