Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambarkan empiris tentang pelaksanaan
pembelajaran Kemuhammadiyahan/Keaisyiyahan pada anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah
Bustanul Athfal 21 Rawamangun Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan
deskriptif kualitatif lalu metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tiga
cara, yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini dapat
disimpulkan dalam beberapa point yaitu: (1) penelitian yang dilaksanakan di TK Aisyiyah
Bustanul Athfal 21 Rawamangun Jakarta Timur terkait pelaksanaan program
Kemuhammadiyahan/Keaisyiyahan sudah terlaksana dengan baik. Terlihat dari hasil
pengamatan deskripsi penulis dan teknik pengumpulan data lainnya dilapangan pelaksanaan
pembelajarannyapun sudah terlihat dengan apa yang ada di rapot dan dengan di dukung
dengan Rencana Program Pembelajarn Harian (RPPH) dan Rencana Program Pembelajaran
Mingguan (RPPM). (2) menggunakan metode-metode yang mudah dipahami oleh anak dan
metode praktek langsung dengan berkunjung ke sekolah Muhammadiyah dan Panti Asuhan
Muhammadiyah dengan tujuan agar anak mengetahui secara langsung tidak hanya melalui
media gambar. (3) Dengan adanya program Kemuhammadiyahan/Keaisyiyahan dapat
menjadi kader-kader dan penerus perjuangan persyarikatan Muhammadiyah sejak dini. (4)
Seorang guru yang mengajar di TK Aisyiyah Bustanul Athfal pun mendapat pelatihan khusus
yang dinamakan Baitul Arkom dengan maksud untuk menambah wawasan dan pengetahuan
guru mengenai Muhammadiyah/Aisyiyah, dan dengan adanya nilai-nilai agama yang
tertanam membuat banyaknya peminat yang bersekolah di TK Aisyiyah 21 Rawamangun.

Keywords

pembelajaran, muhammadiyah, aisyiyah

Article Details

References

    Prasetya, Irawan. 2006. Penelitian
    Kualitatif & Kuantitatif. Universitas
    Indonesia
    Sugiyono, 2015. Metode Penelitian
    Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
    Bandung: Alfabeta
    Uhamka, 2014. Pedoman Penulisan
    Karya Ilmiah Skripsi, Artikel, dan
    Makalah. Jakarta: UHAMKA
    Hamdani, 2011. Strategi Belajar
    Mengajar. Bandung: CV Pustaka
    Setia
    Rusman, 2011. Model-model
    Pembelajaran Mengembangkan
    Profesionalisme Guru. Jakarta: PT
    Raja Grafindo
    Kaniah, 2017. 9 Metode Pembelajaran
    Efektif & Menyenangkan.
    Yogyakarta: Anggota IKAPI
    Yuliani, Nurani. 2009. Konsep Dasar
    Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta:
    Indeks
    Herry widyastono, Jurnal Pendidikan dan
    Kebudayaan: “Model Rencana
    Pelaksanaan Pembelajaran”. No.
    069. Thn 2007
    Ika Setya Wati, Jurnal Swarnadwipa:
    “Peran Siti Walidah di Bidang
    Sosial Dalam Perkembangan
    Aisyiyah Tahun 1917-1946”. Vol 1,
    No. 2. UMM, Thn 2017
    Masitoh. 2012. Strategi Pembelajaran TK.
    Tangerang Selatan: Universitas
    Terbuka.
    PP `Aisyiyah Majelis Dikdasmen. 2012.
    Kurikulum Pedoman dan Model
    Pembelajaran Paud Aisyiyah.
    Jakarta Selatan
    Margono Poespo Suwarno, 2005. Gerakan
    Islam Muhammadiyah cetakan ke
    lima, Yogyakarta
    MT. Arifin, 1990. Muhammadiyah potret
    yang berubah, (Surakarta,institute
    gelanggang pemikiran filsafat)
    Sari, Zamah. dkk., 2013.
    Kemuhammadiyahan Untuk
    Perguruan Tinggi. Jakarta: Uhamka
    Press
    Zakiyuddin Baidhawy, 2001. Studi
    Kemuhamamdiyah Kajian Historis
    Ideologi dan organisasi,(Surakarta,
    Lembaga Studi Islam(LSI)
    H.S. Pujdjokusumo, 1988.
    Muhammadiyah apa dan
    bagaiamana. Jakarta: AMB
    A.R. Fachruddin, 1985. tigapuluh
    pedoman anggota
    muhammadiyah, Jakarta: harapan
    melati
    PP`Aisyiyah Majelis Dikdasmen. 2007.
    pengembangan ke`Aisyiyahankemuhammadiyahan taman kanakkanak aisyiyah bustanul athfal