Strategi Pemasaran Pedagang Kaki Lima (UKM) Rukun Warga 02 Kelurahan Paseban

Main Article Content

Ervin Azhar
Hj. D. Made Darmawati
H. Nur Busyra

Abstract

Strategi pemasaran bagi  usaha keci, pedangan  kaki lima, dan industri Rumah Tangga di Kelurahan Paseban, Rukun Warga 02 Kecamatan Paseban Jakarta Pusat, adalah  bentuk kegiatan Pengabdian Masyarakat yang  bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang  strategi pemasaran dan pendampingan  pada usaha kaki lima, usaha kecil dan menengah dengan produk nasi goreng, Mie, cilok, nasi uduk, empek-empek Palembang, bakso, bubur, rujak, warung gado-gado, dan  kue-kue untuk usaha kecil yang ada di wilayah Paseban.


Pengabdian masyarakat ini menggunakan teknik pelatihan dan pendampingan  kepada pihak usaha kecil tentang analisa peluang usaha yang disebut SWOT (Strenght, Weakness, Opportunity, Threat). Hasil dari pengabdian yang dilakukan di kelurahan paseban rukun warga 02 Jakarta Pusat


Hasil kegiatan ini adalah teradinya  perubahan dari kebiasaan yang konvensional menuju ke jaman teknologi, usaha kecil yang berawal dari usaha rumahan sentra- sentra pembuatan usaha jajanan rumahan produk nasi goreng, cilok, empek- empek, bakso, kue-kue jajan tradisional dan produk lainnya menunjukkan kualitas dan manfaat dengan hasil guna harga yang mampu bersaing, membuat desain atau cover produk yang inovatif dan kreatif serta memasang harga yang terjangkau, membuat varian produk yang bisa lebih bervariatif, cepat siap saji dan enak dengan kualitas rasa menggigit lidah konsumen, menentukan wilayah pemasaran yang strategis dan menguntungkan..

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Azhar, E., Hj. D. Made Darmawati, & H. Nur Busyra. (2021). Strategi Pemasaran Pedagang Kaki Lima (UKM) Rukun Warga 02 Kelurahan Paseban. Jurnal SOLMA, 10(1s), 77-84. https://doi.org/10.22236/solma.v10i1s.5393
Section
Articles

References

Allan, Tan, M.G., dan Soemardjan, S, 1980, Kemiskinan Struktural, Suatu Bunga Rampai. Jakarta:YIIS
Ellis, G.F.R. 1984. The Dimension of Poverty dalam Social Indicator Research
Esmara, H. 1986. Perencanaan dan Pembangunan di Indonesia, Jakarta: Gramedia
Kempton, J. 1995. Human Resource Management and Development.
London:MacMillan Press Ltd
Moeljanto, T. 1996. Pembangunan, Dilema dan Tantangan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Todaro, P. 1983. Pembangunan Ekonomi di Dunia Ketiga, Jilid I. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Nandan Limakrisna and Wilhelmus Hary Susilo, Manajemen Pemasaran. Teori dan aplikasi dalam Bisnis, (Jakarta: Mitra Wijaya Media, 2012), h. 3.
Ika Yunia Fauzia, Etika Bisnis Dalam Islam, (Jakarta, Kencana, 2013), h. 103.

Most read articles by the same author(s)