Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari peraturan kelas terhadap
kedisiplinan anak usia 5-6 tahun di KB TK PKP Jakarta Islamic School Ciracas Jakarta Timur
serta menganalisis faktor yang paling dominan memperngaruhi pada kedisiplinana anak usia
5-6 tahun pada semester 1 tahun ajaran 2018-2019. Populasi dalam penelitian ini adalah
peserta didik berusia 5-6 tahun di KB TK PKP Jakarta Islamic School sebanyak 38 peserta
didik. Sampel yang diambil sebanyak 38 responden dengan menggunakan teknik sampling
jenuh, teknik pengambilan sampel berdasarkan populasi yang telah ditentukan terlebih
dahulu. Berdasarkan analisis data dan statistik, indikator-indikator pada penelitian ini bersifat
valid dan variabelnya bersifat reabel. Pada pengujian asumsi klasik, data berdistribusi
normal, homogeny, dan linier. Berdasarkan hasil perhitungan regresi linier, diperoleh
koefisien regresi 0,174 dan dengan nilai thitung 2,257. Oleh karena itu, hasil penelitian ini
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara peraturan kelas mengenai kedisiplinan anak
usia 5-6 tahun di KB TK PKP Jakarta Islamic School sebesar 17,4 % dan sisanya sebesar
82,6 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Keywords
Article Details
References
-
Ahmad Rustam. 2016. Dasar-dasar
statistik dilengkapi analisis dengan
bantuan excel dan spss 20. Kolaka:
Putri Yolanda
Ahmad Susanto. 2017.Pendekatan Anak
Usia Dini (Konsep dan Teori).
Jakarta. PT Bumi Aksara.
Ahmad Susanto. Perkembangan Anak
Usia Dini. 2011.Jakarta: Kencana
Prenada Media Group.
H.A Tabrani Ruslan, Lalan Suherlan, H.
Slamet. Membangun Disiplin
Karakter Anak Bangsa.
Jakarta.2017.Jakarta.PT Gilang
Saputra Perkasa. Martin Garry. Pear
Joseph. Modifikasi Perilaku Makna
Dan Penerapannya. 2015.
Yogyakarta. Pustaka Pelajar.
Misbahudin dan Iqbal Hasan.
2013.Analisis Data Penelitiann
Dengan Statistic. Jakarta: Bumi
Aksara
Maman Rachman. Manajemen Kelas.
Jakarta 1998/1999 Departemen
Pendidikan Dan Kebudayaan
Direktorat Jenderal Penddikan
Tinggi Proyek Pendidikan Guru
Sekolah Dasar.
Hurlock Elizabeth(yang telah dilaih
bahasakan oleh Istiwidayanti &
Soedjarwo), Psikologi
Perkembangan: Suatu Pendekatan
Sepanjang Rentang Kehidupan,
Jakarta, 1980, PT. Erlangga,
Hogg Tracy. Blau Melinda.Mendidik dan
Mengasuh Anak Balita
Anda.2004.Jakarta.PT Gramedia
Pustaka Utama
References
statistik dilengkapi analisis dengan
bantuan excel dan spss 20. Kolaka:
Putri Yolanda
Ahmad Susanto. 2017.Pendekatan Anak
Usia Dini (Konsep dan Teori).
Jakarta. PT Bumi Aksara.
Ahmad Susanto. Perkembangan Anak
Usia Dini. 2011.Jakarta: Kencana
Prenada Media Group.
H.A Tabrani Ruslan, Lalan Suherlan, H.
Slamet. Membangun Disiplin
Karakter Anak Bangsa.
Jakarta.2017.Jakarta.PT Gilang
Saputra Perkasa. Martin Garry. Pear
Joseph. Modifikasi Perilaku Makna
Dan Penerapannya. 2015.
Yogyakarta. Pustaka Pelajar.
Misbahudin dan Iqbal Hasan.
2013.Analisis Data Penelitiann
Dengan Statistic. Jakarta: Bumi
Aksara
Maman Rachman. Manajemen Kelas.
Jakarta 1998/1999 Departemen
Pendidikan Dan Kebudayaan
Direktorat Jenderal Penddikan
Tinggi Proyek Pendidikan Guru
Sekolah Dasar.
Hurlock Elizabeth(yang telah dilaih
bahasakan oleh Istiwidayanti &
Soedjarwo), Psikologi
Perkembangan: Suatu Pendekatan
Sepanjang Rentang Kehidupan,
Jakarta, 1980, PT. Erlangga,
Hogg Tracy. Blau Melinda.Mendidik dan
Mengasuh Anak Balita
Anda.2004.Jakarta.PT Gramedia
Pustaka Utama