Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat atau tidaknya
hubungan pola asuh demokratis orang tua terhadap kemandirian anak usia 4-5 tahun.
Penelitian ini dilakukan di TK Tunas Kunciran Kota Tangerang. Metode penelitian yang
digunakan adalah korelasi. Teknik sampling dilakukan dengan sampel jenuh 38 anak.
Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian berupa angket pola asuh
demokratis sebanyak 17 butir pernyataan dengan hasil uji reliabilitas sebesar 0,907 dan
angket kemandirian anak sebanyak 17 butir pernyataan dengan hasil uji reliabilitas sebesar
0,890. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi product
moment.Hasil dari penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment diperoleh
rhitung 0,730 dan r tabel 0,444 maka rhitung 0,730 lebih besar dari rtabel 0,444 atau
0,730>0,444, dengan demikian memiliki makna bahwa ada hubungan yang kuat antara
variabel pola asuh demokratis dengan kemandirian anak dan berarti Ho ditolak dan Ha
diterima.

Keywords

Pola Asuh Demokratis, Kemandirian Anak

Article Details

References

    Ahmad, Rustam. 2016. Dasar-dasar
    Statistik. Kolaka: Putri Yolanda
    Darta, H.M. 2017. Positive Characters
    With Positive Parenting. Jakarta:PT
    Elex Media Komputindo.
    Dwi Shinta Savitri 2008. Jurnal:
    Hubungan Presepsi terhadap Pola
    Asuh Demokratis Orang Tua dan
    Penyesuaian Diri pada Remaja”
    diakses Pada Tanggal 30 Mei 2018
    Pukul 13.40 dari
    http://scholar.google.co.id/
    Harbeng Masni. 2017. Jurnal: Peran Pola
    Asuh Demokratis Orangtua
    terhadap Pengembangan Potensi
    Diri dan Kreativitas Siswa. Diakses
    pada Tanggal 25 juni 2018 dari
    http://scholar.google.co.id/
    Hasan M.Iqbal. 2003. Pokok-Pokok
    Materi Statistik 1 (Statistik
    Deskriptif),PT Bumi Akrasa
    Hustanul Jannah. 2012. Jurnal:Bentuk
    Pola Asuh Orang Tua dalam
    Menanamkan Perilaku Moral Pada
    Anak Usia di Kecamatan Ampek
    Angkek. diakses Pada Tanggal 22
    Januari 2018 Pukul 12.53 dari
    http://scholar.google.co.id/
    Indah Mutrofin. 2014. Jurnal: Hubungan
    antara kecenderungan Pola Asuh
    Demokratis dengan Konsep diri
    pada Remaja Tunadaksa di Panti
    Rehabilitas. diakses pada tanggal 1
    Mei 2018 pukul 14.05 dari
    http://scholar.google.co.id/
    Istianah A. Rahman. 2005. Jurnal:
    Hubungan antara Presepsi
    terhadap Pola Asuh Demokratis
    Ayah dan Ibu dengan Perilaku
    disiplin remaja diakses Pada
    tanggal 22 Januari 2018 pukul
    14.10 dari
    http://scholar.google.co.id/
    Jonathan Sarwono, “Metode Penelitian”
    diakses dari J Sarwono - Kuantitatif
    Kualitatif, 2006 - academia.edu
    Tanggal 22 Januari 2018 Pukul
    11.35
    Kusdiweliwirawan. 2014. Statiska
    Pendidikan. Jakarta:Uhamka Press
    M. Iqbal Hasan.2003. M.M.,Pokok-Pokok
    Materi Statistik 1 (Statistik
    Deskriptif),PT Bumi Akrasa
    Misbahudin dan Iqbal Hasan.2013.
    Analisis Data Penelitian dengan
    Statistik.Jakarta:Bumi Aksara
    Moh.Shochib. 2010. “Pola Asuh Orang
    Tua dalam Membantu Anak
    Mengembangkan Disiplin Diri”.
    Jakarta: PT RINEKA CIPTA
    Muniro Khoirun Nafidatul. 2012. Jurnal:
    Pola Asuh Perempuan Yang
    Berstatus Single Parent Pada
    Pendidikan Anak (Studi Kasus
    Perempuan Berstatus Single Parent
    di Pasuruan)diakses pada tanggal 1
    Mei 2018 pukul 13.02 dari
    http://scholar.google.co.id/
    Nandang Budiman,. 2008. Jurnal:
    Perkembangan Kemandirian Pada
    Remaja diakses pada Tanggal 30
    Mei 2018 pukul 14.00 dari
    http://scholar.google.co.id/
    Paramita, V.D. 2017. Jatuh Hati pada
    Montessori:Seni Mengasuh Anak
    Usia Dini. PT Bentang Pustaka.
    Raisah Armayanti Nasution. 2017. Jurnal
    :“Penanaman Disiplin dan
    Kemandirian Anak Usia Dini dalam
    Teori Maria Montessori” diakses
    pada tanggal 22 Januari 2018 Pukul
    10:17 WIB dari
    http://scholar.google.co.id/
    Rakhma, Eugenia. 2017. Menumbuhkan
    Kemandirian Anak. Jogjakarta:
    Stiletto Book
    Riduwan,M.B.A 2013.Belajar Mudah
    Penelitian Untuk Guru-Karyawan
    dan Penelitian Pemula. Bandung:
    ALFABETA
    Sukiroh. 2016. Jurnal: Hubungan Pola
    Asuh Orang Tua dengan
    Kemandirian Anak Usia 4-5 Tahun
    di TK Nurul Ikhsan Iv Cimanggis.
    Edisi Khusus Permata Hasil Riset
    Pendidikan Guru Pendidikan Anak
    Usia Dini, Jakarta
    Sugiyono. 2007. Metode Penelitian
    Pendidikan (Pendekatan
    Kuantitatif, kualitatif, dan R&D),
    Alfabeta
    Suharsini, Arikunto. 2013. Prosedur
    Penelitian Suatu Pendekatan
    Praktik. Jakrta: Rineka Cipta.
    Susanto,A. 2017. Pendidikan Anak Usia
    Dini:Konsep dan Teori. Jakarta: PT
    Bumi Aksara.
    Tridhonanto, Al. 2014. Mengembangkan
    Pola Asuh Demokratis. Jakarta:PT
    Elex Media Komputindo.
    Wiyani,N.A. 2013. Bina Karakter Anak
    Usia Dini.Yogyakarta:AR-RUZZ
    MEDIA.
    Y.Retnowati,A.V.S, Dkk. 2008. Jurnal:
    Pola Komunikasi Orang Tua
    Tunggal Dalam Membentuk
    Kemandirian Anak diakses pada
    Tanggal 30 Mei 2018 pukul 14.48
    dari http://scholar.google.co.id/