Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh kegiatan outbound terhadap
kepercayaan diri anak usia 5-6 tahun di Sekolah PGTK Citra Alam Ciganjur Jakarta
Selatan. Metode dalam penelitian ini adalah metode Survei. Jenis penelitian yang
digunakan yaitu menggunakan metode pendekatan kuantitatif asosiatif. Adapun cara
pengambilan data pada penelitian ini menggunakan penyebaran angket pengaruh kegiatan
outbound yang berjumlah 16 butir pernyataan dan angket pernyataan kepercayaan diri usia
5-6 tahun berjumlah 35 butir. Namun setelah melakukan uji validitas maka sisa
pernyataannya dari pengaruh kegiatan outbound berjumlah 14 butir, dan angket
kepercayaan diri anak usia 5-6 tahun berjumlah 28 butir. Dapat diketahui hasil analisis data
dari persamaan regresi Y= 41,089 + 0,674X. Dari hasil analisis diperoleh t = 3,912 dan
sig= 0,001/2 = 0,0005 < 0,05 maka Ho di tolak yang berarti Ho ditolak yang artinya
terdapat pengaruh kegiatan outbound terhadap kepercayaan diri anak di Sekolah PG-TK
Citra Alam Ciganjur Jakarta Selatan. Pengaruh kegiatan outbound terhadap kepercayaan
diri anak usia 5-6 tahun dapat berkontrobusi dilihat dari hasil R (Adjusted R Square) yaitu
33,8%

Keywords

outbound, kepercayaan diri, anak usia 5-6 tahun

Article Details

References

    Asti Badiatul Muchlisin. Fun Outbound.
    Yogjakarta: Diva Press.2009
    Ancok Djamaluddin. Outbound
    Management Training Aplikasi Ilmu
    Perilaku Dalam Pengembangan
    Sumber Daya Manusia. Yogjakarta:
    UII Pers. 2002.
    Agustinus Susanta. Outbound Profesional
    Pengertian,Prinsip
    Perancangan&Panduan
    Pelaksanaan. Yogyakarta: CV Andi
    Offset.2010
    Ghufron M. Nur & Rini Risnawita. Teoriteori Psikologi. Yogjakarta: ARRUZZ Media.2012
    Abdullah Bin Abbas. Kiat Mengatasi
    Stres Anak melalui Sikap Kasih
    Sayang Orang Tua. Jakarta: Restu
    Agung. 2007
    Pongky Setiawan. Siapa Takut Tampil
    Percaya Diri?. Yogyakarta:
    Parasmu.2014
    Mulyono & Badiatul Muchlisin Asti.
    Smart Games For Outbound
    Training. Yogjakarta: Diva
    Press.2008.
    Saeful Zaman. Games Kreatif Pemilihan
    Untuk Meningkatkan Potensi Diri
    & Kelompok. Ciganjur Jakarta
    Selatan: Gagas Media.2010.
    Sugianto Mayke. Bermain, Mainan dan
    Permainan. Jakarta: Depdikbud
    Direktorat Jenderal Pendidikan
    Tinggi.1995.
    B.R Hergenhan, Matthew H.Olson.
    Theories Of Learning (Teori
    Belajar) Jakarta: Kencana Prenada
    Grup.2008.
    William Crain. Teori Perkembangan
    Konsep Dan Aplikasi. Yogyakarta:
    Pustaka Pelajar.2014.
    Prof. Dr. Sugiyono. Metode Penelitian
    Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,
    Kulitatif, dan R&D., Bandung :
    Alfabeta.2015.
    Prof. Dr. A. Muri Yusuf, MM. Metode
    Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif,
    Dan Penelitian Gabungan., Jakarta :
    Prenada.2015.
    Prasetya Irawan. Penelitian Kualitatif &
    Kuantitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial,
    Depok.2006.
    Ridwan , Belajar mudah Penelitian Untuk
    Guru-Karyawan dan Peneliti
    Muda., Bandung:Alfabeta. 2009.
    JURNAL
    Luluk Iffatur Rahmah. 2012.
    Model Pembelajaran Outbound Untuk
    Anak Usia Dini. Jurnal
    Pembelajaran Outbound, Vol. 1,
    No. 2. Diunduh 21 Oktober 2017
    Ika Budi Maryatun M.Pd. 2013.
    Pemanfataan Kegiatan Outbound
    Untuk Melatih Kerjasama (Sebagai
    Moral Behavior) Anak Taman
    Kanak-Kanak. Jurnal Kegiatan
    Outbound Taman Kanak-Kanak.
    Diunduh 17 April 2018.
    Sri Wahyuni. 2014. Hubungan Antara
    Kepercayaan Diri Dengan
    Kecemasan Berbicara Di Depan
    Umum. Jurnal Psikologi.
    Siska, Sudarjo & Esti Hayu
    Purnamaningsih. Kepercayaan Diri
    Dan Kecemasan Komunikasi
    Interpersonal. Jurnal Psikologi.
    Diunduh 28 Juni 2018.
    Umar Totong. Pengaruh Outbound
    Training Terhadap Kepercayaan
    Diri Kepemimpinan Dan Kerjasama
    Tim. Jurnal Outbound. Diunduh 1
    April 2017.
    Diva Widyaningtyas & M.Farid. Jurnal
    Pengaruh Experiental Learning
    Terhadap Kepercayaan Diri Dan
    Kerjasama Tim Remaja. 2014. No
    03. Vol 3. Universitas Darul’Umum
    Jombang. Diunduh 6 September
    2018.
    Aulia Hapsari & Emiliana Primastuti.
    Jurnal Kepercayaan Diri Mahasiswi
    Papua Ditinjau Dari Dukungan
    Teman Sebaya. Tahun 2014. No 1.
    Vol 13,. Fakultas Psikologi
    Universitas Khatolik Soegijapranata
    Semarang