Strategi Komunikasi Lazismu Cabang Kebayoran Baru dalam Meningkatkan Jumlah Muzakki di Lingkungan Perguruan Muhammadiyah
DOI:
https://doi.org/10.22236/utilitas.v6i1.4754Keywords:
Strategi Komunikasi, Lazismu, Manajemen KomunikasiAbstract
Potensi zakat di Indonesia sangat besar sekali. Selain karena jumlah penduduk yang banyak, penduduk Indonesia juga mayoritas beragama Islam. LazisMu sebagai lembaga zakat yang bernaung di bawah nama besar Muhammadiyah juga harus mengambil inisiatif dalam mengelola potensi zakat tersebut. LazisMu Cabang Kebayoran Baru berada tepat di tengah komplek perguruan Muhammadiyah, di mana ada tempat pendidikan dari mulai TK sampai Perguruan Tinggi tentu memiliki potensi yang besar untuk menarik jumlah muzakki baru setiap tahunnya. Dibutuhkan strategi yang tepat untuk menjaring jumlah muzakki baru agar potensi zakat yang besar dapat dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Penelitian ini dilakukan dengan penentuan unit pengamatan, analisis strategi komunikasi dan dilanjutkan dengan analisis triangulasi antara hasil wawancara mendalam dengan temuan hasil observasi di lapangan, identifikasi strategi komunikasi pengurus lazisMu Kebayoran Baru dan diperkuat dengan analisis hasil interpretasi. Strategi yang diterapkan oleh lazismu antara lain, Mengenali Sasaran Komunikasi, Pemilihan Media Komunikasi, Pengkajian Tujuan Pesan, serta Meningkatkan Peran Komunikator Dalam Komunikasi.