Pengaruh Kompensasi terhadap Kinerja Guru

Authors

  • Trisni Handayani

DOI:

https://doi.org/10.22236/utilitas.v1i1.4520

Keywords:

kompensasi, kinerja guru, penelitian survey

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kompensasi terhadap kinerja guru di SMK
Mandiri Bekasi.Metode yang digunakan adalah penelitian kepustakaan dan penelitian survey.Peneliti
melakukan analisis dokumentasi, observasi, wawancara dan penyebaran kuisioner kepada para guru di SMK
Mandiri Bekasi.Populasi penelitian adalah seluruh guru SMK Mandiri Bekasi (32 orang guru) digunakan teknik
pengambilan sampling purposive sampling.Jumlah sampel penelitian 25 orang guru, terdiri dari 14 guru
perempuan dan 11 orang guru laki-laki.Teknik pengumpulan data digunakan dengan teknik analisa kuantitatif
deskriptif dengan menggunakan statistik, analisa regresi, teknik analisa korelasi product moment, pengujian
signifikansi, dan koefisien determinasi.Penelitian menyimpulkan bahwa; Pertama, terdapat pengaruh yang
signifikan antara kompensasi dengan kinerja guru di SMK Mandiri Bekasi. Hasil tersebut diperoleh
berdasarkan pada pengujian hipotesis yaitu untuk koefisien korelasinya diperoleh r Hitung lebih besar r Tabel
pada taraf signifikan 5% adalah 0,460 > 0,396. Jika dilihat dari interpretasi nilai r antara 0,40 sampai dengan
0,599 mempunyai hubungan sedang maka tingkat hubungan sedang. Untuk pengujian signifikansinya diperoleh
t Hitung lebih besar dari t Tabel pada taraf signifikansi 0,05 adalah 2,489 > 2,060. sedangkan untuk koefisien
determinasi diperoleh bahwa kontribusi yang diberikan oleh kompensasi terhadap kinerja guru di SMK Mandiri
Bekasi adalah sebesar 21%, sedangkan sisanya sebesar 79% ditentukan oleh faktor lain yang tidak di teliti
seperti gaya kepemimpinan kepala sekolah, disiplin guru, motivasi guru dan lingkungan kerja. Kedua, dari
perhitungan tersebut maka disimpulkan bahwa ada pengaruh positif antara kompensasi terhadap kinerja guru
di SMK Mandiri Bekasi.

Research intended to investigate how much the influences of compensation on the teacher's performance at
SMK Mandiri Bekasi. Research methods used was library research and survey. The Researcher did document
analysis, observations, interviews, and questionnaires. Research population was all teachers at this school (32
teachers). Sampling method used was the purposive sampling method, by this method choosen 25 teachers as
research participants; 14 female teachers and 11 male teachers. Research data collected and analyzed by
statistical quantitative descriptive analysis, regression analysis, product moment correlation analysis technique,
significance measurement and also determinant coefficient measurement. From the research concluded that: 1)
there were significant influences of compensation toward teacher's performance at SMK Mandiri Bekasi. This
acquired from hypothesis testing of the correlation coefficient. Counted t bigger than t table value as 5% of
significant level; 0.460 > 0.396. From r value interpretation resumed that the value of r scale between 0,40 –
0,599 indicated medium level relation. From the research concluded that: 1) there were significant influences
of compensation toward teacher's performance at SMK Mandiri Bekasi. This acquired from hypothesis testing
of the correlation coefficient. Counted t bigger than t table value as 5% of significant level; 0.460 > 0.396. From
r value interpretation resumed that the value of r between 0.40 – 0.599 indicated medium level relation. The
measurement of the significance level resulted that counting t value bigger than t table value at 0.05 significance
level was 2.489 > 2.060. The determinant coefficient calculation resulted that the contribution of compensation
to the teacher's performance at SMK Mandiri Bekasi was 21%, the rest contributed by other factors as the
principal leadership style, teacher's discipline, teacher's motivation, and work condition. 2) From the data
calculation summarized that there were positive influences of compensation toward the teacher's performance
at SMK Mandiri Bekasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2017-04-18

How to Cite

Handayani, T. (2017). Pengaruh Kompensasi terhadap Kinerja Guru. Jurnal Utilitas, 1(1), 24–34. https://doi.org/10.22236/utilitas.v1i1.4520