Literasi Wakaf, Pendapatan dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Wakif Untuk Berwakaf Uang
DOI:
https://doi.org/10.22236/alurban_vol6/is1pp100-110Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi wakaf, pendapatan dan digital marketing terhhadap keputusan wakif untuk berwakaf uang pada wakif di Jakarta Timur. Metode pada penelitian ini menggunakan mettode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua wakif yang pernah berwakaf uang, sampel pada penelitian ini adalah wakif berdomisili di Jakarta Timur yang pernah berwakaf, penelitian ini menggunakan metode analisis structural equation modeling (SEM) yang diolah dengan menggunakan software smart partial least square (PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasannya Literasi wakaf berpengaruh positif tidak signifikan terhadap keputusan wakif untuk berwakaf uang, variabel Pendapatan berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan wakif untuk berwakaf uang, variabel Digital marketing berpengaruh positif terhadap keputusan wakif untuk berwakaf uang. Hasil analisis statistik deskriptif bahwasannya variabel Keputusan wakif dapat dijelaskan oleh literasi wakaf, pendapatan dan digital marketing sebesar 70% . Namun 30% sisanya dapat diterangkan oleh variabel lain di luar penelitian ini.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Al-Urban: Jurnal Ekonomi Syariah dan Filantropi Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The Author submiting a manuscript do so on the understanding thet if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Al-Urban: Jurnal Ekonomi Syariah dan Filantropi Islam, Faculty of Economics and Business, University of Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.
Copyright encompasses exclusive right to reproduse and deliver the article in all form and media, including reprint, photographs, microfilms and any other similar reproductions, as well as transalations. The reproduction of any part of this journal., its storage in database and its transmission by any form or media such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc..will be