Analisis Pengembangan Bisnis Syariah Dengan Business Model Canvas Pada Toko Online Suara Muhammadiyah

Authors

  • Edi Setiawan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
  • Oki Irawan

DOI:

https://doi.org/10.22236/alurban_vol3/is2pp1-11

Keywords:

Business Model Canvas, , Pengembangan Bisnis, Toko Online

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menyusun suatu model bisnis yang baru bagi toko online Suara Muhammadiyah Store untuk melakukan pengembangan bisnis, dengan menggunakan pendekatan business model canvas. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, yaitu dengan melakukan wawancara pada lima narasumber. Penelitian ini membahas sembilan elemen business model canvas pada toko online Muhammadiyah dan melakukan analisis SWOT pada masing-masing elemen tersebut. Hasil dari penelitian ini ialah susunan business model canvas baru yang dapat dijalankan toko Suara Muhammadiyah Store melakukan pengembangan usaha.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewobroto, W. S. (2013). Penggunaan Business Model Canvas Sebagai Dasar Untuk Menciptakan Alternatif Strategi Bisnis dan Kelayakan Usaha. Jurnal Teknik Industri, 1, 215-230.
Denscombe, M. (2007). The good research guide. Berkshire. England: McGraw-Hill Education.
Erlyana, Y., & Hartono, H. (2017, December). Business model in marketplace industry using business model canvas approach: An e-commerce case study. In IOP Conference Series: Materials Science and Engineering (Vol. 277, No. 1, p. 012066). IOP Publishing.
Hermawan, A., & Pravitasari, R. J. (2013). Business Model Canvas (Kanvas Model Bisnis).
Fauzia, I. Y. (2018). PERILAKU PEBISNIS DAN WIRAUSAHA MUSLIM DALAM MENJALANKAN ASAS TRANSAKSI SYARIAH. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 9(1).
Fitria, T. N. (2017). Bisnis jual beli online (online shop) dalam Hukum Islam dan Hukum Negara. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 3(01), 52-62.
Hendiana, R., & Aly, A. D. (2016). Transaksi Jual Beli Online Perspektif Ekonomi Islam. Al-Mustashfa: Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah, 3(2).
Irmawati, D. (2011). Pemanfaatan e-commerce dalam dunia bisnis. Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis–ISSN, 2085, 1375.
Indriany, N. (2017). Analisis Pengembangan Bisnis dengan Pendekatan Business Model Canvas pada Ud. Moga Jaya Surabaya. Agora, 5(1).
Manajemen, T. P. (2012). Business Model Canvas Penerapan di Indonesia. Penerbit PPM, Indonesia.
Miftah, A. (2015). Mengenal Marketing dan Marketers Syariah. ISLAMICONOMIC: Jurnal Ekonomi Islam, 6(2).
Setijawibawa, M. (2015). Evaluasi model bisnis pada perusahaan x menggunakan business model canvas. Agora, 3(1), 305-313.
Siahaan, T. (2014). Analisis model bisnis dari galeripos. Com dengan menggunakan business model canvas. Image, 3(1).
Surendro, K. (2007). Pemanfaatan Enterprise Architecture Planning untuk Perencanaan Strategis Sistem Informasi. Jurnal Informatika, 8(1), 1-9.
Pradana, M. (2015). Klasifikasi jenis-jenis bisnis e-commerce di indonesia. Neo-Bis, 9(2), 32-40.
Kartikasari, D. (2018). Penerapan Model Bisnis Kanvas Terhadap Bisnis Jasa Angkut Penumpang Pada PT Internasional Golden Shipping. Journal Of Applied Managerial Accounting, 2(1 (Maret)), 6-14.
Osterwalder, A. (2004). The business model ontology: A proposition in a design science approach.
Osterwalder, A., Pigneur, Y., Oliveira, M. A. Y., & Ferreira, J. J. P. (2011). Business Model Generation: A handbook for visionaries, game changers and challengers. African journal of business management, 5(7), 22-30.
Permana, D. J. (2015). Analisis Peluang Bisnis Media Cetak Melalui Pendekatan Bisnis Model Canvas Untuk Menentukan Strategi Bisnis Baru. Faktor Exacta, 6(4), 309-319.
Sugiyono, D. R. (2000). Metode Penelitian. Bandung: CV Alvabeta.
Stake, R. E. (1995). The art of case study research. Sage.
Sarwono, J., Arikunto, M., & Arikunto, M. S. (2006). Metode Penelitian. Kuantitatif Kualitatif.
Singarimbun Masri. (1989). "Metode dan Proses Penelitian” dalam Masri Singarimbun dan Sofian Efendi (eds). Metode Penelitian Survai. Jakarta : LP3ES.

Downloads

Published

2019-10-02

How to Cite

Setiawan, E., & Irawan, O. (2019). Analisis Pengembangan Bisnis Syariah Dengan Business Model Canvas Pada Toko Online Suara Muhammadiyah. Al-Urban: Jurnal Ekonomi Syariah Dan Filantropi Islam, 3(1), 95–106. https://doi.org/10.22236/alurban_vol3/is2pp1-11

Issue

Section

Articles