Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambarkan empiris tentang pelaksanaan
pembelajaran Kemuhammadiyahan/Keaisyiyahan pada anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah
Bustanul Athfal 21 Rawamangun Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan
deskriptif kualitatif lalu metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tiga
cara, yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini dapat
disimpulkan dalam beberapa point yaitu: (1) penelitian yang dilaksanakan di TK Aisyiyah
Bustanul Athfal 21 Rawamangun Jakarta Timur terkait pelaksanaan program
Kemuhammadiyahan/Keaisyiyahan sudah terlaksana dengan baik. Terlihat dari hasil
pengamatan deskripsi penulis dan teknik pengumpulan data lainnya dilapangan pelaksanaan
pembelajarannyapun sudah terlihat dengan apa yang ada di rapot dan dengan di dukung
dengan Rencana Program Pembelajarn Harian (RPPH) dan Rencana Program Pembelajaran
Mingguan (RPPM). (2) menggunakan metode-metode yang mudah dipahami oleh anak dan
metode praktek langsung dengan berkunjung ke sekolah Muhammadiyah dan Panti Asuhan
Muhammadiyah dengan tujuan agar anak mengetahui secara langsung tidak hanya melalui
media gambar. (3) Dengan adanya program Kemuhammadiyahan/Keaisyiyahan dapat
menjadi kader-kader dan penerus perjuangan persyarikatan Muhammadiyah sejak dini. (4)
Seorang guru yang mengajar di TK Aisyiyah Bustanul Athfal pun mendapat pelatihan khusus
yang dinamakan Baitul Arkom dengan maksud untuk menambah wawasan dan pengetahuan
guru mengenai Muhammadiyah/Aisyiyah, dan dengan adanya nilai-nilai agama yang
tertanam membuat banyaknya peminat yang bersekolah di TK Aisyiyah 21 Rawamangun.

Keywords

pembelajaran, muhammadiyah, aisyiyah

Article Details

References

  1. Prasetya, Irawan. 2006. Penelitian
  2. Kualitatif & Kuantitatif. Universitas
  3. Indonesia
  4. Sugiyono, 2015. Metode Penelitian
  5. Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
  6. Bandung: Alfabeta
  7. Uhamka, 2014. Pedoman Penulisan
  8. Karya Ilmiah Skripsi, Artikel, dan
  9. Makalah. Jakarta: UHAMKA
  10. Hamdani, 2011. Strategi Belajar
  11. Mengajar. Bandung: CV Pustaka
  12. Setia
  13. Rusman, 2011. Model-model
  14. Pembelajaran Mengembangkan
  15. Profesionalisme Guru. Jakarta: PT
  16. Raja Grafindo
  17. Kaniah, 2017. 9 Metode Pembelajaran
  18. Efektif & Menyenangkan.
  19. Yogyakarta: Anggota IKAPI
  20. Yuliani, Nurani. 2009. Konsep Dasar
  21. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta:
  22. Indeks
  23. Herry widyastono, Jurnal Pendidikan dan
  24. Kebudayaan: “Model Rencana
  25. Pelaksanaan Pembelajaran”. No.
  26. 069. Thn 2007
  27. Ika Setya Wati, Jurnal Swarnadwipa:
  28. “Peran Siti Walidah di Bidang
  29. Sosial Dalam Perkembangan
  30. Aisyiyah Tahun 1917-1946”. Vol 1,
  31. No. 2. UMM, Thn 2017
  32. Masitoh. 2012. Strategi Pembelajaran TK.
  33. Tangerang Selatan: Universitas
  34. Terbuka.
  35. PP `Aisyiyah Majelis Dikdasmen. 2012.
  36. Kurikulum Pedoman dan Model
  37. Pembelajaran Paud Aisyiyah.
  38. Jakarta Selatan
  39. Margono Poespo Suwarno, 2005. Gerakan
  40. Islam Muhammadiyah cetakan ke
  41. lima, Yogyakarta
  42. MT. Arifin, 1990. Muhammadiyah potret
  43. yang berubah, (Surakarta,institute
  44. gelanggang pemikiran filsafat)
  45. Sari, Zamah. dkk., 2013.
  46. Kemuhammadiyahan Untuk
  47. Perguruan Tinggi. Jakarta: Uhamka
  48. Press
  49. Zakiyuddin Baidhawy, 2001. Studi
  50. Kemuhamamdiyah Kajian Historis
  51. Ideologi dan organisasi,(Surakarta,
  52. Lembaga Studi Islam(LSI)
  53. H.S. Pujdjokusumo, 1988.
  54. Muhammadiyah apa dan
  55. bagaiamana. Jakarta: AMB
  56. A.R. Fachruddin, 1985. tigapuluh
  57. pedoman anggota
  58. muhammadiyah, Jakarta: harapan
  59. melati
  60. PP`Aisyiyah Majelis Dikdasmen. 2007.
  61. pengembangan ke`Aisyiyahankemuhammadiyahan taman kanakkanak aisyiyah bustanul athfal