Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat atau tidaknya
hubungan pola asuh demokratis orang tua terhadap kemandirian anak usia 4-5 tahun.
Penelitian ini dilakukan di TK Tunas Kunciran Kota Tangerang. Metode penelitian yang
digunakan adalah korelasi. Teknik sampling dilakukan dengan sampel jenuh 38 anak.
Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian berupa angket pola asuh
demokratis sebanyak 17 butir pernyataan dengan hasil uji reliabilitas sebesar 0,907 dan
angket kemandirian anak sebanyak 17 butir pernyataan dengan hasil uji reliabilitas sebesar
0,890. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi product
moment.Hasil dari penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment diperoleh
rhitung 0,730 dan r tabel 0,444 maka rhitung 0,730 lebih besar dari rtabel 0,444 atau
0,730>0,444, dengan demikian memiliki makna bahwa ada hubungan yang kuat antara
variabel pola asuh demokratis dengan kemandirian anak dan berarti Ho ditolak dan Ha
diterima.
Keywords
Article Details
References
-
Ahmad, Rustam. 2016. Dasar-dasar
Statistik. Kolaka: Putri Yolanda
Darta, H.M. 2017. Positive Characters
With Positive Parenting. Jakarta:PT
Elex Media Komputindo.
Dwi Shinta Savitri 2008. Jurnal:
Hubungan Presepsi terhadap Pola
Asuh Demokratis Orang Tua dan
Penyesuaian Diri pada Remaja”
diakses Pada Tanggal 30 Mei 2018
Pukul 13.40 dari
http://scholar.google.co.id/
Harbeng Masni. 2017. Jurnal: Peran Pola
Asuh Demokratis Orangtua
terhadap Pengembangan Potensi
Diri dan Kreativitas Siswa. Diakses
pada Tanggal 25 juni 2018 dari
http://scholar.google.co.id/
Hasan M.Iqbal. 2003. Pokok-Pokok
Materi Statistik 1 (Statistik
Deskriptif),PT Bumi Akrasa
Hustanul Jannah. 2012. Jurnal:Bentuk
Pola Asuh Orang Tua dalam
Menanamkan Perilaku Moral Pada
Anak Usia di Kecamatan Ampek
Angkek. diakses Pada Tanggal 22
Januari 2018 Pukul 12.53 dari
http://scholar.google.co.id/
Indah Mutrofin. 2014. Jurnal: Hubungan
antara kecenderungan Pola Asuh
Demokratis dengan Konsep diri
pada Remaja Tunadaksa di Panti
Rehabilitas. diakses pada tanggal 1
Mei 2018 pukul 14.05 dari
http://scholar.google.co.id/
Istianah A. Rahman. 2005. Jurnal:
Hubungan antara Presepsi
terhadap Pola Asuh Demokratis
Ayah dan Ibu dengan Perilaku
disiplin remaja diakses Pada
tanggal 22 Januari 2018 pukul
14.10 dari
http://scholar.google.co.id/
Jonathan Sarwono, "Metode Penelitian”
diakses dari J Sarwono - Kuantitatif
Kualitatif, 2006 - academia.edu
Tanggal 22 Januari 2018 Pukul
11.35
Kusdiweliwirawan. 2014. Statiska
Pendidikan. Jakarta:Uhamka Press
M. Iqbal Hasan.2003. M.M.,Pokok-Pokok
Materi Statistik 1 (Statistik
Deskriptif),PT Bumi Akrasa
Misbahudin dan Iqbal Hasan.2013.
Analisis Data Penelitian dengan
Statistik.Jakarta:Bumi Aksara
Moh.Shochib. 2010. "Pola Asuh Orang
Tua dalam Membantu Anak
Mengembangkan Disiplin Diri”.
Jakarta: PT RINEKA CIPTA
Muniro Khoirun Nafidatul. 2012. Jurnal:
Pola Asuh Perempuan Yang
Berstatus Single Parent Pada
Pendidikan Anak (Studi Kasus
Perempuan Berstatus Single Parent
di Pasuruan)diakses pada tanggal 1
Mei 2018 pukul 13.02 dari
http://scholar.google.co.id/
Nandang Budiman,. 2008. Jurnal:
Perkembangan Kemandirian Pada
Remaja diakses pada Tanggal 30
Mei 2018 pukul 14.00 dari
http://scholar.google.co.id/
Paramita, V.D. 2017. Jatuh Hati pada
Montessori:Seni Mengasuh Anak
Usia Dini. PT Bentang Pustaka.
Raisah Armayanti Nasution. 2017. Jurnal
:"Penanaman Disiplin dan
Kemandirian Anak Usia Dini dalam
Teori Maria Montessori” diakses
pada tanggal 22 Januari 2018 Pukul
10:17 WIB dari
http://scholar.google.co.id/
Rakhma, Eugenia. 2017. Menumbuhkan
Kemandirian Anak. Jogjakarta:
Stiletto Book
Riduwan,M.B.A 2013.Belajar Mudah
Penelitian Untuk Guru-Karyawan
dan Penelitian Pemula. Bandung:
ALFABETA
Sukiroh. 2016. Jurnal: Hubungan Pola
Asuh Orang Tua dengan
Kemandirian Anak Usia 4-5 Tahun
di TK Nurul Ikhsan Iv Cimanggis.
Edisi Khusus Permata Hasil Riset
Pendidikan Guru Pendidikan Anak
Usia Dini, Jakarta
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian
Pendidikan (Pendekatan
Kuantitatif, kualitatif, dan R&D),
Alfabeta
Suharsini, Arikunto. 2013. Prosedur
Penelitian Suatu Pendekatan
Praktik. Jakrta: Rineka Cipta.
Susanto,A. 2017. Pendidikan Anak Usia
Dini:Konsep dan Teori. Jakarta: PT
Bumi Aksara.
Tridhonanto, Al. 2014. Mengembangkan
Pola Asuh Demokratis. Jakarta:PT
Elex Media Komputindo.
Wiyani,N.A. 2013. Bina Karakter Anak
Usia Dini.Yogyakarta:AR-RUZZ
MEDIA.
Y.Retnowati,A.V.S, Dkk. 2008. Jurnal:
Pola Komunikasi Orang Tua
Tunggal Dalam Membentuk
Kemandirian Anak diakses pada
Tanggal 30 Mei 2018 pukul 14.48
dari http://scholar.google.co.id/
References
Statistik. Kolaka: Putri Yolanda
Darta, H.M. 2017. Positive Characters
With Positive Parenting. Jakarta:PT
Elex Media Komputindo.
Dwi Shinta Savitri 2008. Jurnal:
Hubungan Presepsi terhadap Pola
Asuh Demokratis Orang Tua dan
Penyesuaian Diri pada Remaja”
diakses Pada Tanggal 30 Mei 2018
Pukul 13.40 dari
http://scholar.google.co.id/
Harbeng Masni. 2017. Jurnal: Peran Pola
Asuh Demokratis Orangtua
terhadap Pengembangan Potensi
Diri dan Kreativitas Siswa. Diakses
pada Tanggal 25 juni 2018 dari
http://scholar.google.co.id/
Hasan M.Iqbal. 2003. Pokok-Pokok
Materi Statistik 1 (Statistik
Deskriptif),PT Bumi Akrasa
Hustanul Jannah. 2012. Jurnal:Bentuk
Pola Asuh Orang Tua dalam
Menanamkan Perilaku Moral Pada
Anak Usia di Kecamatan Ampek
Angkek. diakses Pada Tanggal 22
Januari 2018 Pukul 12.53 dari
http://scholar.google.co.id/
Indah Mutrofin. 2014. Jurnal: Hubungan
antara kecenderungan Pola Asuh
Demokratis dengan Konsep diri
pada Remaja Tunadaksa di Panti
Rehabilitas. diakses pada tanggal 1
Mei 2018 pukul 14.05 dari
http://scholar.google.co.id/
Istianah A. Rahman. 2005. Jurnal:
Hubungan antara Presepsi
terhadap Pola Asuh Demokratis
Ayah dan Ibu dengan Perilaku
disiplin remaja diakses Pada
tanggal 22 Januari 2018 pukul
14.10 dari
http://scholar.google.co.id/
Jonathan Sarwono, "Metode Penelitian”
diakses dari J Sarwono - Kuantitatif
Kualitatif, 2006 - academia.edu
Tanggal 22 Januari 2018 Pukul
11.35
Kusdiweliwirawan. 2014. Statiska
Pendidikan. Jakarta:Uhamka Press
M. Iqbal Hasan.2003. M.M.,Pokok-Pokok
Materi Statistik 1 (Statistik
Deskriptif),PT Bumi Akrasa
Misbahudin dan Iqbal Hasan.2013.
Analisis Data Penelitian dengan
Statistik.Jakarta:Bumi Aksara
Moh.Shochib. 2010. "Pola Asuh Orang
Tua dalam Membantu Anak
Mengembangkan Disiplin Diri”.
Jakarta: PT RINEKA CIPTA
Muniro Khoirun Nafidatul. 2012. Jurnal:
Pola Asuh Perempuan Yang
Berstatus Single Parent Pada
Pendidikan Anak (Studi Kasus
Perempuan Berstatus Single Parent
di Pasuruan)diakses pada tanggal 1
Mei 2018 pukul 13.02 dari
http://scholar.google.co.id/
Nandang Budiman,. 2008. Jurnal:
Perkembangan Kemandirian Pada
Remaja diakses pada Tanggal 30
Mei 2018 pukul 14.00 dari
http://scholar.google.co.id/
Paramita, V.D. 2017. Jatuh Hati pada
Montessori:Seni Mengasuh Anak
Usia Dini. PT Bentang Pustaka.
Raisah Armayanti Nasution. 2017. Jurnal
:"Penanaman Disiplin dan
Kemandirian Anak Usia Dini dalam
Teori Maria Montessori” diakses
pada tanggal 22 Januari 2018 Pukul
10:17 WIB dari
http://scholar.google.co.id/
Rakhma, Eugenia. 2017. Menumbuhkan
Kemandirian Anak. Jogjakarta:
Stiletto Book
Riduwan,M.B.A 2013.Belajar Mudah
Penelitian Untuk Guru-Karyawan
dan Penelitian Pemula. Bandung:
ALFABETA
Sukiroh. 2016. Jurnal: Hubungan Pola
Asuh Orang Tua dengan
Kemandirian Anak Usia 4-5 Tahun
di TK Nurul Ikhsan Iv Cimanggis.
Edisi Khusus Permata Hasil Riset
Pendidikan Guru Pendidikan Anak
Usia Dini, Jakarta
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian
Pendidikan (Pendekatan
Kuantitatif, kualitatif, dan R&D),
Alfabeta
Suharsini, Arikunto. 2013. Prosedur
Penelitian Suatu Pendekatan
Praktik. Jakrta: Rineka Cipta.
Susanto,A. 2017. Pendidikan Anak Usia
Dini:Konsep dan Teori. Jakarta: PT
Bumi Aksara.
Tridhonanto, Al. 2014. Mengembangkan
Pola Asuh Demokratis. Jakarta:PT
Elex Media Komputindo.
Wiyani,N.A. 2013. Bina Karakter Anak
Usia Dini.Yogyakarta:AR-RUZZ
MEDIA.
Y.Retnowati,A.V.S, Dkk. 2008. Jurnal:
Pola Komunikasi Orang Tua
Tunggal Dalam Membentuk
Kemandirian Anak diakses pada
Tanggal 30 Mei 2018 pukul 14.48
dari http://scholar.google.co.id/