Main Article Content
Abstract
Salah satu faktor yang mempengaruhi kelancaran sistem pengabutan
adalah kualitas bahan bakar yang disemprotkan keluar injektor pada
mesin induk, bila bahan bakar tidak sesuai standar, maka akan terjadi
penyumbatan dan berpengaruh kepada tekanan bahan bakar yang keluar
dari injektor dan juga pada kinerja mesin diesel tersebut. Penelitian yang
telah dilakukan adalah, dengan meningkatnya putaran (207 rpm, 210
rpm, dan 218 rpm) maka komsumsi bahan bakar juga meningkat yaitu
dari 48 lt/h, 53,34 lt/h , dan 73,50 lt/h. Untuk putaran konstan yaitu 207
rpm, tekanan bahan bakar mengalami peningkatan yaitu dari 56 kg/
cm
2
, 57 kg/cm
2
, 58 kg/cm
2
, 60 kg/cm
, demikian juga dengan daya poros
juga mengalami peningkatan dari 113,47 PS, 115,78 PS, 117,81 PS, dan
121,87 PS. Tekanan berpengaruh pada performance mesin, tekanan juga
berpengaruh pada viskositas, dan juga pada pemakaian bahan bakar.
Kekentalan bahan bakar juga berpengaruh pada daya kerja tekanan
injektor yang dapat mengakibatkan keterlambatan penyalaan.
2