Pengaruh Kewirausahaan dan Potensi Diri Guru terhadap Kepuasan Kerja Guru Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.22236/utilitas.v1i1.4521Keywords:
Kewirausahaan , Kepuasan kerja, Potensi guru, Entrepreneurship, job satisfaction, self-potency conceptAbstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kewirausahaan Guru dan Potensi Diri terhadap Kepuasan Kerja
Guru pada Sekolah Dasar se gugus Di Kecamatan Cimanggis Depok Jawa Barat. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode survei. Populasi targetnya adalah seluruh guru se gugus Di Kecamatan Cimanggis
Depok, mengingat jumlah populasinya sedikit, penelitian ini menggunakan sampel 40 guru. Untuk menguji hipotesis
tersebut menggunakan analisis jalur atau Path Analysis. Hasil penelitian menyimpulkan hal-hal sebagai berikut.
Pertama, terdapat pengaruh langsung Kewirausahaan Guru (X1) terhadap Kepuasan kerja guru (X3) dengan
persamaan regresi X
3
= 91,957+ 0,462X1 dan koefisien korelasi 0,575, yang signifikan pada taraf α = 0,05. Kedua,
terdapat pengaruh langsung Potensi Diri (X2) terhadap Kepuasan kerja guru (X3) dengan persamaan regresi X3
= 86,166 + 0,488X2 dan koefisien korelasi 0,643, yang signifikan pada taraf α = 0,05. Ketiga terdapat pengaruh
langsung Kewirausahaan Guru (X
) terhadap Potensi Diri (X2) dengan persamaan regresi X2 = 47,680 + 0.714X1
dan koefisien korelasi 0,674, yang signifikan pada taraf α = 0,05.
1
Research aimed to investigate the influence of teacher's entrepreneurship and self-potency concept toward teacher's
work satisfaction of the teachers at Cimanggis District cluster. The research method used here was survey research
method. The sample were 40 teachers. The research examined hypothesis with path analysis method. The research
summarized 1) there was direct influences of entrepreneurship toward teacher's works satisfaction as stated by
regression equation X
= 91,957+ 0,462X1 with coefficient correlation value 0,575 at 0.05 significant level. 2) There
was direct influence of self-potency concept toward teacher's works satisfaction as stated by regression equation X
3
= 86,166 + 0,488X2 with coefficient correlation value 0,643 at 0.05 significant level.; 3) there was direct influence
of teacher's entrepreneurship toward self-potency concept as stated by regression equation X
= 47,680 + 0,714X1
with coefficient correlation value 0,674 at 0.05 significant level.
2
3