Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari peraturan kelas terhadap
kedisiplinan anak usia 5-6 tahun di KB TK PKP Jakarta Islamic School Ciracas Jakarta Timur
serta menganalisis faktor yang paling dominan memperngaruhi pada kedisiplinana anak usia
5-6 tahun pada semester 1 tahun ajaran 2018-2019. Populasi dalam penelitian ini adalah
peserta didik berusia 5-6 tahun di KB TK PKP Jakarta Islamic School sebanyak 38 peserta
didik. Sampel yang diambil sebanyak 38 responden dengan menggunakan teknik sampling
jenuh, teknik pengambilan sampel berdasarkan populasi yang telah ditentukan terlebih
dahulu. Berdasarkan analisis data dan statistik, indikator-indikator pada penelitian ini bersifat
valid dan variabelnya bersifat reabel. Pada pengujian asumsi klasik, data berdistribusi
normal, homogeny, dan linier. Berdasarkan hasil perhitungan regresi linier, diperoleh
koefisien regresi 0,174 dan dengan nilai thitung 2,257. Oleh karena itu, hasil penelitian ini
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara peraturan kelas mengenai kedisiplinan anak
usia 5-6 tahun di KB TK PKP Jakarta Islamic School sebesar 17,4 % dan sisanya sebesar
82,6 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Keywords

Peraturan kelas, Kedisiplinan, pendidikan anak usia dini

Article Details

References

    Ahmad Rustam. 2016. Dasar-dasar
    statistik dilengkapi analisis dengan
    bantuan excel dan spss 20. Kolaka:
    Putri Yolanda
    Ahmad Susanto. 2017.Pendekatan Anak
    Usia Dini (Konsep dan Teori).
    Jakarta. PT Bumi Aksara.
    Ahmad Susanto. Perkembangan Anak
    Usia Dini. 2011.Jakarta: Kencana
    Prenada Media Group.
    H.A Tabrani Ruslan, Lalan Suherlan, H.
    Slamet. Membangun Disiplin
    Karakter Anak Bangsa.
    Jakarta.2017.Jakarta.PT Gilang
    Saputra Perkasa. Martin Garry. Pear
    Joseph. Modifikasi Perilaku Makna
    Dan Penerapannya. 2015.
    Yogyakarta. Pustaka Pelajar.
    Misbahudin dan Iqbal Hasan.
    2013.Analisis Data Penelitiann
    Dengan Statistic. Jakarta: Bumi
    Aksara
    Maman Rachman. Manajemen Kelas.
    Jakarta 1998/1999 Departemen
    Pendidikan Dan Kebudayaan
    Direktorat Jenderal Penddikan
    Tinggi Proyek Pendidikan Guru
    Sekolah Dasar.
    Hurlock Elizabeth(yang telah dilaih
    bahasakan oleh Istiwidayanti &
    Soedjarwo), Psikologi
    Perkembangan: Suatu Pendekatan
    Sepanjang Rentang Kehidupan,
    Jakarta, 1980, PT. Erlangga,
    Hogg Tracy. Blau Melinda.Mendidik dan
    Mengasuh Anak Balita
    Anda.2004.Jakarta.PT Gramedia
    Pustaka Utama