Membangun Partisipasi Orangtua sebagai Stakeholder dalam Pengembangan Pendidikan

Authors

  • Amirudin Alfirah Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.HAMKA

DOI:

https://doi.org/10.22236/utilitas.v1i1.4519

Keywords:

partisipasi orangtua, pengembangan pendidikan, stakeholder, penelitian tindakan kelas

Abstract

Abstrak
Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan partisipasi orang tua dalam pengembangan
pendidikan. Secara khusus penelitian ditujukan untuk mengetahui pendekatan, teknik dan instrument yang digunakan
dalam partisipasi orangtua dalam proses pengembangan pendidikan. Penelitian dilakukan di SMA Muhammadiyah I
Kota Baubau Sulawesi Tenggara dengan menggunakan Metode Penelitian Tindakan Kelas Kepala Sekolah dan Ketua
Komite Sekolah bertindak sebagai kolaborator pada penelitian ini. Hasil penelitian menyatakan bahwa sebelum
penelitian tindakan kelas dilaksanakan proses pengembangan pendidikan di SMA Muhammadiyah I Baubau Sulawesi
Tenggara dilaksanakan oleh perwakilan saja dan pendekatan tidak langsung. Maka hanya sedikit orangtua berperan
pada proses pengembangan pendidikan dengan pendekatan langsung dan sedikit dukungan terhadap pengembangan
pendidikan. Penelitian menyimpulkan bahwa partisipasi orangtua pada pengembangan pendidikan dapat diperkuat
dengan penggunaan pendekatan langsung, rapat-rapat dan kartu opini sebagai alat partisipasi. Dengan demikian kartu
opini menjadi instrument baru yang mirip dengan "proses pemetaan oval” dan "proses Delphi”

The aim of the research was to find out the way to enhance parent participation on education development. Especially,
the research wants to find out approach, technique, and instrument using in parent participation on education
development process. The research conducted at Muhammadiyah Senior High School (SMA Muhammadiyah 1 Kota
Baubau Sulawesi Tenggara), using Action Research method. Head school and chief of school committee become
prominent collaborator on this research. The research found that before Action Research, education development
process in SMA Muhammadiyah 1 Kota Baubau Sulawesi Tenggara done by representative or indirect approach. So,
just few parent are take part in education development process to be more participative by used direct approach and
any instrument support for education development. The research concludes that parent participation on education
development could be enhanced by using direct approach, meeting, and card opinion as instrument. Even, card opinion
is the new instrument similar with ‘oval mapping process' and ‘Delphi' technique.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2017-04-18

How to Cite

Alfirah, A. (2017). Membangun Partisipasi Orangtua sebagai Stakeholder dalam Pengembangan Pendidikan. Jurnal Utilitas, 1(1), 1–15. https://doi.org/10.22236/utilitas.v1i1.4519