https://journal.uhamka.ac.id/index.php/permata/issue/feed Permata: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 2020-10-24T00:00:00+07:00 Oktarina Dwi Handayani silviesahara@uhamka.ac.id Open Journal Systems <p>Jurnal Permata UHAMKA adalah jurnal dalam bidang Pendidikan Anak Usia Dini yang didedikasikan sebagai wadah hasil penelitian pada bidang pendidikan anak usia dini. Jurnal Permata UHAMKA memuat hasil penelitian dan kajian ilmiah yang memuat kebaruan dalam perkembangan bidang pendidikan anak usia dini, melalui hasil penelitian yang diterbitkan di Jurnal Permata UHAMKA menerbitkan hasil penelitian melalui kajian ilmiah berdasarkan pengembangan kerangka teoritis melalui kegiatan penelitan kualitatif, kuantitatif dan campuran.</p> <p>Jurnal permata UHAMKA memiliki fokus dan cakupan pada hasil penelitian pendidikan anak usia dini yang mengkaji; aspek perkembangan anak (nilai moral dan agama, perkembangan fisik motorik, perkembangan sosial emosional, perkembangan kognitif, perkembangan bahasa, pengembangan seni), pengembangan pembelajaran, kurikulum dan inovasi PAUD, layanan PAUD holistik integratif (HI), manajemen pengelolaan pada lembaga PAUD, layanan parenting, evaluasi dan asessment perkembangan pada layanan PAUD, psikologi perkembangan anak, pemberdayaan anak, perlindungan anak,Media pembelajaran dan alat permaianan edukasi, Bermain dan Permaainan, dan berbagati layanan yang berkorelasi dengan PAUD.</p> https://journal.uhamka.ac.id/index.php/permata/article/view/4452 PERBEDAAN PENGETAHUAN ORANG TUA YANG MENGIKUTI DAN TIDAK MENGIKUTI PROGRAM PARENTING TERHADAP ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 4 TEBET JAKARTA SELATAN 2020-02-24T06:00:06+07:00 Annisa Aprilia Raini apriliaannisa9@gmail.com <p><span class="fontstyle2">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengetahuan orang tua yang<br>mengikuti dan tidak mengikuti program </span><span class="fontstyle3">parenting </span><span class="fontstyle2">terhadap anak usia 5-6 tahun di TK<br>Aisyiyah Bustanul Athfal 4 Tebet. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif<br>komparatif. Teknik yang digunakan berupa kuesioner kepada responden. Instrumen yang<br>digunakan dalam penelitian ini berupa Pengetahuan Orang Tua. Populasi penelitian ini<br>berjumlah 61 orang tua. Teknik </span><span class="fontstyle3">sampling </span><span class="fontstyle2">yang digunakan merupakan </span><span class="fontstyle3">sampling </span><span class="fontstyle2">jenuh.<br>Metode penguji hipotesis menggunakan </span><span class="fontstyle3">Mann Whitney. </span><span class="fontstyle2">Hasil penelitian menunjukkan<br>bahwa terdapat perbedaan antara pengetahuan orang tua yang mengikuti dan tidak<br>mengikuti program </span><span class="fontstyle3">parenting</span><span class="fontstyle2">. Perbedaan tersebut dapat ditunjukkan dengan perhitungan<br>menggunakan SPSS 20 uji </span><span class="fontstyle3">Mann Whitney, </span><span class="fontstyle2">yaitu nilai sig. 0,021 lebih kecil 0,05. Oleh<br>karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara pengetahuan orang tua yang<br>mengikuti dan tidak mengikuti program </span><span class="fontstyle3">parenting</span><span class="fontstyle2">.</span></p> 2018-10-01T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2018 https://journal.uhamka.ac.id/index.php/permata/article/view/4453 PENGARUH INTERAKSI SOSIAL DI LINGKUNGAN RUMAH TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PAUD AYAH BUNDA CILILITAN JAKARTA TIMUR 2020-02-24T06:05:06+07:00 Azzahra Nur Rahmah azzahra.nurrahmah@gmail.com <p><span class="fontstyle2">Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh interaksi sosial di lingkungan rumha<br>terhadap perkembangan bahasa anak usia 4-5 tahun di PAUD AYAH BUNDA Jakarta<br>Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode </span><span class="fontstyle3">Survei. </span><span class="fontstyle2">penelitian ini<br>menggunakan dengan pendekatan kuantitatif asaosiatif. Instrumen yang digunakan dalam<br>penelitian ini berupa angket. Pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik </span><span class="fontstyle3">Sampling<br>Jenuh</span><span class="fontstyle2">. Total Populasi penelitian ini berjumlah 34 anak yang ada di PAUD Ayah Bunda<br>Cililitan Jakarta Timur, Sedangkan yang menjadi sampel 34 anak di PAUD Ayah Bunda<br>Cililitan Jakarta Timur karena Penentuan sampel dilakukan dengan terlebih dahulu<br>memastikan bahwa sampel adalah peserta didik yang berada pada rentang usia 4-5 tahun.<br>Uji persamaan regresi linier setelah perlakuan menggunakan </span><span class="fontstyle3">SPSS 20 for Windows</span><span class="fontstyle2">. Haisl<br>perhitungan diperoleh Y = 7,902 + 1,797X dan sig. = 0,000/2 = 0 &lt;0,05 atau Ho ditolak<br>yang artinya terdapat Pengaruh Interaksi Sosial Di Lingkungan Rumah Terhadap<br>Perkembangan Bahasa Anak Usia 4 -5 Tahun Di PAUD Ayah Bunda Cililitan<br>Jakarta Timur. Pengaruh Interaksi Sosial Di Lingkungan Rumah Terhadap Perkembangan<br>Bahasa Anak Usia 4 -5 dapat berkontribusi dilihat dari hasil R (</span><span class="fontstyle3">Adjusted R Square</span><span class="fontstyle2">) yaitu<br>83,8%.</span></p> 2018-10-01T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2018 https://journal.uhamka.ac.id/index.php/permata/article/view/4454 PERBEDAAN KOMPETENSI GURU PAUD YANG BERPENDIDIKAN S1 PAUD DENGAN S1 NON PAUD DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL KOTAMADYA JAKARTA TIMUR 2020-02-24T06:07:36+07:00 Degista Sari degistasari@ymail.com <p><span class="fontstyle2">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kompetensi guru PAUD yang<br>berpendidikan S1 PAUD dengan S1 non PAUD di TK Aisyiyah Bustanul Athfal<br>Kotamadya Jakarta Timur. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif komparatif.<br>Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa kuesioner kepada responden. Instrumen<br>yang digunakan dalam penelitian ini berupa kompetensi profesional guru. populasi<br>penelitian ini berjumlah 44 guru yang seluruhnya diteliti dari 11 sekolah. Teknik </span><span class="fontstyle3">sampling<br></span><span class="fontstyle2">yang digunakan adalah teknik </span><span class="fontstyle3">sampling </span><span class="fontstyle2">jenuh. Metode penguji hipotesis menggunakan uji<br></span><span class="fontstyle3">Mann Whitney. </span><span class="fontstyle2">Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan antara kompetensi<br>profesional guru PAUD yang S1 PAUD dengan S1 non PAUD. Perbedaan tersebut<br>ditunjukkan dengan perhitungan menggunakan SPSS 20 uji </span><span class="fontstyle3">Mann Whitney, </span><span class="fontstyle2">yaitu hasil sig<br>0,000 lebih kecil dari 0,05. Oleh karena itu, hasil penelitian ini disimpulkan bahwa ada<br>perbedaan kompetensi profesional guru PAUD yang Berpendidikan S1 PAUD dengan S1<br>non PAUD.</span></p> 2018-10-01T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2018 https://journal.uhamka.ac.id/index.php/permata/article/view/4455 PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KECERDASAN LOGISMATEMATIS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL KECAMATAN PULO GADUNG JAKARTA TIMUR 2020-02-24T06:20:40+07:00 Eka Fitriani efitriani29@gmail.com <p><span class="fontstyle2">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh Pendekatan<br>Saintifik terhadap Kecerdasan Logis Matematis anak usia 5-6 tahun kecamatan Pulo<br>Gadung. Penelitian ini meggunakan Metode Kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di TK<br>Aisyiyah Bustanul Athfal Jakarta Timur. Populasi penelitian ini berjumlah 87 responden.<br>Sampel yang digunakan berjumlah 71 responden yaitu anak usia 5-6 tahun. Teknik<br></span><span class="fontstyle3">Sampling </span><span class="fontstyle2">yang digunakan adalah </span><span class="fontstyle3">Cluster Sampling </span><span class="fontstyle2">(Area Sampling) dengan kuantitatif<br>dengan metode survei dengan teknik kausal. Setelah data berdistribusi normal dan linear<br>berdasarkan uji normalitas dan uji linieritas, dilanjutkan dengan analisis varian (ANAVA).<br>Berdasarkan hasil perhitungan regresi linear diperoleh v = 0,366 + 0,675X, dan nilai sig =<br>0,000/2 &lt;0,05 yang berarti H</span><span class="fontstyle2">0 </span><span class="fontstyle2">ditolak. Oleh karena itu, hasil penelitian ini disimpulkan<br>bahwa ada hubungan antara pendekatan saintifik terhadap kecerdasan logis-matematis anak<br>usia 5-6 tahun dapat berkontribusi dilihat dari hasil R (</span><span class="fontstyle3">Squere</span><span class="fontstyle2">) yaitu 58,8%.</span></p> 2018-10-01T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2018 https://journal.uhamka.ac.id/index.php/permata/article/view/4456 PERBEDAAN PERKEMBANGAN MORAL DAN AGAMA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ISLAM DAN TK UMUM KECAMATAN CIPAYUNG, KOTAMADYA JAKARTA TIMUR 2020-02-24T06:23:06+07:00 Ima Nurjannah ima.nurjannah94@gmail.com <p><span class="fontstyle2">Perkembangan moral dan agama pada anak usia dini merupakan tahap perkembangan<br>pertama yang harus diperhatikan dalam Satuan Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak<br>yang sudah disahkan kementrian pendidikan pada tahun 2009 dalam meningkatkan<br>pencapaian perkembangan anak usia 0-6 tahun di pembelajaran anak usia prasekolah.<br>Perkembangan ini tidak semata-mata diajarkan oleh guru di sekolah saja tetapi orang tua dan<br>orang dewasa yang ada di sekitar anak, maka orang dewasa di sekitarnya memilki pengaruh<br>penting dalam proses tumbuh kembang anak karena anak belajar dengan cara melihat lalu<br>meniru apa yang orang dewasa lakukan di sekitarnya. Selain itu perkembangan moral dan<br>agama memiliki peran penting dalam kehidupan anak sehari-hari, mulai dari cara bersikap<br>anak terhadap orang yang lebih tua dan teman sebayanya, saling tolong menolong dengan<br>orang lain serta memahami agama yang dianutnya. Membedakan perkembangan moral dan<br>agama di sekolah tempat anak usia dini tumbuh dan berkembang di dalam TK Islam dan TK<br>Umum, bukan perkara mudah dengan latar belakang sekolahnya yang sudah berbeda.<br>Perbedaan ini terlihat jelas dari hasil tabel nilai sig. 0,000 lebih &lt; dari 0,05 maka Ho ditolak<br>dan menolak Ha, karena pembelajaran di TK Islam yang dilakukan di TK Aisyiyah Bustanul<br>Athfal merujuk pada Satuan Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak dan kurikilum<br>Kemuhammadiyahan, sedangakan di TK Umum hanya merujuk pada Satuan Tingkat<br>Pencapaian Perkembangan Anak.</span></p> 2018-10-01T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2018 https://journal.uhamka.ac.id/index.php/permata/article/view/4457 UPAYA MENINGKATAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN FINGER PAINTING PADA KELOMPOK A USIA 4-5 TAHUN DI YAYASAN SEKOLAH ISLAM DILARAF 2020-02-24T06:26:19+07:00 Indah Nawang Sari indahnawang19@yahoo.com <p><span class="fontstyle3">Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak melalu kegiatan </span><span class="fontstyle4">Finger<br>Painting </span><span class="fontstyle3">. penelitian ini dilaksanakan di Yayasan Sekolah Islam Dilaraf Kota Tangerang.<br>Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas . penelitian tindakan kelas ini<br>berlangsung selama 2 (dua) siklus. Siklus I dan II dilakukan untuk kegiatan </span><span class="fontstyle4">Finger Painting<br></span><span class="fontstyle3">upaya dalam meningkatkan kreativitas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah<br>metode observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian ini berjumlah 11 peserta didik terdiri<br>dari 6(enam) perempuan dan 5 (Lima) laki-laki. Bahwa Kegiatan </span><span class="fontstyle4">Finger Painting </span><span class="fontstyle3">adalah<br>salah satu cara untuk meningkatkan kreativitas pada anak . hal ini dapat dilihat dari<br>kolaborator yaitu presentase yang diperoleh pada saat tindakan yang dilakukan oleh peneliti<br>dan mencapai skore 41%, kemudian pada siklus I kompetensi anak meningkat menjadi 61 %<br>dan siklus II kompetensi anak meningkat lagi menjadi 82%. Sedangkan skore rata-rata yang<br>diperoleh pada prasiklus 38, siklus 1 56 dan siklus II 76. Kesimpulannya bahwa melalui<br>kegiatan </span><span class="fontstyle4">Finger Painting </span><span class="fontstyle3">dapat meningkatkan kreativitas anak usia 4-5 tahun di Yayasan<br>Sekolah Islam DILARAF.</span></p> 2018-10-01T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2018 https://journal.uhamka.ac.id/index.php/permata/article/view/4458 PENGARUH PENGETAHUAN ORANG TUA MENGENAI MAKANAN SEHAT TERHADAP POLA MAKAN ANAK USIA 4-6 TAHUN PADA KEGIATAN SNACK TIME DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL KECAMATAN PULO GADUNG JAKARTA TIMUR 2020-02-24T06:31:32+07:00 Maufida Yuliana ymaufida@gmail.com <p><span class="fontstyle2">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pengetahuan orang tua<br>mengenai makanan sehat terhadap pola makan anak usia 4-6 tahun pada kegiatan </span><span class="fontstyle3">Snack Time</span><span class="fontstyle2">.<br>Penelitian ini dilakukan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kecamatan Pulo Gadung Jakarta<br>Timur. Populasi penelitian ini berjumlah 243 responden yaitu orang tua yang mempunyai<br>anak usia 4-6 tahun. Teknik </span><span class="fontstyle3">sampling </span><span class="fontstyle2">yang digunakan adalah </span><span class="fontstyle3">Cluster Sampling (Area<br>Sampling</span><span class="fontstyle2">) dengan sampel sebanyak 151 responden. Jenis penelitian yang digunakan yaitu<br>menggunakan metode pendekatan kuantitatif asosiatif. Setelah data berdistribusi normal dan<br>linear berdasarkan uji normalitas dan uji linearitas, dilanjutkan dengan analisis varians<br></span><span class="fontstyle3">(ANOVA)</span><span class="fontstyle2">. Berdasarkan hasil perhitungan regresi linear diperoleh v = 8,778 + 0,408X, dan<br>nilai sig = 0,000/2 = 0 &lt; 0,05 yang berarti H</span><span class="fontstyle2">0 </span><span class="fontstyle2">ditolak. Oleh karena itu, hasil penelitian ini<br>disimpulkan bahwa ada hubungan antara pengetahuan orang tua mengenai makanan sehat<br>dengan pola makan anak usia 4-6 tahun pada kegiatan </span><span class="fontstyle3">snack time </span><span class="fontstyle2">dan dapat berkontribusi<br>dilihat dari hasil R </span><span class="fontstyle3">(Square) </span><span class="fontstyle2">yaitu 19,7%</span></p> 2018-10-01T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2018 https://journal.uhamka.ac.id/index.php/permata/article/view/4459 MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL PADA USIA 4-5 TAHUN DI PAUD ANGGREK I BEKASI TIMUR 2020-02-24T07:08:34+07:00 Putri Ayu Maryam putriayumaryam@gmail.com <p><span class="fontstyle2">Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia 4-5 tahun<br>di PAUD KB Anggrek I. Pada semester I Tahun Ajaran 2018-2019. Metode penelitian yang<br>digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan MC. Taggart,<br>dilakukan dengan dua siklus setiap siklus terdiri dari 5 kali pertemuan. Setiap langkah terdiri<br>dari 4 langkah, yaitu: a) perencanaan, b) tindakan, c) observasi, d) refleksi.<br>Analisis data kualitatif dilakukan dengan mengamati peningkatan perkembangan kriteria<br>kemampuan motorik kasar anak mulai sebelum siklus sampai siklus ke II. Kriteria<br>kemampuan motorik kasar anak ditetapkan 71% data pra siklus mendapatkan rata-rata 57%,<br>kemudian data siklus I mendapatkan rata-rata persentase sebesar 70%, dan data siklus II<br>diperoleh sebesar 85%. Dari hasil akhir siklus II anak memperoleh hasil tertinggi sebesar<br>97% diperoleh responden RF. Sedangkan yang memperoleh hasil terendah dengan perolehan<br>presentase rata-rata 77% adalah AN. Kesimpulannya bahwa permainan tradisional dapat<br>meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia 4-5 tahun di PAUD KB Anggrek I.<br></span></p> 2018-10-01T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2018 https://journal.uhamka.ac.id/index.php/permata/article/view/4460 PENGARUH PEMBERIAN REWARD TERHADAP KEDISIPLINAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATTHFAL KOTAMADYA JAKARTA TIMUR 2020-02-24T07:25:32+07:00 Rizka Anugerahwaty rizkaaanugerahwaty@gmail.com <p><span class="fontstyle3">TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kotamadya Jakarta Timur pada semester ganjil tahun ajaran<br>2018/2019. Pengambilan sampel yang digunakan yaitu </span><span class="fontstyle4">cluster sampling. </span><span class="fontstyle3">Total populasi<br>pada penelitian ini adalah 110 anak kelompok B dari TK Aisyiyah Bustanul Athfal<br>Kotamadya Jakarta Timur. Sedangkan yang menjadi sampel 86 anak. Jenis penelitian yang<br>digunakan yaitu menggunakan metode pendekatan kuantitatif asosiatif. Adapun cara<br>pengambilan data pada penelitian ini menggunakan penyebaran angket pengaruh pemberian<br></span><span class="fontstyle4">reward </span><span class="fontstyle3">yang berjumlah 21 butir pernyataan dan angket pernyataan kedisiplinan anak usia<br>5-6 tahun berjumlah 22 butir. Namun, setelah melakukan uji validitas maka sisa<br>pernyataannya dari pengaruh pemberian </span><span class="fontstyle4">reward </span><span class="fontstyle3">berjumlah 16 butir, dan angket pernyataan<br>kedisiplinan anak usia 5-6 tahun berjumlah 20 butir. Dapat diketahui hasil analisis data dari<br>persamaan regresi Y= 10,262+1,052X dan nilai sig.= 0,000/2= 0 &lt; 0,05 yang berarti </span><span class="fontstyle0">Ho<br>ditolak </span><span class="fontstyle3">yang artinya terdapat pengaruh pemberian </span><span class="fontstyle4">reward </span><span class="fontstyle3">terhadap kedisiplinan anak usia<br>5-6 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kotamadya Jakarta Timur. Pengaruh pemberian<br></span><span class="fontstyle4">reward </span><span class="fontstyle3">terhadap kedisiplinan anak usia 5-6 tahun dapat berkontribusi dilihat dari hasil R<br>(</span><span class="fontstyle4">Square</span><span class="fontstyle3">) yaitu 34,7%.</span></p> 2018-10-01T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2018 https://journal.uhamka.ac.id/index.php/permata/article/view/4461 PENGARUH PENGASUHAN ORANG TUA YANG BEKERJA TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL KECAMATAN PULO GADUNG JAKARTA TIMUR 2020-02-24T07:29:12+07:00 Rizka Farhatin rizkafar0710@gmail.com <p><span class="fontstyle2">Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh pengasuhan orang tua bekerja terhadap<br>perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Atfhal Kecamatan Pulo<br>Gadung Jakarta Timur pada semester 1 tahun ajaran 2018-2019. Populasi penelitian ini<br>berjumlah 87 responden. Teknik </span><span class="fontstyle3">sampling </span><span class="fontstyle2">yang digunakan adalah teknik </span><span class="fontstyle3">Cluster Sampling<br></span><span class="fontstyle2">dengan istilah </span><span class="fontstyle3">(Area Sampling) </span><span class="fontstyle2">dengan sampel sebanyak 71 responden</span><span class="fontstyle3">. </span><span class="fontstyle2">Penelitian ini<br>menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan metode survei teknik kausal. Setelah<br>data berdistribusi normal dan linier berdasarkan uji normalitas dan uji linieritas, dilanjutkan<br>dengan analisis varians </span><span class="fontstyle3">(ANOVA). </span><span class="fontstyle2">Berdasarkan hasil perhitungan regresi linier diperoleh<br>Y= 28,238 + 0,715X, dan nilai sig= 0,000 &lt; 0,05 yang berarti Ho ditolak. Oleh karena itu,<br>hasil penelitian ini disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara pengasuhan orang tua yang<br>bekerja dengan perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun dan dapat berkontribusi dilihat<br>dari hasil R </span><span class="fontstyle3">(Square) </span><span class="fontstyle2">yaitu 34,0 %.</span></p> 2018-10-01T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2018 https://journal.uhamka.ac.id/index.php/permata/article/view/4462 HUBUNGAN POLA ASUH DEMOKRATIS ORANG TUA DENGAN KEMANDIRIAN ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK TUNAS KUNCIRAN KOTA TANGERANG 2020-02-24T07:35:08+07:00 Siti Septiana Harnasti septianaharnasti@gmail.com <p><span class="fontstyle2">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat atau tidaknya<br>hubungan pola asuh demokratis orang tua terhadap kemandirian anak usia 4-5 tahun.<br>Penelitian ini dilakukan di TK Tunas Kunciran Kota Tangerang. Metode penelitian yang<br>digunakan adalah korelasi. Teknik sampling dilakukan dengan sampel jenuh 38 anak.<br>Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian berupa angket pola asuh<br>demokratis sebanyak 17 butir pernyataan dengan hasil uji reliabilitas sebesar 0,907 dan<br>angket kemandirian anak sebanyak 17 butir pernyataan dengan hasil uji reliabilitas sebesar<br>0,890. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi </span><span class="fontstyle3">product<br>moment.</span><span class="fontstyle2">Hasil dari penelitian ini menggunakan rumus korelasi </span><span class="fontstyle3">product moment </span><span class="fontstyle2">diperoleh<br>rhitung 0,730 dan r tabel 0,444 maka rhitung 0,730 lebih besar dari rtabel 0,444 atau<br>0,730&gt;0,444, dengan demikian memiliki makna bahwa ada hubungan yang kuat antara<br>variabel pola asuh demokratis dengan kemandirian anak dan berarti Ho ditolak dan Ha<br>diterima.</span></p> 2018-10-01T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2018 https://journal.uhamka.ac.id/index.php/permata/article/view/4463 PENGARUH PERATURAN KELAS TERHADAP KEDISIPLINAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI KB TK PKP JAKARTA ISLAMIC SCHOOL CIRACAS JAKARTA TIMUR 2020-02-24T07:40:40+07:00 Titik Anggraeni titikanggraeni45@gmail.com <p><span class="fontstyle2">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari peraturan kelas terhadap<br>kedisiplinan anak usia 5-6 tahun di KB TK PKP Jakarta Islamic School Ciracas Jakarta Timur<br>serta menganalisis faktor yang paling dominan memperngaruhi pada kedisiplinana anak usia<br>5-6 tahun pada semester 1 tahun ajaran 2018-2019. Populasi dalam penelitian ini adalah<br>peserta didik berusia 5-6 tahun di KB TK PKP Jakarta Islamic School sebanyak 38 peserta<br>didik. Sampel yang diambil sebanyak 38 responden dengan menggunakan teknik sampling<br>jenuh, teknik pengambilan sampel berdasarkan populasi yang telah ditentukan terlebih<br>dahulu. Berdasarkan analisis data dan statistik, indikator-indikator pada penelitian ini bersifat<br>valid dan variabelnya bersifat reabel. Pada pengujian asumsi klasik, data berdistribusi<br>normal, homogeny, dan linier. Berdasarkan hasil perhitungan regresi linier, diperoleh<br>koefisien regresi 0,174 dan dengan nilai t</span><span class="fontstyle2">hitung 2,257. </span><span class="fontstyle2">Oleh karena itu, hasil penelitian ini<br>disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara peraturan kelas mengenai kedisiplinan anak<br>usia 5-6 tahun di KB TK PKP Jakarta Islamic School sebesar 17,4 % dan sisanya sebesar<br>82,6 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.<br></span></p> 2018-10-01T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2018 https://journal.uhamka.ac.id/index.php/permata/article/view/4464 PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KEMUHAMMADIYAHAN/KEAISYIYAHAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 21 RAWAMANGUN JAKARTA TIMUR 2020-02-24T08:04:22+07:00 Ulfa Rohdinia ulfa.rohdinia96@gmail.com <p><span class="fontstyle2">Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambarkan empiris tentang pelaksanaan<br>pembelajaran Kemuhammadiyahan/Keaisyiyahan pada anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah<br>Bustanul Athfal 21 Rawamangun Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan<br>deskriptif kualitatif lalu metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tiga<br>cara, yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini dapat<br>disimpulkan dalam beberapa point yaitu: (1) penelitian yang dilaksanakan di TK Aisyiyah<br>Bustanul Athfal 21 Rawamangun Jakarta Timur terkait pelaksanaan program<br>Kemuhammadiyahan/Keaisyiyahan sudah terlaksana dengan baik. Terlihat dari hasil<br>pengamatan deskripsi penulis dan teknik pengumpulan data lainnya dilapangan pelaksanaan<br>pembelajarannyapun sudah terlihat dengan apa yang ada di rapot dan dengan di dukung<br>dengan Rencana Program Pembelajarn Harian (RPPH) dan Rencana Program Pembelajaran<br>Mingguan (RPPM). (2) menggunakan metode-metode yang mudah dipahami oleh anak dan<br>metode praktek langsung dengan berkunjung ke sekolah Muhammadiyah dan Panti Asuhan<br>Muhammadiyah dengan tujuan agar anak mengetahui secara langsung tidak hanya melalui<br>media gambar. (3) Dengan adanya program Kemuhammadiyahan/Keaisyiyahan dapat<br>menjadi kader-kader dan penerus perjuangan persyarikatan Muhammadiyah sejak dini. (4)<br>Seorang guru yang mengajar di TK Aisyiyah Bustanul Athfal pun mendapat pelatihan khusus<br>yang dinamakan Baitul Arkom dengan maksud untuk menambah wawasan dan pengetahuan<br>guru mengenai Muhammadiyah/Aisyiyah, dan dengan adanya nilai-nilai agama yang<br>tertanam membuat banyaknya peminat yang bersekolah di TK Aisyiyah 21 Rawamangun.</span></p> 2018-10-01T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2018 https://journal.uhamka.ac.id/index.php/permata/article/view/4465 PENGARUH KEGIATAN OUTBOUND TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI SEKOLAH PGTK CITRA ALAM CIGANJUR JAKARTA SELATAN 2020-02-24T08:12:14+07:00 Yulia Berlianti yuliaberlianti2807@gmail.com <p><span class="fontstyle3">Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh kegiatan outbound terhadap<br>kepercayaan diri anak usia 5-6 tahun di Sekolah PGTK Citra Alam Ciganjur Jakarta<br>Selatan. Metode dalam penelitian ini adalah metode </span><span class="fontstyle4">Survei. </span><span class="fontstyle3">Jenis penelitian yang<br>digunakan yaitu menggunakan metode pendekatan kuantitatif asosiatif. Adapun cara<br>pengambilan data pada penelitian ini menggunakan penyebaran angket pengaruh kegiatan<br></span><span class="fontstyle4">outbound </span><span class="fontstyle3">yang berjumlah 16 butir pernyataan dan angket pernyataan kepercayaan diri usia<br>5-6 tahun berjumlah 35 butir. Namun setelah melakukan uji validitas maka sisa<br>pernyataannya dari pengaruh kegiatan </span><span class="fontstyle4">outbound </span><span class="fontstyle3">berjumlah 14 butir, dan angket<br>kepercayaan diri anak usia 5-6 tahun berjumlah 28 butir. Dapat diketahui hasil analisis data<br>dari persamaan regresi Y= 41,089 + 0,674X. Dari hasil analisis diperoleh t = 3,912 dan<br>sig= 0,001/2 = 0,0005 &lt; 0,05 maka </span><span class="fontstyle0">H</span><span class="fontstyle0">o </span><span class="fontstyle0">di tolak </span><span class="fontstyle3">yang berarti Ho ditolak yang artinya<br>terdapat pengaruh kegiatan outbound terhadap kepercayaan diri anak di Sekolah PG-TK<br>Citra Alam Ciganjur Jakarta Selatan. Pengaruh kegiatan outbound terhadap kepercayaan<br>diri anak usia 5-6 tahun dapat berkontrobusi dilihat dari hasil R (</span><span class="fontstyle4">Adjusted R Square</span><span class="fontstyle3">) yaitu<br>33,8%<br></span></p> 2018-10-01T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2018