BANK SAMPAH DAN PEMBUATAN ARENA SELFIE DALAM PEMANFAATAN SAMPAH PLASTIK PADA MASYARAKAT DESA

  • Sumartik Sumartik Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Abstract

Desa Kenongo merupakan desa padat penduduk di kota Sidoarjo yang banyak terdapat sungai disekitar pemukiman. Kebiasaan masyarakat yang suka membuang sampah sembarangan seringkali menciptakan bau busuk yang mengganggu aktivitas masyarakat. Bank Sampah ‘Sekar Kenanga’ merupakan tempat alternatif pengolahan sampah yang dilakukan oleh warga desa Kenongo. Pengolahan sampah tidak saja diolah menjadi barang yang berbeda namun bernilai ekonomis yang dapat menambah kemandirian ekonomi masyarakat serta pembuatan arena spot selfie dari daur ulang sampah plastik juga dilakukan masyarakat dari hasil olahan sampah plastik.

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai peran bank sampah ‘Sekar Kenanga’dan pembuatan spot selfie yang memanfaatkan sampah plastik di Desa Kenongo baik dari pengumpulan sampah di bank sampah ataupun dari penjaringan sampah plastik di sungai sekitar pemukiman desa. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data didapatkan melalui wawancara terhadap informan kunci seperti Kepala Desa, pengurus bank sampah, anggota bank sampah, remaja karang taruna dan masyarakat bukan anggota bank sampah ‘Sekar Kenanga”serta unsur dinas kebersihan dari kecamatan Tulangan. Observasi di lapangan dilakukan dengan memberikan berbagai pelatihan pengolahan kreasi souvenir dan aksesories dari sampah plastik dan teknik pembuatan hiasan untuk spot selfie yang bernuansa himbauan menjaga kebersihan sampah. Aktivitas dalam analisis data yaitu data reduction, data organization dan interpretation.

Hasil penelitian menunjukkan dari aspek kelembagaan desa, bank sampah ‘Sekar Kenanga’turut serta dalam program pemberdayaan masyarakat desa, Aspek pembiayaan, masih diperlukan pengeloaan keuangan bank sampah secara optimal dengan keuntungan yang lebih besar, dan apek peran serta masyarakat sudah baik dan aktif tetapi mereka belum faham semua tentang arti penting pengolahan bank sampah dan pembuatan spot selfie, hanya terbatas menjual sampah ke bank sampah ‘Sekar Kenanga’.

 

Kata Kunci: Kelompok PKK, Pemberdayaan, Bank Sampah Sekar Kenanga, Spot Selfie.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-01-22
Section
Articles