IDENTIFIKASI NILAI-NILAI EKONOMI KREATIF BAGI KELOMPOK PENGAJIAN AISYIYAH WILAYAH CIRACAS JAKARTA TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.22236/utilitas.v7i1.8302Abstract
Pengembangan ekonomi kreatif merupakan pilihan tepat untuk menjaga ketahanan. ekonomi dalam kondisi krisis global. Ekonomi Kreatif perlu dikembangkan karena ekonomi kreatif berpotensi besar dalam memberikan kontribusi ekonomi yang signifikan; menciptakan yang terbarukan; menciptakan inovasi dan kreativitas yang merupakan keunggulan kompetitif suatu bangsa; dan memberikan dampak sosial yang positif. Pengembangan ekonomi kreatif di Kota Metro sangat diperlukan untuk menjawab tantangan permasalahan pembangunan, diantaranya pertumbuhan ekonomi yang relatif konstan atau bahkan cenderung rendah pasca krisis ekonomi, tingkat kemiskinan dan pengangguran yang masih cukup tinggi, dan daya saing industri yang masih rendah. Untuk menentukan arah pengembangan ekonomi kreatif, sekaligus memenuhi Instruksi Presiden Nomor 6 tahun 2009. Industri kreatif sebagai basis dari konstruksi ekonomi kreatif merupakan industri yang berbasis kreativitas, keterampilan dan talenta yang memiliki potensi peningkatan kesejahteraan serta penciptaan lapangan kerja dengan mencipta dan mengeksploitasi Hak Kekayaan Intelektual (HAKI).
Downloads
References
Aziz, A. A., & Ahmad, A. S. (2012). Low Cost Flats Outdoor Space as Children Social Environment. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 38(December 2010), 243–252. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.03.346
Blokland, T. (2008). "You got to remember you live in public housing”: Place-Making in an American housing project. Housing, Theory and Society, 25(1), 31–46. https://doi.org/10.1080/14036090601151095
Castonguay, G., & Jutras, S. (2009). Children's appreciation of outdoor places in a poor neighborhood. Journal of Environmental Psychology, 29(1), 101–109. https://doi.org/10.1016/j.jenvp.2008.05.002
Christine Wonoseputro. (2007). Ruang Publik Sebagai Tempat Bermain Bagi Anak-Anak : Studi Kasus Pengembangan "The Urban Zoo” bagi Kawasan Pecinan di Singapura. DIMENSI (Jurnal Teknik Arsitektur), 35(1), 73–79. Retrieved from http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/ars/article/view/16627
Dudek, mark. (2005). Children's Spaces. Elsivier (Vol. 53). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Fajri, K. (2016). Kajian Besaran Ruang Pada Unit Rumah Susun Di Jakarta, Studi Kasus: Rusun Tebet, Rusun Tanah Abang dan Rusunami Kalibata, 1(1), 93–112.
Ghanbari-Azarneir, S., Anbari, S., Hosseini, S.-B., & Yazdanfar, S.-A. (2015). Identification of Child-friendly Environments in Poor Neighborhoods. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 201(February), 19–29. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.08.114 https://doi.org/10.1016/j.paid.2013.07.46 https://www.jakarta.go.id/artikel/konten/711/ciracas-kecamatan http://ekonomi.aisyiyah.or.id/id/page/koperasi.html
Ian McLeod, A. (2006). Simple Random Sampling. Encyclopedia of Statistical Sciences, 1–27. https://doi.org/10.1002/0471667196.ess2447.pub2
Knowles, R. T., Hawkman, A. M., & Nielsen, S. R. (2019). The social studies teacher-coach: A quantitative analysis comparing coaches and non-coaches across how/what they teach. Journal of Social Studies Research, (xxxx),1–9. https://doi.org/10.1016/j.jssr.2019.04.001
McCusker, K., & Gunaydin, S. (2015). Research using qualitative, quantitative or mixed methods and choice based on the research. Perfusion (United Kingdom), 30(7), 537–542. https://doi.org/10.1177/0267659114559116
Paris, D. E., & Kangari, R. (2005). Multifamily affordable housing: Residential satisfaction. Journal of Performance of Constructed Facilities, 19(2), 138–145. https://doi.org/10.1061/(ASCE)0887-3828(2005)19:2(138)
Ratna, D. (2000). Studi Ruang Bersama Dalam Rumah Susun Bagi Penghuni Berpenghasilan Rendah. Dimensi
(Jurnal Teknik Arsitektur), 28(2), 114–122. Retrieved from http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/ars/article/view/15734
Rinaldi, R. A., Mauliani, L., & Lissimia, F. (2017). Penerapan Konsep Ramah Anak Pada Rumah Susun Sederhana. Purwarupa Jurnal Arsitektur, 1(1), 17–22.
U.S.ConsumerProductSafetyCommissio. (2015). Public Playground Safety Handbook (publication 325).
Zajenkowska, A., Jankowski, K. S., Lawrence, C., & Zajenkowski, M. (2013). Personality and individual differences in responses to aggression triggering events among prisoners and non-prisoners. Personality and Individual Differences, 55(8), 947–951.