PENINGKATAN PANGSA PASAR MELALUI PELATIHAN BISNIS ONLINE

Authors

  • Widyastuti widyastuti Universitas Negeri Surabaya
  • Nadia Asandimitra Universitas Negeri Surabaya
  • Yessy Artanti Universitas Negeri Surabaya
  • Monika Tiarawati Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.22236/syukur_vol2/is1pp69-77

Abstract

Pelaku bisnis online pada umumnya memanfaatkan media sosial untuk memasarkan produknya. Seringkali dijumpai produsen atau pelaku bisnis yang memajang produk maupun harga di laman berbagai macam media sosial. Adanya penipuan yang seringkali terjadi menyebabkan sebagian konsumen tidak percaya melakukan pembelian secara online. Mereka cenderung melakukan pembelian secara offline dengan datang langsung ke toko tempat menjual produk yang mereka inginkan. Hal tersebut mendorong pelaku usaha online yang memasarkan produknya melalui media sosial untuk membuat website. Website yang dibuat menyediakan fasilitas peta lokasi sehingga dapat meningkatkan kepercayaan konsumen. Adanya website maka diharapkan akan menunjang kelancaran usaha pelaku bisnis online. Melalui website, pelaku bisnis online dapat melakukan promosi maupun meningkatkan pangsa pasar dan penjualannya.

Adapun luaran kegiatan PKM ini adalah berupa media belanja menggunakan teknologi informasi secara on line yaitu website. Dengan adanya website ini diharapkan pelaku usaha dapat menjangkau pangsa pasar yang lebih luas dan dapat meningkatkan penjualan. Hasil kegiatan PKM ini menunjukkan bahwa dengan aktivitas pelatihan ini motivasi para pelaku usaha online untuk meningkatkan kegiatan usahanya melalui website sangatlah tinggi ditunjukkan dengan adanya beberapa website yang telah dihasilkan oleh para pelaku usaha yang menjadi responden kegiatan PKM ini.

 

Kata kunci: bisnis online, website, pangsa pasar

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-04-30

Issue

Section

Articles