Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh kegiatan outbound terhadap
kepercayaan diri anak usia 5-6 tahun di Sekolah PGTK Citra Alam Ciganjur Jakarta
Selatan. Metode dalam penelitian ini adalah metode Survei. Jenis penelitian yang
digunakan yaitu menggunakan metode pendekatan kuantitatif asosiatif. Adapun cara
pengambilan data pada penelitian ini menggunakan penyebaran angket pengaruh kegiatan
outbound yang berjumlah 16 butir pernyataan dan angket pernyataan kepercayaan diri usia
5-6 tahun berjumlah 35 butir. Namun setelah melakukan uji validitas maka sisa
pernyataannya dari pengaruh kegiatan outbound berjumlah 14 butir, dan angket
kepercayaan diri anak usia 5-6 tahun berjumlah 28 butir. Dapat diketahui hasil analisis data
dari persamaan regresi Y= 41,089 + 0,674X. Dari hasil analisis diperoleh t = 3,912 dan
sig= 0,001/2 = 0,0005 < 0,05 maka Ho di tolak yang berarti Ho ditolak yang artinya
terdapat pengaruh kegiatan outbound terhadap kepercayaan diri anak di Sekolah PG-TK
Citra Alam Ciganjur Jakarta Selatan. Pengaruh kegiatan outbound terhadap kepercayaan
diri anak usia 5-6 tahun dapat berkontrobusi dilihat dari hasil R (Adjusted R Square) yaitu
33,8%
Keywords
Article Details
References
-
Asti Badiatul Muchlisin. Fun Outbound.
Yogjakarta: Diva Press.2009
Ancok Djamaluddin. Outbound
Management Training Aplikasi Ilmu
Perilaku Dalam Pengembangan
Sumber Daya Manusia. Yogjakarta:
UII Pers. 2002.
Agustinus Susanta. Outbound Profesional
Pengertian,Prinsip
Perancangan&Panduan
Pelaksanaan. Yogyakarta: CV Andi
Offset.2010
Ghufron M. Nur & Rini Risnawita. Teoriteori Psikologi. Yogjakarta: ARRUZZ Media.2012
Abdullah Bin Abbas. Kiat Mengatasi
Stres Anak melalui Sikap Kasih
Sayang Orang Tua. Jakarta: Restu
Agung. 2007
Pongky Setiawan. Siapa Takut Tampil
Percaya Diri?. Yogyakarta:
Parasmu.2014
Mulyono & Badiatul Muchlisin Asti.
Smart Games For Outbound
Training. Yogjakarta: Diva
Press.2008.
Saeful Zaman. Games Kreatif Pemilihan
Untuk Meningkatkan Potensi Diri
& Kelompok. Ciganjur Jakarta
Selatan: Gagas Media.2010.
Sugianto Mayke. Bermain, Mainan dan
Permainan. Jakarta: Depdikbud
Direktorat Jenderal Pendidikan
Tinggi.1995.
B.R Hergenhan, Matthew H.Olson.
Theories Of Learning (Teori
Belajar) Jakarta: Kencana Prenada
Grup.2008.
William Crain. Teori Perkembangan
Konsep Dan Aplikasi. Yogyakarta:
Pustaka Pelajar.2014.
Prof. Dr. Sugiyono. Metode Penelitian
Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,
Kulitatif, dan R&D., Bandung :
Alfabeta.2015.
Prof. Dr. A. Muri Yusuf, MM. Metode
Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif,
Dan Penelitian Gabungan., Jakarta :
Prenada.2015.
Prasetya Irawan. Penelitian Kualitatif &
Kuantitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial,
Depok.2006.
Ridwan , Belajar mudah Penelitian Untuk
Guru-Karyawan dan Peneliti
Muda., Bandung:Alfabeta. 2009.
JURNAL
Luluk Iffatur Rahmah. 2012.
Model Pembelajaran Outbound Untuk
Anak Usia Dini. Jurnal
Pembelajaran Outbound, Vol. 1,
No. 2. Diunduh 21 Oktober 2017
Ika Budi Maryatun M.Pd. 2013.
Pemanfataan Kegiatan Outbound
Untuk Melatih Kerjasama (Sebagai
Moral Behavior) Anak Taman
Kanak-Kanak. Jurnal Kegiatan
Outbound Taman Kanak-Kanak.
Diunduh 17 April 2018.
Sri Wahyuni. 2014. Hubungan Antara
Kepercayaan Diri Dengan
Kecemasan Berbicara Di Depan
Umum. Jurnal Psikologi.
Siska, Sudarjo & Esti Hayu
Purnamaningsih. Kepercayaan Diri
Dan Kecemasan Komunikasi
Interpersonal. Jurnal Psikologi.
Diunduh 28 Juni 2018.
Umar Totong. Pengaruh Outbound
Training Terhadap Kepercayaan
Diri Kepemimpinan Dan Kerjasama
Tim. Jurnal Outbound. Diunduh 1
April 2017.
Diva Widyaningtyas & M.Farid. Jurnal
Pengaruh Experiental Learning
Terhadap Kepercayaan Diri Dan
Kerjasama Tim Remaja. 2014. No
03. Vol 3. Universitas Darul'Umum
Jombang. Diunduh 6 September
2018.
Aulia Hapsari & Emiliana Primastuti.
Jurnal Kepercayaan Diri Mahasiswi
Papua Ditinjau Dari Dukungan
Teman Sebaya. Tahun 2014. No 1.
Vol 13,. Fakultas Psikologi
Universitas Khatolik Soegijapranata
Semarang
References
Yogjakarta: Diva Press.2009
Ancok Djamaluddin. Outbound
Management Training Aplikasi Ilmu
Perilaku Dalam Pengembangan
Sumber Daya Manusia. Yogjakarta:
UII Pers. 2002.
Agustinus Susanta. Outbound Profesional
Pengertian,Prinsip
Perancangan&Panduan
Pelaksanaan. Yogyakarta: CV Andi
Offset.2010
Ghufron M. Nur & Rini Risnawita. Teoriteori Psikologi. Yogjakarta: ARRUZZ Media.2012
Abdullah Bin Abbas. Kiat Mengatasi
Stres Anak melalui Sikap Kasih
Sayang Orang Tua. Jakarta: Restu
Agung. 2007
Pongky Setiawan. Siapa Takut Tampil
Percaya Diri?. Yogyakarta:
Parasmu.2014
Mulyono & Badiatul Muchlisin Asti.
Smart Games For Outbound
Training. Yogjakarta: Diva
Press.2008.
Saeful Zaman. Games Kreatif Pemilihan
Untuk Meningkatkan Potensi Diri
& Kelompok. Ciganjur Jakarta
Selatan: Gagas Media.2010.
Sugianto Mayke. Bermain, Mainan dan
Permainan. Jakarta: Depdikbud
Direktorat Jenderal Pendidikan
Tinggi.1995.
B.R Hergenhan, Matthew H.Olson.
Theories Of Learning (Teori
Belajar) Jakarta: Kencana Prenada
Grup.2008.
William Crain. Teori Perkembangan
Konsep Dan Aplikasi. Yogyakarta:
Pustaka Pelajar.2014.
Prof. Dr. Sugiyono. Metode Penelitian
Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,
Kulitatif, dan R&D., Bandung :
Alfabeta.2015.
Prof. Dr. A. Muri Yusuf, MM. Metode
Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif,
Dan Penelitian Gabungan., Jakarta :
Prenada.2015.
Prasetya Irawan. Penelitian Kualitatif &
Kuantitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial,
Depok.2006.
Ridwan , Belajar mudah Penelitian Untuk
Guru-Karyawan dan Peneliti
Muda., Bandung:Alfabeta. 2009.
JURNAL
Luluk Iffatur Rahmah. 2012.
Model Pembelajaran Outbound Untuk
Anak Usia Dini. Jurnal
Pembelajaran Outbound, Vol. 1,
No. 2. Diunduh 21 Oktober 2017
Ika Budi Maryatun M.Pd. 2013.
Pemanfataan Kegiatan Outbound
Untuk Melatih Kerjasama (Sebagai
Moral Behavior) Anak Taman
Kanak-Kanak. Jurnal Kegiatan
Outbound Taman Kanak-Kanak.
Diunduh 17 April 2018.
Sri Wahyuni. 2014. Hubungan Antara
Kepercayaan Diri Dengan
Kecemasan Berbicara Di Depan
Umum. Jurnal Psikologi.
Siska, Sudarjo & Esti Hayu
Purnamaningsih. Kepercayaan Diri
Dan Kecemasan Komunikasi
Interpersonal. Jurnal Psikologi.
Diunduh 28 Juni 2018.
Umar Totong. Pengaruh Outbound
Training Terhadap Kepercayaan
Diri Kepemimpinan Dan Kerjasama
Tim. Jurnal Outbound. Diunduh 1
April 2017.
Diva Widyaningtyas & M.Farid. Jurnal
Pengaruh Experiental Learning
Terhadap Kepercayaan Diri Dan
Kerjasama Tim Remaja. 2014. No
03. Vol 3. Universitas Darul'Umum
Jombang. Diunduh 6 September
2018.
Aulia Hapsari & Emiliana Primastuti.
Jurnal Kepercayaan Diri Mahasiswi
Papua Ditinjau Dari Dukungan
Teman Sebaya. Tahun 2014. No 1.
Vol 13,. Fakultas Psikologi
Universitas Khatolik Soegijapranata
Semarang