PEMANFAATAN WHATSAPP SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI DI MASA PANDEMI COVID 19

(Studi Pada Komunitas Pita Oren Alumni FISIP UHAMKA)

Authors

  • Mukhlish Muhammad Maududi Muhammad Maududi UHAMKA
  • Nurlina Rahman

DOI:

https://doi.org/10.22236/utilitas.v6i2.6012

Keywords:

Studi Kasus, Pemanfaatan Media Sosial Whatsapp, Media Komunikasi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran pemanfaatan WhatsApp sebagai media komunikasi di masa pandemic Covid-19 oleh komunitas Pita Oren Alumni FISIP UHAMKA.  Penelitian ini menggunakan pendekatan Deskriptif Kualitatif dengan pradigma fenomenologi dengan teori empati Robert A. Baron dan Donn Byrne memberikan pertolongan, pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam kepada 6 orang informan, yang merupakan  pengurus atau relawan Pita Oren.  Hasil penelitian menunjukan bahwa media Whatsapp menjadi pilihan karena dianggap paling mudah digunakan dan memilikii aplikasi yang lengkap dan digunakan oleh semua relawan Pita Oren.  Komunitas Pita Oren adalah komunitas alumni dan mahasiswa FISIP UHAMKA yang tergerak melakukan aksi sosial membantu masyarakat yang terdampak pandemic covid 19. Aksi sosial dilakukan di Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bekasi (Jabotabek) dengan kegiatan memberikan bantuan sembako dan masker kepada masyarakat terdampak akibat pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Diketahui dalam melakukan kegiatan memberikan bantuan berupa pengumpulan dan pembagian sembako juga masker di masa pandemik covid 19 didasari karena menjalankan perintah agama, saling membantu dan sebagai bentuk empati kepada warga yang berada di sekitar tempat tinggal relawan Pita Oren. Kegiatan yang telah dilakukan komunitas Pita Orens sejalan dengan Visi UHAMKA menjadi Universitas utama yang unggul dalam menghasilkan lulusan yang cerdas dalam aspek spiritual dan sosial.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adi, R. (2012). Sosiologi Hukum. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Atep, A. B. (2003). Dasar-Dasar Pelayanan Prima. Jakarta: Elex Media Kompetindo.

Ayun, P. Q. (2015, Oktober). Fenomena Remaja Menggunakan Media Sosial dalam Membentuk Identitas. Channel, III(2), 1-16.

Baron, R. A., & Byrne, D. (2004). Psikologi Sosial. In Psikologi Sosial (R. Djuwita, Trans.). Jakarta: Erlangga.

Basrowi, & Suwandi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Cahya, I. (2018, November 19). Merdeka.com. Retrieved Mei 10, 2020, from www. Merdeka.com: https://www.merdeka.com/teknologi/whatsapp-digunakan-83-persen-pengguna-internet-indonesia.html

Cangara, H. (2011). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Ekadinata, N., & Widyandana, D. (2017, November 1). Promosi Kesehatan Menggunakan Gambar dan Teks dalam Aplikasi WhatsApp pada Kader Posbindu. BKM Journal of Community Medicine and Public Health, 33(11), 547-552.

Elianur, C. (2017). Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Sebagai Sarana Diskusi Antara Pengawas Dan Guru Pendidikan Agama Islam. Jurnal As-Salam, I(2), 1-14.

Faturochman. (2006). Pengantar Psikologi Sosial. Yogyakarta: Penerbit Pinus.

Fauzi, R. (2017). Perubahan Budaya Komunikasi Pada Pengguna Whatsapp Di Era Media. JIKE, I(1), 1-10.

Harapah, H. S., & Kurniawati, D. I. (2018). WhatsApp Sebagai Media Strategi Komunikasi Ustadzh Dalam Menyampaikan Dakwah (Studi Deskripsi Kuantitatif Komunitas "Belajar Islam Seru"). Conference on Dynamic Media, Communications, and Culture 2018. 1, pp. 131-150. DiMCC Conference Proceeding.

J.Johnston, M., King, D., Arora, S., Behar, N., Athanasiou, T., Sevdalis, N., et al. (2015, Januari). Smartphones let surgeons know WhatsApp: an analysis of communication in emergency surgical teams. The American Journal of Surgery, 209(1), 45-51.

Kuswarno, E. (2008). Etnografi Komunikasi (Metode Penelitian Komunikasi). Bandung: Widya Padjajaran.

Littlejohn, S. W., & Foss, K. A. (2011). Theories of Human Communication, 9th Edition. (M. Y. Hamda, Trans.) Jakarta: Salemba Humanika Survey APJII.

Lubis, Z. B. (2005). Kanalisasi Ketegangan Etnik dan Kompetisi Budaya dalam Sektor Publik. Jurnal Antropologi Sosial Budaya ETNOVISIi, 1.

Meinarno, E. A., & Sarwono, S. W. (2017). Psikologi Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Moleong, L. J. (2002). Metode penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Narti, S. (2017, Juni 1). Pemanfaatan "WhatsApp" Sebagai Media Komunikasi Dosen dengan Mahasiswa Bimbingan Skripsi (Studi Analisis Deskripsi Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Bimbingan Skripsi Universitas Dehasen Bengkulu Tahun 2016). Jurnal Professional FIS UNIVED, 4(1), 26-44.

Nasrullah, R. (2015). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, Dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Pozin, M. A., & Mohd Nawi, M. N. (2018). Effective of Communication using WhatsApp: Industrialised Building System (IBS) Construction. Proceedings of the 3rd International Conference on Applied Science and Technology (ICAST'18) (pp. 020018-1–020018-6). AIP Publishing.

Rahmansari, R. (2017). Penggunaan Aplikasi WhatsApp dalam Komunikasi Organisasi Pegawai Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Manajemen Publik dan Kebijakan Sosial, I(2), 77-90.

Rahmansari, R. (2017). Penggunaan Aplikasi WhatsApp dalam Komunikasi Organisasi Pengawai Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Manajemen Publik dan Kebijakan Sosial, 1(2), 77-90.

Saleh, G., & Pitriani, R. (2018). Pengaruh Media Sosial Instagram dan WhatsApp Terhadap Pembentukan Budaya " Alone Together ". Jurnal Komunikasi,, 10(2), 103 – 114.

Santrock, J. W. (2007). Perkembangan Anak. In M. Rahmawati, & A. Kuswati, Perkembangan Anak (p. 138). Jakarta: Erlangga.

Sarwono, S. W., & Meinarno, E. A. (2017). Psikologi Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Suharyanto, A. (2018, November 12). dosenpsikologi.com/. Retrieved Juli 27, 2020, from dosenpsikologi.com/: https://dosenpsikologi.com/teori-empati-dalam-psikologi#:~:text=Teori%20empati%20dalam%20psikologi%20ialah,perasaan%20dan%20pikiran%20individu%20lain.&text=Sebuah%20sikap%20teori%20empati%20dalam,lain%20dari%20sudut%20pandang%20emosi.

Sukrillah, A., Ratnamulyani, I., & Kusumasinata, A. (2017, Oktober 2). Pemanfaatan Media Sosial Melalui WhatsApp Grup FEI Sebagai Sarana Komunikasi. Jurnal Komunikatio, 3(2), 95-104.

Suranto, A. (2011). Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Suryadi, E., Ginanjar, M. H., & Priyatna, M. (2018, April 16). Penggunaan Sosial Media WhatsApp dan Pengaruhnya Terhadap Disiplin Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Edukasi Islam, Jurnal Pendidikan Islam, VII(1), 1-22.

Taufik. (2012). Empati Pendekatan Psikologi Sosial. Jakarta: Rajawali Pers.

Thoha, M. (2007). Kepemimpinan dalam Manajemen suatu Pendekatan Perilaku. Jakarta: Raja Grafindo Pustaka.

Wrightsman, L., & Deaux, K. (1981). Social Psychology in the 80's.Third Edition. California: Brook/ Cole Publishing Company.

Yuliana, & Rini, J. E. (2002). Introduction to Communication. Jakarta: PT. Grasindo.

Yusmita, M., Larisu, Z., & Saidin. (2018). Pemanfaatan Whatsapp Messenger Sebagai Media Komunikasi Antar Pribadi Mahasiswa Ilmu Komunikasi. Jurnal Ilmu Komunikasi UHO: Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi & Informasi, 3(4).

Downloads

Published

2021-02-27

How to Cite

Muhammad Maududi, M. M. M., & Rahman, N. . (2021). PEMANFAATAN WHATSAPP SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI DI MASA PANDEMI COVID 19: (Studi Pada Komunitas Pita Oren Alumni FISIP UHAMKA). Jurnal Utilitas, 6(2), 26–35. https://doi.org/10.22236/utilitas.v6i2.6012