Main Article Content

Abstract

Di dalam film animasi, khususnya Kimi No Na Wa, tokoh ataupun alur yang menggambarkan musubi secara tersirat maupun tersurat secara tak disadari memiliki banyak makna, salah satunya yaitu mengandung nilai dan pesan moral di dalamnya. Tujuan penelitian untuk mengkaji lebih mendalam mengenai: (1) tanda-tanda musubi dalam film animasiKimi No Na Wadan; (2) makna tanda-tanda musubi dalam film animasi Kimi No Na Wa. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi, teknik deskriptif, dan pendekatan semiotik Umberto Eco. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini yaitu antara lain, tanda-tanda yang ditemukan terbagi menjadi 7 (tujuh) kategori umum yaitu ujaran (kata), gambar (image), gambar dan bunyi, ujaran dan gerak/bahasatubuh, gambar dan gerak/bahasa tubuh, gambar dan benda, sertaujaran dan benda. Jumla htemuan yang didapatkan berjumlah sebanyak 50 data yang terbagi menjadi 24 (dua puluh empat) ujaran, 4 (empat) gambar, 2 (dua) gambar dan bunyi, 3 (tiga) ujaran dan gerak/bahasa tubuh, 5 (lima) gambar dan gerak/bahasa tubuh, 7 (tujuh) gambar dan benda, lalu 5 (lima) ujaran dan benda. Makna musubi yang tergambarkan dalam film animasi Kimi No Na Wa ini terdapat lebih dari 15 makna, salah satu contoh makna yang sering muncul yaitu musubi mengkaitkan segala hal di kehidupan ini melalui jaring kehidupan dan mengika tmanusia agar bersatu, musubi mengalir dalam segalahal, musubi dapat ditemukan dalam hubungan antar manusia salah satunya terwujud dalam bentuk sebuah ikatan pertemanan, musubi merupakan roh yang menyatukan dan mengikat, musubi merupakan energi non material murni yang bertanggungjawab atas segala kegiatan atau kreatifitas yang dibuat oleh manusia, serta musubi merupakan hubungan yang terjadi antara para dewa dan manusia secara spiritual.

Keywords

semiotic Umberto Eco musubi film animasi kimi no na wa

Article Details

How to Cite
Kurniawati, J., & Seruni, A. P. (2021). Analisis Semiotik Makna Musubi dalam Film Animasi Kimi No Na Wa. Jurnal Bahasa Jepang Taiyou, 1(2), 1–18. https://doi.org/10.22236/taiyou.v1i2.6431