Literasi Wakaf, Pendapatan dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Wakif Untuk Berwakaf Uang

Authors

  • Irsyad Ali Amin Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA
  • Faozan Amar Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA

DOI:

https://doi.org/10.22236/alurban_vol6/is1pp100-110

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi wakaf, pendapatan dan digital marketing terhhadap keputusan wakif untuk berwakaf uang pada wakif di Jakarta Timur. Metode pada penelitian ini menggunakan mettode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua wakif yang pernah berwakaf uang, sampel pada penelitian ini adalah wakif berdomisili di Jakarta Timur yang pernah berwakaf, penelitian ini menggunakan metode analisis structural equation modeling (SEM) yang diolah dengan menggunakan software smart partial least square (PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasannya Literasi wakaf berpengaruh positif tidak signifikan terhadap keputusan wakif untuk berwakaf uang, variabel Pendapatan berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan wakif untuk berwakaf uang, variabel Digital marketing berpengaruh positif terhadap keputusan wakif untuk berwakaf uang. Hasil analisis statistik deskriptif bahwasannya variabel Keputusan wakif dapat dijelaskan oleh literasi wakaf, pendapatan dan digital marketing sebesar 70% . Namun 30% sisanya dapat diterangkan oleh variabel lain di luar penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-10-05

How to Cite

Amin, I. A., & Amar, F. (2022). Literasi Wakaf, Pendapatan dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Wakif Untuk Berwakaf Uang. Al-Urban: Jurnal Ekonomi Syariah Dan Filantropi Islam, 6(1), 100–110. https://doi.org/10.22236/alurban_vol6/is1pp100-110

Issue

Section

Articles