DESAIN POLA ASUH KELUARGA DALAM RANGKA MEMBANGUN KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING ANAK (SEBUAH PEMIKIRAN)
DOI:
https://doi.org/10.22236/utilitas.v6i1.4828Keywords:
problem solving, pola asuh anak, pendidikanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui desain pola asuh dalam keluarga yang paling tepat guna membangun kemampuan problem solving anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Pendekatan yang peneliti gunakan adalah studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa desain pola asuh yang paling tepat dalam membangun kemampuan problem solving anak dalam keluarga adalah pola asuh demokrasi. Pola asuh demokrasi lebih mengedepankan keterbukaan antara anak dengan orang tua. Anak diberi ruang untuk berpendapat, anak juga diberi kebebesan untuk bertindak. Kebebasan yang diberikan orang tua kepada anak tidak mutlak artinya kebebasan tersebut tetap dibawah pengawasan orang tua. Pola asuh demokrasi membuat anak mampu mengembangkan kontrol terhadap perilakunya sendiri dengan hal-hal yang dapat diterima oleh masyarakat.
Downloads
References
Athiyah, Dasar-dasar Pokok Pendidikan Islam, Jakarta, Bintang Bulan, 1993.
Bunga Kusuma Dewi, Ajarkan dan Bantu Anak memecahkan Masalah Sendiri, 09 Agustus 2016, 08:07:25
Hamka, Tafsir Al-Azhar, Jakarta, Pustaka Pujiman, 1983.
Jurnal Isni Agustiawati, Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XII IPS di SMA Negeri 26, Bandung 2014.
Kartono K, Patologi Sosial, Jakarta PT Raja Grafindo, 2005.
Muhaimin, Paradigma Pendidikan Islam, Bandung Remaja Rosdakarya, 2004.
Unayah N dan Sabarisman M, Fenomena Kenakalan Remaja dan Kriminalitas, Sosio Informa, Vol 1 No.2, 2015,
Willis, S.S, Remaja dan Masalahnya, Bandung, Alfabeta, 2014.
Zakiah Daradjat, Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah, Bandun, CV Ruhama, 1995.