Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari peraturan kelas terhadap
kedisiplinan anak usia 5-6 tahun di KB TK PKP Jakarta Islamic School Ciracas Jakarta Timur
serta menganalisis faktor yang paling dominan memperngaruhi pada kedisiplinana anak usia
5-6 tahun pada semester 1 tahun ajaran 2018-2019. Populasi dalam penelitian ini adalah
peserta didik berusia 5-6 tahun di KB TK PKP Jakarta Islamic School sebanyak 38 peserta
didik. Sampel yang diambil sebanyak 38 responden dengan menggunakan teknik sampling
jenuh, teknik pengambilan sampel berdasarkan populasi yang telah ditentukan terlebih
dahulu. Berdasarkan analisis data dan statistik, indikator-indikator pada penelitian ini bersifat
valid dan variabelnya bersifat reabel. Pada pengujian asumsi klasik, data berdistribusi
normal, homogeny, dan linier. Berdasarkan hasil perhitungan regresi linier, diperoleh
koefisien regresi 0,174 dan dengan nilai thitung 2,257. Oleh karena itu, hasil penelitian ini
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara peraturan kelas mengenai kedisiplinan anak
usia 5-6 tahun di KB TK PKP Jakarta Islamic School sebesar 17,4 % dan sisanya sebesar
82,6 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Keywords

Peraturan kelas, Kedisiplinan, pendidikan anak usia dini

Article Details

References

Read More