PENINGKATAN KEMAMPUAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH DENGAN TEKNIK COPY THE MASTER BAGI GURU-GURU BAHASA INDONESIA SMK DI BEKASI
Keywords:
menulis artikel ilmiah, teknik Copy the Master, Guru-guru BekasiAbstract
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan menulis artikel ilmiah guru-guru bahasa Indonesia SMK di Bekasi dengan teknik Copy The Master. Model penelitian tindakan yang digunakan adalah penelitian tindakan model Kemmis & Taggart mencakup sejumlah siklus, terdiri dari tahap: perencanaan (plan), pelaksanaan, pengamatan (act & observe), dan refleksi (reflect). Subjek penelitian adalah guru-guru Bahasa Indonesia SMK di Bekasi. Data penelitian diambil dari hasil penulisan artikel ilmiah guru-guru bahasa Indonesia SMK di Bekasi, sedangkan teknik pengumpulan data adalah melalui pengamatan, wawancara dan tes. Data diolah secara kualitatif dan kuantitatif. Secara kualitatif, hasil proses pada siklus I bahwa guru-guru bahasa Indonesia terlihat kesulitan dalam menulis artikel ilmiah, penulisan artikel ilmiah belum optimal karena masih adanya kesulitan dalam penulisan sistematika dan rencana apa yang akan dituangkan dalam tulisan, siklus II sudah terdapat kemajuan yaitu telah dapat membuat artikel ilmiah dengan baik, sedangkan hasil penelitian kuantitatif selama dua siklus menunjukan peningkatan nilai rata-rata keterampilan menulis artikel ilmiah guru-guru bahasa Indonesia SMK di Bekasi melalui teknik Copy The Master di setiap akhir tes. Hasil tes awal (pre test) keterampilan menulis guru-guru menunjukan nilai rata-rata 70, tes diakhir siklus I menunjukan nilai rata-rata rentangan 70-80, tes diakhir siklus II menunjukan nilai rata-rata rentangan 85-90. Berdasarkan indikator keberhasilan nilai tes rata-rata guru-guru bahasa Indonesia SMK di Bekasi menunjukan bahwa penggunaan teknik Copy The Master dapat meningkatkan kemampuan menulis artikel ilmiah dengan baik.