Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan pembuktian korelasi antara penguasaan kosakata (goi) dengan kemampuan berbicara. Populasi penelitian adalah 24 orang mahasiswa semester 1 dan 2 tahun akademik 2018/2019 pada Program Studi Sastra Jepang Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya Universitas Pakuan yang mengambil mata kuliah Kaiwa 1 dan 2. Hasil penelitian pada semester gasal 2018-2019 saat UTS menunjukkan bahwa antara nilai kosakata dengan nilai kemampuan bercakap terbukti adanya korelasi dengan tingkat kekuatan korelasi yang rendah sedangkan korelasi antara nilai kosakata dengan nilai kemampuan berbicara saat UAS menunjukkan tingkat kekuatan korelasi yang cukup tinggi. Hasil penelitian pada semester genap 2018-2019 saat UTS menunjukkan bahwa antara nilai kosakata dengan nilai kemampuan berbicara terbukti adanya korelasi dengan tingkat kekuatan korelasi yang cukup tinggi, dan korelasi antara nilai kosakata dengan nilai kemampuan berbicara saat UAS menunjukkan tingkat kekuatan korelasi yang cukup tinggi. Dari hasil penelitian diharapkan adanya perubahan pemikiran dan perbaikan dalam proses belajar mengajar Kaiwa di kelas serta adanya kesatuan metode yang saling teritegrasi dalam pengajaran Bahasa Jepang pada Program Studi Sastra Jepang Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya Universitas Pakuan.