Implementasi Pelayanan Publik di Kecamatan Medan Satria Kota Bekasi, Jawa Barat

Authors

  • Ihsana` Elhuluqo Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Linda` Dwi Amalia Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.22236/utilitas.v2i1.4555

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pelayanan publik bidang administrasi kependudukan pada kecamatan Medan Satria, Kota Bekasi. Metode penelitian yang dilaksanakan adalah kualitatif deskriptif. Sumber data dan
sampel dipilih secara purposif dan bersifat snowball sampling, analisis data dilakukan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: 1) Pelaksanaan pelayanan publik di bidang administrasi kependudukan sudah cukup baik dengan tersedianya media informasi yang mudah diakses sesuai kebutuhan masyarakatserta prosedur pelayanan yang efisien; 2) Transparansi di bidang administrasi kependudukan bahwa sudah bersifat terbuka dan mudah diakses oleh semua pihak; 3) Kondisional dibidang administrasi berdasarkan pada bagan alur prosedur yang ada pada prosedur operasional standar; 4) Partisipasi dalam melakukan sosialisasi kepada masyarakat, menyediakan kotak kritik dan saran serta sms center; 5) Persamaan hak dalam pelayanan publik sudah dilaksanakan secara praktik.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-04-13

How to Cite

Elhuluqo, I., & Amalia, L. D. (2022). Implementasi Pelayanan Publik di Kecamatan Medan Satria Kota Bekasi, Jawa Barat. Jurnal Utilitas, 2(1), 22–29. https://doi.org/10.22236/utilitas.v2i1.4555