Main Article Content

Abstract

TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kotamadya Jakarta Timur pada semester ganjil tahun ajaran
2018/2019. Pengambilan sampel yang digunakan yaitu cluster sampling. Total populasi
pada penelitian ini adalah 110 anak kelompok B dari TK Aisyiyah Bustanul Athfal
Kotamadya Jakarta Timur. Sedangkan yang menjadi sampel 86 anak. Jenis penelitian yang
digunakan yaitu menggunakan metode pendekatan kuantitatif asosiatif. Adapun cara
pengambilan data pada penelitian ini menggunakan penyebaran angket pengaruh pemberian
reward yang berjumlah 21 butir pernyataan dan angket pernyataan kedisiplinan anak usia
5-6 tahun berjumlah 22 butir. Namun, setelah melakukan uji validitas maka sisa
pernyataannya dari pengaruh pemberian reward berjumlah 16 butir, dan angket pernyataan
kedisiplinan anak usia 5-6 tahun berjumlah 20 butir. Dapat diketahui hasil analisis data dari
persamaan regresi Y= 10,262+1,052X dan nilai sig.= 0,000/2= 0 < 0,05 yang berarti Ho
ditolak yang artinya terdapat pengaruh pemberian reward terhadap kedisiplinan anak usia
5-6 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kotamadya Jakarta Timur. Pengaruh pemberian
reward terhadap kedisiplinan anak usia 5-6 tahun dapat berkontribusi dilihat dari hasil R
(Square) yaitu 34,7%.

Keywords

pemberian reward, kedisiplinan, anak usia 5-6 tahun

Article Details

References

    Baharuddin dan Nur Wahyuni, Esa. Teori
    Belajar dan Pembelajaran.
    Yogyakarta. 2015
    Balson, Maurice, Becoming Better
    Parent, Jakarta, 1981
    Becky A Bailey. Easy to Love Difficult to
    Dicipline. Jakarta. 2004
    Choirun Nisak Aulina, Penanaman
    Disiplin pada Anak Usia Dini,
    Volume II No. 1 Februari 2013
    Elizabeth B. Hurlock, Perkembangan
    Anak Jilid 2, Jakarta: PT.
    Erlangga, 1978
    Garmo, John. Pengembangan Karakter
    untuk Anak: Panduan Pendidik.
    Jakarta 2013
    Garry L. Martin & Joseph Pear, Behavior
    Modification: What It Is and How
    To Do It, England: Pearson
    Educational Limited, 2014
    Hamid, Rusdiana: Jurnal Reward dan
    Punishment dalam Perspektif
    Pendidikan Islam Volume 4, No.5.
    2006.
    Helmawati. Mengenal dan Memahami
    PAUD. Bandung, 2015.
    Hergenhahn, An Introduction to the
    History of Psychology Sixth
    Edition, Wadsworth 2009
    http://repo.iaintulungagung.ac.id/2024/3/BAB%2
    0II%20FIX.pdf diunduh pada
    tanggal 14 Mei 2018 pukul 22:43
    WIB.
    https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/
    JJPAUD/article/viewFile/7976/54
    15 diunduh pada tanggal 18 Juli
    2018, pukul 17:18 WIB.
    https://kbbi.web.id diunduh pada tanggal
    17 Juli 2018, pukul 16:11 WIB
    https://www.collinsdictionary.com/us/dict
    ionary/english/self-discipline
    diunduh pada tanggal 8 Juli 2018
    pukul 22:00 WIB
    Irawan, Prasetya, Penelitian Kualitatif &
    Kuantitatif untuk Ilmu-Ilmu
    Sosial, Depok: 2006
    Kartika Rinaket Adhe. Jurnal:
    Penanaman Karakteristik Anak
    Usia 5-6 Tahun Pada Masyarakat
    Samin. 2014. Vol 8
    Kementerian Pendidikan dan
    Kebudayaan. Peraturan Menteri
    Pendidikan dan Kebudayaan
    Republik Indonesia Nomor 137
    Tahun 2014
    Kompri, Motivasi Pembelajaran
    Perspektif Guru dan Siswa,
    Bandung, 2015
    Mini,Rose, Disiplin Pada Anak. Jakarta.
    2011
    Mufidah, Umri. (2013). Jurnal:
    Efektivitas Pemberian Reward
    melalui Metode Token Ekonomi
    untuk Meningkatkan Kedisiplinan
    Anak Usia Dini. Semarnag:
    UNNES
    Mulyasa . Menjadi Guru Profesional
    Menciptakan Pembelajaran
    Kreatif dan Menyenangkan. 2011.
    Bandung: PT Remaja Rosdakarya
    Novan Ardy Wiyani, Bina Karakter Anak
    Usia Dini. Yogyakarta, 2013
    Riduwan, Belajar Mudah Penelitian
    untuk Guru-Karyawan dan
    Peneliti Pemula, Bandung: 2003.
    Rimm, Sylvia. Mendidik dengan Bijak
    Bagaimana Mendidik Anak yang
    Bahagia dan Berprestasi, Jakarta,
    2000