Kajian Transaksi Non Tunai Terhadap Perilaku Konsumtif Pengguna E-Commerce (Masyarakat Muhammadiyah di Jakarta)
Abstract
Penelitian ini mencoba menganalisis kajian transaksi cashless terhadap perilaku konsumtif pengguna e-commerce pada komunitas Muhammadiyah di Jabodetabek. Data dalam penelitian ini merupakan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada masyarakat Muhammadiyah. Variabel independen yang digunakan adalah persepsi kemudahan pemakaian, sikap, niat perilaku, dan penggunaan sebenarnya dan variabel dependen adalah perilaku konsumtif. Penelitian ini menggunakan analisis SEM PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari keempat variabel independen tersebut hanya terdapat dua variabel independen yaitu (sikap dan penggunaan sebenarnya) yang mempengaruhi perilaku konsumtif masyarakat Muhammadiyah pengguna e-commerce.
Downloads
References
Afifah, N., & Yudiantoro, D. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepercayaan Dimediasi Tingkat Kepuasan Konsumen Pada PT . Japfa Comfeed Indonesia , TBK Cabang Makassar. 5(2), 385–405. Https://Doi.Org/10.37531/Yume.Vxix.345
Ahmed, S., & Sur, S. (2021). Change In The Uses Pattern Of Digital Banking Services By Indian Rural Msmes During Demonetization And Covid-19 Pandemic-Related Restrictions. Vilakshan - XIMB Journal Of Management. Https://Doi.Org/10.1108/Xjm-09-2020-0138
Anggraini, R. T., & Santhoso, F. H. (2019). Hubungan Antara Gaya Hidup Hedonis Dengan Perilaku Konsumtif Pada Remaja. Gadjah Mada Journal Of Psychology (Gamajop), 3(3), 131. Https://Doi.Org/10.22146/Gamajop.44104
Bilal, M., Rasyid, A., & Fahrullah, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Debit Card Dan E-Money Effect Of Use Debit Card And E-Money Debit Card And E-Money Consumtive Behavior On Consumtive. 8(2), 111–122.
Chaudhari, D. T. (2017). The Critical Analysis Of Cashless Transaction. International Journal Of Commerce And Management Research, 14(7), 450. Https://Tel.Archives-Ouvertes.Fr/Tel-01514176
Devica, S. (2022). Dompet Digital: Beragam Program Promosi Dan Pengaruhnya Terhadap Pembelian Secara Impulsif. Jurnal Bisnis Terapan, 6(1), 33–42. Https://Doi.Org/10.24123/Jbt.V6i1.4756
Giswandhani, M., & Hilmi, A. Z. (2020). Pengaruh Kemudahan Transaksi Non-Tunai Terhadap Sikap Konsumtif Masyarakat Kota Makassar. KAREBA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(2), 239–250.
Haq, A., & Iswandi, I. (2022). Relevansi Belanja Online Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat. 1(3), 415–424.
Insana, D. R. M. Dan J. R. S. (2020). Analisis Pengaruh Penggunan Uang Elektronikterhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikanekonomi Universitas Indraprasta Pgri. Journal Of Applied Business And Economics (Jabe), 7(2), 209–224. File:///C:/Users/User/Downloads/7822-23638-1-Pb.Pdf
Jose, S. (2022). Usage Of Cashless Payment Systems Across Consumer Demographics. 807(9). Https://Doi.Org/10.5281/Zenodo.7068228
Khairunnisa, S. A., Rahman, M. C., Apriyanti, C., Putri, D. O., & Fajrussalam, H. (2022). Perilaku Konsumtif Penggunaan Online Shopping Dan Sistem Pay Later Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Fondatia, 6(1), 130–147. Https://Doi.Org/10.36088/Fondatia.V6i1.1711
Lestarina, E., Karimah, H., Febrianti, N., Ranny, R., & Herlina, D. (2017). Perilaku Konsumtif Di Kalangan Remaja. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2), 1–6. Https://Doi.Org/10.29210/3003210000
Mardiah, A. (2019). Analisis Perilaku Konsumtif Masyarakat Muslim Menjelang Idul Fitri Di Kota Pekanbaru. Jurnal Al-Iqtishad, 13(2), 93. Https://Doi.Org/10.24014/Jiq.V13i2.4391
Wang, J., Nguyen, N., Jiang, X. (Angie), Nguyen, H. V., & Saleem, M. A. (2022). Consumers’ Perceived Value And Use Intention Of Cashless Payment In The Physical Distancing Context: Evidence From An Asian Emerging Market. Asia Pacific Journal Of Marketing And Logistics, 19. Https://Doi.Org/10.1108/APJML-05-2022-0408
Wardani, D. K., & Risdayani. (2022). Pengaruh Persepsi Kecepatan Terhadap Perilaku Konsumtif Dengan Penggunaan Pinjaman Online Sebagai Variabel Intervening Pada Mahasiswa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. 1(6), 1161–1168.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Al-Urban: Jurnal Ekonomi Syariah dan Filantropi Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The Author submiting a manuscript do so on the understanding thet if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Al-Urban: Jurnal Ekonomi Syariah dan Filantropi Islam, Faculty of Economics and Business, University of Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.
Copyright encompasses exclusive right to reproduse and deliver the article in all form and media, including reprint, photographs, microfilms and any other similar reproductions, as well as transalations. The reproduction of any part of this journal., its storage in database and its transmission by any form or media such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc..will be