PENGGUNAAN MEDIA READING BOX DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS TEKS

Authors

  • Sulis Setiawati Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Keywords:

Media pembelajaran, Reading Box, Pembelajaran Berbasis Teks

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan alternatif media pembelajaran yang
digunakan guru pada mata pelajaran bahasa Indonesia berbasis teks. Metode yang
digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi,
wawancara, dokumentasi, dan kajian pustaka. Pendekatan pembelajaran bahasa Indonesia
pada Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan berbasis teks. Teks dalam silabus mata
pelajaran bahasa Indonesia diklasifikasikan ke dalam dua genre yaitu teks faktual dan
nonfaktual. Oleh karena itu, agar tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat tercapai,
guru dituntut kreatif dalam penggunaan media pembelajaran. Realitas yang ada di
lapangan adalah belum semua sekolah terlengkapi dengan fasilitas media pembelajaran
yang memadai, misalnya proyektor. Beberapa sekolah sudah memilikinya tetapi dengan
jumlah yang terbatas, tidak sebanding dengan jumlah ruangan kelas. Untuk mengatasi
kondisi tersebut guru dapat menggunakan media pembelajaran visual noproyeksi seperti
Reading Box. Alat-alat yang perlu disiapkan untuk media Reading box adalah sebuah
kotak yang berisi seperangkat teks, daftar pertanyaan, dan kunci jawaban. Masing-masing
kelompok siswa mengambil satu bacaan, menjawab pertanyaan, dan mencocokkannya
dengan kunci jawaban yang dipegang oleh guru. Kelompok siswa yang skornya belum
mencapai ketuntasan harus mengulang mengambil teks yang tingkat kesulitannya sama.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2018-10-19

Issue

Section

Articles