Talent Mapping: Menuju Jenjang Pendidikan yang Lebih Tinggi

  • Ani Silvia Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA
  • Fanina Adji Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA

Abstract

Sebagai lembaga pendidikan pada jenjang menengah, SMA Muhammadiyah 4 memiliki peran penting untuk melakukan pemetaan potensi unggul peserta didiknya. Pada jenjang ini, mereka diharapkan telah menyelesaikan pengenalan minat dan bakatnya dalam bidang tertentu sehingga dapat fokus memilih program studi yang sesuai dengan minat dan bakat mereka masing-masing.  Memiliki target yang jelas akan membuat siswa lebih termotivasi untuk mengoptimalkan nilai akademiknya sebagai persiapan menuju program studi yang diminati. Untuk itu, sekolah memerlukan pemetaan potensi unggul agar mampu mencapai visi dan misi yang sudah ditetapkan sekolah. Melalui test minat dan bakat serta seminar yang diselenggarakan oleh tim dosen FEB-UHAMKA dalam rangka pengabdian melalui program kemitraan masyarakat diharapkan dapat membantu pihak sekolah untuk melakukan pemetaan ini. Pemetaan potensi unggul dilakukan untuk menyiapkan sumber daya manusia yang unggul karena memiliki expertise di bidang spesifiknya masing-masing. Tanpa pemetaan, sekolah adalah expenses atau biaya yang akan hilang begitu saja. Sebaliknya, dengan melakukan talent mapping, sekolah akan menjadi investasi yang memberikan manfaat baik bagi individu itu sendiri maupun bagi lingkungan yang lebih luas lagi.
Kata kunci: talent mapping, minat, bakat, program studi
Published
2018-10-30
How to Cite
SILVIA, Ani; ADJI, Fanina. Talent Mapping: Menuju Jenjang Pendidikan yang Lebih Tinggi. SYUKUR (Jurnal Inovasi Sosial dan Pengabdian Masyarakat), [S.l.], v. 1, n. 2, p. 115-124, oct. 2018. ISSN 2615-2339. Available at: <https://journal.uhamka.ac.id/index.php/syukur/article/view/2397>. Date accessed: 25 june 2019. doi: https://doi.org/10.22236/syukur_vol1/is2pp115-124.
Section
Articles