Analisis Pengembangan Bisnis Syariah Dengan Business Model Canvas Pada Toko Online Suara Muhammadiyah
DOI:
https://doi.org/10.22236/alurban_vol3/is2pp1-11Keywords:
Business Model Canvas, , Pengembangan Bisnis, Toko OnlineAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk menyusun suatu model bisnis yang baru bagi toko online Suara Muhammadiyah Store untuk melakukan pengembangan bisnis, dengan menggunakan pendekatan business model canvas. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, yaitu dengan melakukan wawancara pada lima narasumber. Penelitian ini membahas sembilan elemen business model canvas pada toko online Muhammadiyah dan melakukan analisis SWOT pada masing-masing elemen tersebut. Hasil dari penelitian ini ialah susunan business model canvas baru yang dapat dijalankan toko Suara Muhammadiyah Store melakukan pengembangan usaha.
Downloads
References
Denscombe, M. (2007). The good research guide. Berkshire. England: McGraw-Hill Education.
Erlyana, Y., & Hartono, H. (2017, December). Business model in marketplace industry using business model canvas approach: An e-commerce case study. In IOP Conference Series: Materials Science and Engineering (Vol. 277, No. 1, p. 012066). IOP Publishing.
Hermawan, A., & Pravitasari, R. J. (2013). Business Model Canvas (Kanvas Model Bisnis).
Fauzia, I. Y. (2018). PERILAKU PEBISNIS DAN WIRAUSAHA MUSLIM DALAM MENJALANKAN ASAS TRANSAKSI SYARIAH. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 9(1).
Fitria, T. N. (2017). Bisnis jual beli online (online shop) dalam Hukum Islam dan Hukum Negara. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 3(01), 52-62.
Hendiana, R., & Aly, A. D. (2016). Transaksi Jual Beli Online Perspektif Ekonomi Islam. Al-Mustashfa: Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah, 3(2).
Irmawati, D. (2011). Pemanfaatan e-commerce dalam dunia bisnis. Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis–ISSN, 2085, 1375.
Indriany, N. (2017). Analisis Pengembangan Bisnis dengan Pendekatan Business Model Canvas pada Ud. Moga Jaya Surabaya. Agora, 5(1).
Manajemen, T. P. (2012). Business Model Canvas Penerapan di Indonesia. Penerbit PPM, Indonesia.
Miftah, A. (2015). Mengenal Marketing dan Marketers Syariah. ISLAMICONOMIC: Jurnal Ekonomi Islam, 6(2).
Setijawibawa, M. (2015). Evaluasi model bisnis pada perusahaan x menggunakan business model canvas. Agora, 3(1), 305-313.
Siahaan, T. (2014). Analisis model bisnis dari galeripos. Com dengan menggunakan business model canvas. Image, 3(1).
Surendro, K. (2007). Pemanfaatan Enterprise Architecture Planning untuk Perencanaan Strategis Sistem Informasi. Jurnal Informatika, 8(1), 1-9.
Pradana, M. (2015). Klasifikasi jenis-jenis bisnis e-commerce di indonesia. Neo-Bis, 9(2), 32-40.
Kartikasari, D. (2018). Penerapan Model Bisnis Kanvas Terhadap Bisnis Jasa Angkut Penumpang Pada PT Internasional Golden Shipping. Journal Of Applied Managerial Accounting, 2(1 (Maret)), 6-14.
Osterwalder, A. (2004). The business model ontology: A proposition in a design science approach.
Osterwalder, A., Pigneur, Y., Oliveira, M. A. Y., & Ferreira, J. J. P. (2011). Business Model Generation: A handbook for visionaries, game changers and challengers. African journal of business management, 5(7), 22-30.
Permana, D. J. (2015). Analisis Peluang Bisnis Media Cetak Melalui Pendekatan Bisnis Model Canvas Untuk Menentukan Strategi Bisnis Baru. Faktor Exacta, 6(4), 309-319.
Sugiyono, D. R. (2000). Metode Penelitian. Bandung: CV Alvabeta.
Stake, R. E. (1995). The art of case study research. Sage.
Sarwono, J., Arikunto, M., & Arikunto, M. S. (2006). Metode Penelitian. Kuantitatif Kualitatif.
Singarimbun Masri. (1989). "Metode dan Proses Penelitian” dalam Masri Singarimbun dan Sofian Efendi (eds). Metode Penelitian Survai. Jakarta : LP3ES.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The Author submiting a manuscript do so on the understanding thet if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Al-Urban: Jurnal Ekonomi Syariah dan Filantropi Islam, Faculty of Economics and Business, University of Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.
Copyright encompasses exclusive right to reproduse and deliver the article in all form and media, including reprint, photographs, microfilms and any other similar reproductions, as well as transalations. The reproduction of any part of this journal., its storage in database and its transmission by any form or media such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc..will be