PERAN KELUARGA DALAM MENDUKUNG AKTIVITAS BELAJAR SISWA DIMASA PANDEMI COVID-19
Keywords:
Dukungan Keluarga, Aktivitas BelajarAbstract
Dukungan keluarga untuk aktivitas belajar anak penting dilakukan masa kini. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan bagaimana upaya keluarga khususnya orangtua untuk mendukung aktivitas belajar anak pada seluruh skala akademis (afektif, kognitif, psikomotor). Metode penelitian menggunakan Mix Method Embedded Design. Objek penelitian ialah SMK Taruna Terpadu 1. Sample peneliti ialah 6 orang tua dan 35 siswa kelas XI. Analis data menggunakan Interactive Model Analys pada kualitatif, dan paired sample t-test pada kuantitatif. Hasil menunjukkan dukungan yang diberi orang tua pada skala afektif ialah memberikan contoh yang baik, menciptakan komunikasi yang baik, memberikan perhatian dan kasih sayang serta mengingatkan waktu belajar. Dukungan lainnya untuk skala kognitif-psikomotor ialah melalui hal-hal sederhana seperti menyediakan ruang belajar, tindakan mendukung belajar, dan memberikan akses relasi yang luas pada siswa. Temuan lain ialah orangtua tua pro terhadap rutinitas belajar dan tidak memprioritaskan skala kognitif untuk prestasi anak.
Downloads
References
Brahma, Ismail Akbar. 2020. “Penggunaan Zoom Sebagai Pembelajaran Berbasis Online Dalam Mata Kuliah Sosiologi Dan Antropologi Pada Mahasiswa PPKN Di STKIP Kusumanegara Jakarta.” Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 6(2):97. doi: 10.37905/aksara.6.2.97-102.2020.
Gill, Baljit, Sarah Hayes, and Carl Senior. 2015. “The Effects of Family Support and Gender on Mature Student Engagement in Higher Education.” Frontiers in Psychology 6(FEB):10–12. doi: 10.3389/fpsyg.2015.00156.
Kalenkoski, Charlene Marie, and Sabrina Wulff Pabilonia. 2017. “Does High School Homework Increase Academic Achievement?” Education Economics 25(1):45–59. doi: 10.1080/09645292.2016.1178213.
Kraft, Matthew A., and Shaun M. Dougherty. 2013. “The Effect of Teacher-Family Communication on Student Engagement: Evidence From a Randomized Field Experiment.” Journal of Research on Educational Effectiveness 6(3):199–222. doi: 10.1080/19345747.2012.743636.
Melisa, Putri Viola, and E. D. Putra. 2021. “Dukungan Keluarga Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.” Mimbar Ilmu 26(2):339. doi: 10.23887/mi.v26i3.39317.
Pratiwi, Rita Dwi. 2018. “Hubungan Dukungan Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Siswa Sltp Negeri 6 Yogyakarta.” Edu Dharma Journal: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat 2(1):30. doi: 10.52031/edj.v2i1.35.
Rasmussen, Radmila M. 2016. “Assessment for Learning in Innovation and Entrepreneurship Education.” Emerald Insight 2:3–29. doi: 10.1108/S2051-229520160000002002.
Reschly, Amy L., and Sandra L. Christenson. 2019. The Intersection of Student Engagement and Families: A Critical Connection for Achievement and Life Outcomes. Elsevier Inc.
Rijali, Ahmad. 2019. “Analisis Data Kualitatif.” Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah 17(33):81. doi: 10.18592/alhadharah.v17i33.2374.
Safitri, Faradilla, and Cut Yuniwati. 2016. “The Effect of Motivation and Family Support on Learning Achievement of D-III Product Level II Students of Ubudiyah Indonesia University.” Journal of Healthcare Technology and Medicine 2(2):154–61.
Siswati, Siswati, Cahyo Budi Utomo, and Abdul Muntholib. 2018. “Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Membentuk Sikap Dan Perilaku Sosial Peserta Didik Melalui Pembelajaran Sejarah Di SMA PGRI 1 Pati Tahun Pelajaran 2017/2018.” Indonesian Journal of History Education 6(1):1–12.
Sledge, Lanita. 2012. “Get Your Education: Family Support for African-American College Students.” McNair Scholars Research Journal 4(1):1–26.
Sugiono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Westbroek, Hanna B., Lisette van Rens, Ed van den Berg, and Fred Janssen. 2020. “A Practical Approach to Assessment for Learning and Differentiated Instruction.” International Journal of Science Education 42(6):955–76. doi: 10.1080/09500693.2020.1744044.
Zein, Mufrida, and Luthfina Ariyani. 2018. “Analisis Pengaruh Bimbingan Orang Tua Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa.” Jurnal Humaniora Teknologi 3(1):23–27. doi: 10.34128/jht.v3i1.30.