Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambarkan empiris tentang pelaksanaan
pembelajaran Kemuhammadiyahan/Keaisyiyahan pada anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah
Bustanul Athfal 21 Rawamangun Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan
deskriptif kualitatif lalu metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tiga
cara, yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini dapat
disimpulkan dalam beberapa point yaitu: (1) penelitian yang dilaksanakan di TK Aisyiyah
Bustanul Athfal 21 Rawamangun Jakarta Timur terkait pelaksanaan program
Kemuhammadiyahan/Keaisyiyahan sudah terlaksana dengan baik. Terlihat dari hasil
pengamatan deskripsi penulis dan teknik pengumpulan data lainnya dilapangan pelaksanaan
pembelajarannyapun sudah terlihat dengan apa yang ada di rapot dan dengan di dukung
dengan Rencana Program Pembelajarn Harian (RPPH) dan Rencana Program Pembelajaran
Mingguan (RPPM). (2) menggunakan metode-metode yang mudah dipahami oleh anak dan
metode praktek langsung dengan berkunjung ke sekolah Muhammadiyah dan Panti Asuhan
Muhammadiyah dengan tujuan agar anak mengetahui secara langsung tidak hanya melalui
media gambar. (3) Dengan adanya program Kemuhammadiyahan/Keaisyiyahan dapat
menjadi kader-kader dan penerus perjuangan persyarikatan Muhammadiyah sejak dini. (4)
Seorang guru yang mengajar di TK Aisyiyah Bustanul Athfal pun mendapat pelatihan khusus
yang dinamakan Baitul Arkom dengan maksud untuk menambah wawasan dan pengetahuan
guru mengenai Muhammadiyah/Aisyiyah, dan dengan adanya nilai-nilai agama yang
tertanam membuat banyaknya peminat yang bersekolah di TK Aisyiyah 21 Rawamangun.
Keywords
Article Details
References
-
Prasetya, Irawan. 2006. Penelitian
Kualitatif & Kuantitatif. Universitas
Indonesia
Sugiyono, 2015. Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Bandung: Alfabeta
Uhamka, 2014. Pedoman Penulisan
Karya Ilmiah Skripsi, Artikel, dan
Makalah. Jakarta: UHAMKA
Hamdani, 2011. Strategi Belajar
Mengajar. Bandung: CV Pustaka
Setia
Rusman, 2011. Model-model
Pembelajaran Mengembangkan
Profesionalisme Guru. Jakarta: PT
Raja Grafindo
Kaniah, 2017. 9 Metode Pembelajaran
Efektif & Menyenangkan.
Yogyakarta: Anggota IKAPI
Yuliani, Nurani. 2009. Konsep Dasar
Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta:
Indeks
Herry widyastono, Jurnal Pendidikan dan
Kebudayaan: "Model Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran”. No.
069. Thn 2007
Ika Setya Wati, Jurnal Swarnadwipa:
"Peran Siti Walidah di Bidang
Sosial Dalam Perkembangan
Aisyiyah Tahun 1917-1946”. Vol 1,
No. 2. UMM, Thn 2017
Masitoh. 2012. Strategi Pembelajaran TK.
Tangerang Selatan: Universitas
Terbuka.
PP `Aisyiyah Majelis Dikdasmen. 2012.
Kurikulum Pedoman dan Model
Pembelajaran Paud Aisyiyah.
Jakarta Selatan
Margono Poespo Suwarno, 2005. Gerakan
Islam Muhammadiyah cetakan ke
lima, Yogyakarta
MT. Arifin, 1990. Muhammadiyah potret
yang berubah, (Surakarta,institute
gelanggang pemikiran filsafat)
Sari, Zamah. dkk., 2013.
Kemuhammadiyahan Untuk
Perguruan Tinggi. Jakarta: Uhamka
Press
Zakiyuddin Baidhawy, 2001. Studi
Kemuhamamdiyah Kajian Historis
Ideologi dan organisasi,(Surakarta,
Lembaga Studi Islam(LSI)
H.S. Pujdjokusumo, 1988.
Muhammadiyah apa dan
bagaiamana. Jakarta: AMB
A.R. Fachruddin, 1985. tigapuluh
pedoman anggota
muhammadiyah, Jakarta: harapan
melati
PP`Aisyiyah Majelis Dikdasmen. 2007.
pengembangan ke`Aisyiyahankemuhammadiyahan taman kanakkanak aisyiyah bustanul athfal
References
Kualitatif & Kuantitatif. Universitas
Indonesia
Sugiyono, 2015. Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Bandung: Alfabeta
Uhamka, 2014. Pedoman Penulisan
Karya Ilmiah Skripsi, Artikel, dan
Makalah. Jakarta: UHAMKA
Hamdani, 2011. Strategi Belajar
Mengajar. Bandung: CV Pustaka
Setia
Rusman, 2011. Model-model
Pembelajaran Mengembangkan
Profesionalisme Guru. Jakarta: PT
Raja Grafindo
Kaniah, 2017. 9 Metode Pembelajaran
Efektif & Menyenangkan.
Yogyakarta: Anggota IKAPI
Yuliani, Nurani. 2009. Konsep Dasar
Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta:
Indeks
Herry widyastono, Jurnal Pendidikan dan
Kebudayaan: "Model Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran”. No.
069. Thn 2007
Ika Setya Wati, Jurnal Swarnadwipa:
"Peran Siti Walidah di Bidang
Sosial Dalam Perkembangan
Aisyiyah Tahun 1917-1946”. Vol 1,
No. 2. UMM, Thn 2017
Masitoh. 2012. Strategi Pembelajaran TK.
Tangerang Selatan: Universitas
Terbuka.
PP `Aisyiyah Majelis Dikdasmen. 2012.
Kurikulum Pedoman dan Model
Pembelajaran Paud Aisyiyah.
Jakarta Selatan
Margono Poespo Suwarno, 2005. Gerakan
Islam Muhammadiyah cetakan ke
lima, Yogyakarta
MT. Arifin, 1990. Muhammadiyah potret
yang berubah, (Surakarta,institute
gelanggang pemikiran filsafat)
Sari, Zamah. dkk., 2013.
Kemuhammadiyahan Untuk
Perguruan Tinggi. Jakarta: Uhamka
Press
Zakiyuddin Baidhawy, 2001. Studi
Kemuhamamdiyah Kajian Historis
Ideologi dan organisasi,(Surakarta,
Lembaga Studi Islam(LSI)
H.S. Pujdjokusumo, 1988.
Muhammadiyah apa dan
bagaiamana. Jakarta: AMB
A.R. Fachruddin, 1985. tigapuluh
pedoman anggota
muhammadiyah, Jakarta: harapan
melati
PP`Aisyiyah Majelis Dikdasmen. 2007.
pengembangan ke`Aisyiyahankemuhammadiyahan taman kanakkanak aisyiyah bustanul athfal