Analisis Bauran Promosi Dalam Peningkatan Jumlah Mahasiswa Baru Di FKIP UHAMKA Jakarta

Authors

  • Sri Astuti Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.22236/utilitas.v1i1.4526

Keywords:

Mix of promotion in an increase in the number of new students in FKIP UHAMKA, Bauran promosi dalam peningkatan jumlah mahasiswa baru di FKIP UHAMKA

Abstract

Research aims to analyze the promotional mix to increase the number of new students in FKIP UHAMKA. The
research methodology used is by using descriptive qualitative method. Retrieving data from informants in the form of
interviews, documentation and observation, and triangulation of data from existing findings. The results found in the
study FKIP UHAMKA using promotional mix are advertising (advertising), sales promotion (sales promotion),
publication (publication) and private sales (personal selling). And in this study found that the promotion mix of the
most influential in increasing the number of students in FKIP UHAMKA The first is the sale of a private (personal
selling), which both advertising (advertising) third sales promotion (sales promotion) and the last is the publication
(publication) , Additionally in this study was found also in addition to the media campaign promotional mix above
that information by word of mouth which is very influential in the increase in the number of new students in FKIP
UHAMKA.


Abstrak
Penelitian bertujuan untuk menganalisis bauran promosi dalam meningkatkan jumlah mahasiswa baru di FKIP
UHAMKA. Metodologi penelitian yang digunakan yaitu dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif.
Mengambil data dari informan berupa wawancara, dokumentasi dan observasi serta melakukan triangulasi data dari
hasil temuan yang ada. Hasil yang didapati dalam penelitian yakni FKIP UHAMKA menggunakan bauran promosi
yaitu iklan (advertising), promosi penjualan (sales promotion), publikasi (publication) dan penjualan pribadi (personal
selling). Dan dalam penelitian ini ditemukan bahwa bauran promosi yang paling berpengaruh dalam peningkatan
jumlah mahasiswa di FKIP UHAMKA yang pertama adalah penjualan pribadi (personal selling), yang kedua
periklanan (advertising) yang ketiga promosi penjualan (sales promotion) dan yang terakhir adalah publikasi
(publication). Selain itu dalam penelitian ini ditemukan juga media promosi selain bauran promosi diatas yaitu
informasi dari mulut ke mulut yang sangat berpengaruh dalam peningkatan jumlah mahasiswa baru di FKIP
UHAMKA.



Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Sri Astuti, Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka






 

Published

2017-04-18

How to Cite

Astuti, S. (2017). Analisis Bauran Promosi Dalam Peningkatan Jumlah Mahasiswa Baru Di FKIP UHAMKA Jakarta. Jurnal Utilitas, 1(1), 78–91. https://doi.org/10.22236/utilitas.v1i1.4526