Upaya Meningkatkan Hasil Kemampuan Guru dalam Melaksanakan Penilaian melalui Pelatihan Berkelanjutan

Authors

  • Trisnawati Trisnawati SMK Negeri 10 Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.22236/utilitas.v1i1.4525

Keywords:

Teacher's competence, evaluation, continuous training, focus group discussion, presentation model, kemampuan guru, penilaian, pelatihan berkelanjutan, focus grup diskusi, model presentasi

Abstract

Research intended to investigate the improvement's result of continuous training for teacher's evaluatio n skills.
Research conducted from January until May 2015 at SMKN 10 Jakarta by Classroom Action Research method.
Continuous training model were focus group discussion and presentation. Research conducted two cycles, in which
every cycle has three sessions of class meeting. The research summarized that limit of upper standard reached by
97,45%.

Abstrak


Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil kemampuan guru dalam melaksanakan penilaian dengan
pelatihan berkelanjutan. Penelitian dilaksanakan pada Bulan Januari sampai dengan Mei2015 di SMK Negeri
10Jakarta. Model pelatihan yang digunakan adalah Diskusi dan Presentasi. Penelitian menggunakan metode
Penelitian Tindakan Sekolah dan dilaksanakan terdiri dari dua siklus, tiap siklus dilaksanakan tiga kali pertemuan
dan pada pertemuan ketiga dilakukan Post Test.Hasil Penelitian telah mencapai indikator yang diharapkan
pada siklus kedua, yaitu jumlah guru dalam pelatihan yang mendapatkan nilai sampai batas tuntas atau lebih
sebanyak 97 ,45 %.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Trisnawati Trisnawati, SMK Negeri 10 Jakarta

 




Published

2017-04-18

How to Cite

Trisnawati, T. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Kemampuan Guru dalam Melaksanakan Penilaian melalui Pelatihan Berkelanjutan. Jurnal Utilitas, 1(1), 67–77. https://doi.org/10.22236/utilitas.v1i1.4525