Kajian Transaksi Non Tunai Terhadap Perilaku Konsumtif Pengguna E-Commerce (Masyarakat Muhammadiyah di Jakarta)

Authors

  • Elmy Nur Azizah Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA

Abstract

Penelitian ini mencoba menganalisis kajian transaksi cashless terhadap perilaku konsumtif pengguna e-commerce pada komunitas Muhammadiyah di Jabodetabek. Data dalam penelitian ini merupakan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada masyarakat Muhammadiyah. Variabel independen yang digunakan adalah persepsi kemudahan pemakaian, sikap, niat perilaku, dan penggunaan sebenarnya dan variabel dependen adalah perilaku konsumtif. Penelitian ini menggunakan analisis SEM PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari keempat variabel independen tersebut hanya terdapat dua variabel independen yaitu (sikap dan penggunaan sebenarnya) yang mempengaruhi perilaku konsumtif masyarakat Muhammadiyah pengguna e-commerce.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifah, N., & Yudiantoro, D. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepercayaan Dimediasi Tingkat Kepuasan Konsumen Pada PT . Japfa Comfeed Indonesia , TBK Cabang Makassar. 5(2), 385–405. Https://Doi.Org/10.37531/Yume.Vxix.345

Ahmed, S., & Sur, S. (2021). Change In The Uses Pattern Of Digital Banking Services By Indian Rural Msmes During Demonetization And Covid-19 Pandemic-Related Restrictions. Vilakshan - XIMB Journal Of Management. Https://Doi.Org/10.1108/Xjm-09-2020-0138

Anggraini, R. T., & Santhoso, F. H. (2019). Hubungan Antara Gaya Hidup Hedonis Dengan Perilaku Konsumtif Pada Remaja. Gadjah Mada Journal Of Psychology (Gamajop), 3(3), 131. Https://Doi.Org/10.22146/Gamajop.44104

Bilal, M., Rasyid, A., & Fahrullah, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Debit Card Dan E-Money Effect Of Use Debit Card And E-Money Debit Card And E-Money Consumtive Behavior On Consumtive. 8(2), 111–122.

Chaudhari, D. T. (2017). The Critical Analysis Of Cashless Transaction. International Journal Of Commerce And Management Research, 14(7), 450. Https://Tel.Archives-Ouvertes.Fr/Tel-01514176

Devica, S. (2022). Dompet Digital: Beragam Program Promosi Dan Pengaruhnya Terhadap Pembelian Secara Impulsif. Jurnal Bisnis Terapan, 6(1), 33–42. Https://Doi.Org/10.24123/Jbt.V6i1.4756

Giswandhani, M., & Hilmi, A. Z. (2020). Pengaruh Kemudahan Transaksi Non-Tunai Terhadap Sikap Konsumtif Masyarakat Kota Makassar. KAREBA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(2), 239–250.

Haq, A., & Iswandi, I. (2022). Relevansi Belanja Online Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat. 1(3), 415–424.

Insana, D. R. M. Dan J. R. S. (2020). Analisis Pengaruh Penggunan Uang Elektronikterhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikanekonomi Universitas Indraprasta Pgri. Journal Of Applied Business And Economics (Jabe), 7(2), 209–224. File:///C:/Users/User/Downloads/7822-23638-1-Pb.Pdf

Jose, S. (2022). Usage Of Cashless Payment Systems Across Consumer Demographics. 807(9). Https://Doi.Org/10.5281/Zenodo.7068228

Khairunnisa, S. A., Rahman, M. C., Apriyanti, C., Putri, D. O., & Fajrussalam, H. (2022). Perilaku Konsumtif Penggunaan Online Shopping Dan Sistem Pay Later Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Fondatia, 6(1), 130–147. Https://Doi.Org/10.36088/Fondatia.V6i1.1711

Lestarina, E., Karimah, H., Febrianti, N., Ranny, R., & Herlina, D. (2017). Perilaku Konsumtif Di Kalangan Remaja. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2), 1–6. Https://Doi.Org/10.29210/3003210000

Mardiah, A. (2019). Analisis Perilaku Konsumtif Masyarakat Muslim Menjelang Idul Fitri Di Kota Pekanbaru. Jurnal Al-Iqtishad, 13(2), 93. Https://Doi.Org/10.24014/Jiq.V13i2.4391

Wang, J., Nguyen, N., Jiang, X. (Angie), Nguyen, H. V., & Saleem, M. A. (2022). Consumers’ Perceived Value And Use Intention Of Cashless Payment In The Physical Distancing Context: Evidence From An Asian Emerging Market. Asia Pacific Journal Of Marketing And Logistics, 19. Https://Doi.Org/10.1108/APJML-05-2022-0408

Wardani, D. K., & Risdayani. (2022). Pengaruh Persepsi Kecepatan Terhadap Perilaku Konsumtif Dengan Penggunaan Pinjaman Online Sebagai Variabel Intervening Pada Mahasiswa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. 1(6), 1161–1168.

Downloads

Published

2023-01-04

How to Cite

Elmy Nur Azizah. (2023). Kajian Transaksi Non Tunai Terhadap Perilaku Konsumtif Pengguna E-Commerce (Masyarakat Muhammadiyah di Jakarta). Al-Urban: Jurnal Ekonomi Syariah Dan Filantropi Islam, 5(1), 91–99. Retrieved from https://journal.uhamka.ac.id/index.php/al-urban/article/view/10740

Issue

Section

Articles