Main Article Content
Abstract
TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kotamadya Jakarta Timur pada semester ganjil tahun ajaran
2018/2019. Pengambilan sampel yang digunakan yaitu cluster sampling. Total populasi
pada penelitian ini adalah 110 anak kelompok B dari TK Aisyiyah Bustanul Athfal
Kotamadya Jakarta Timur. Sedangkan yang menjadi sampel 86 anak. Jenis penelitian yang
digunakan yaitu menggunakan metode pendekatan kuantitatif asosiatif. Adapun cara
pengambilan data pada penelitian ini menggunakan penyebaran angket pengaruh pemberian
reward yang berjumlah 21 butir pernyataan dan angket pernyataan kedisiplinan anak usia
5-6 tahun berjumlah 22 butir. Namun, setelah melakukan uji validitas maka sisa
pernyataannya dari pengaruh pemberian reward berjumlah 16 butir, dan angket pernyataan
kedisiplinan anak usia 5-6 tahun berjumlah 20 butir. Dapat diketahui hasil analisis data dari
persamaan regresi Y= 10,262+1,052X dan nilai sig.= 0,000/2= 0 < 0,05 yang berarti Ho
ditolak yang artinya terdapat pengaruh pemberian reward terhadap kedisiplinan anak usia
5-6 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kotamadya Jakarta Timur. Pengaruh pemberian
reward terhadap kedisiplinan anak usia 5-6 tahun dapat berkontribusi dilihat dari hasil R
(Square) yaitu 34,7%.
Keywords
Article Details
References
-
Baharuddin dan Nur Wahyuni, Esa. Teori
Belajar dan Pembelajaran.
Yogyakarta. 2015
Balson, Maurice, Becoming Better
Parent, Jakarta, 1981
Becky A Bailey. Easy to Love Difficult to
Dicipline. Jakarta. 2004
Choirun Nisak Aulina, Penanaman
Disiplin pada Anak Usia Dini,
Volume II No. 1 Februari 2013
Elizabeth B. Hurlock, Perkembangan
Anak Jilid 2, Jakarta: PT.
Erlangga, 1978
Garmo, John. Pengembangan Karakter
untuk Anak: Panduan Pendidik.
Jakarta 2013
Garry L. Martin & Joseph Pear, Behavior
Modification: What It Is and How
To Do It, England: Pearson
Educational Limited, 2014
Hamid, Rusdiana: Jurnal Reward dan
Punishment dalam Perspektif
Pendidikan Islam Volume 4, No.5.
2006.
Helmawati. Mengenal dan Memahami
PAUD. Bandung, 2015.
Hergenhahn, An Introduction to the
History of Psychology Sixth
Edition, Wadsworth 2009
http://repo.iaintulungagung.ac.id/2024/3/BAB%2
0II%20FIX.pdf diunduh pada
tanggal 14 Mei 2018 pukul 22:43
WIB.
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/
JJPAUD/article/viewFile/7976/54
15 diunduh pada tanggal 18 Juli
2018, pukul 17:18 WIB.
https://kbbi.web.id diunduh pada tanggal
17 Juli 2018, pukul 16:11 WIB
https://www.collinsdictionary.com/us/dict
ionary/english/self-discipline
diunduh pada tanggal 8 Juli 2018
pukul 22:00 WIB
Irawan, Prasetya, Penelitian Kualitatif &
Kuantitatif untuk Ilmu-Ilmu
Sosial, Depok: 2006
Kartika Rinaket Adhe. Jurnal:
Penanaman Karakteristik Anak
Usia 5-6 Tahun Pada Masyarakat
Samin. 2014. Vol 8
Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan. Peraturan Menteri
Pendidikan dan Kebudayaan
Republik Indonesia Nomor 137
Tahun 2014
Kompri, Motivasi Pembelajaran
Perspektif Guru dan Siswa,
Bandung, 2015
Mini,Rose, Disiplin Pada Anak. Jakarta.
2011
Mufidah, Umri. (2013). Jurnal:
Efektivitas Pemberian Reward
melalui Metode Token Ekonomi
untuk Meningkatkan Kedisiplinan
Anak Usia Dini. Semarnag:
UNNES
Mulyasa . Menjadi Guru Profesional
Menciptakan Pembelajaran
Kreatif dan Menyenangkan. 2011.
Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Novan Ardy Wiyani, Bina Karakter Anak
Usia Dini. Yogyakarta, 2013
Riduwan, Belajar Mudah Penelitian
untuk Guru-Karyawan dan
Peneliti Pemula, Bandung: 2003.
Rimm, Sylvia. Mendidik dengan Bijak
Bagaimana Mendidik Anak yang
Bahagia dan Berprestasi, Jakarta,
2000
References
Belajar dan Pembelajaran.
Yogyakarta. 2015
Balson, Maurice, Becoming Better
Parent, Jakarta, 1981
Becky A Bailey. Easy to Love Difficult to
Dicipline. Jakarta. 2004
Choirun Nisak Aulina, Penanaman
Disiplin pada Anak Usia Dini,
Volume II No. 1 Februari 2013
Elizabeth B. Hurlock, Perkembangan
Anak Jilid 2, Jakarta: PT.
Erlangga, 1978
Garmo, John. Pengembangan Karakter
untuk Anak: Panduan Pendidik.
Jakarta 2013
Garry L. Martin & Joseph Pear, Behavior
Modification: What It Is and How
To Do It, England: Pearson
Educational Limited, 2014
Hamid, Rusdiana: Jurnal Reward dan
Punishment dalam Perspektif
Pendidikan Islam Volume 4, No.5.
2006.
Helmawati. Mengenal dan Memahami
PAUD. Bandung, 2015.
Hergenhahn, An Introduction to the
History of Psychology Sixth
Edition, Wadsworth 2009
http://repo.iaintulungagung.ac.id/2024/3/BAB%2
0II%20FIX.pdf diunduh pada
tanggal 14 Mei 2018 pukul 22:43
WIB.
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/
JJPAUD/article/viewFile/7976/54
15 diunduh pada tanggal 18 Juli
2018, pukul 17:18 WIB.
https://kbbi.web.id diunduh pada tanggal
17 Juli 2018, pukul 16:11 WIB
https://www.collinsdictionary.com/us/dict
ionary/english/self-discipline
diunduh pada tanggal 8 Juli 2018
pukul 22:00 WIB
Irawan, Prasetya, Penelitian Kualitatif &
Kuantitatif untuk Ilmu-Ilmu
Sosial, Depok: 2006
Kartika Rinaket Adhe. Jurnal:
Penanaman Karakteristik Anak
Usia 5-6 Tahun Pada Masyarakat
Samin. 2014. Vol 8
Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan. Peraturan Menteri
Pendidikan dan Kebudayaan
Republik Indonesia Nomor 137
Tahun 2014
Kompri, Motivasi Pembelajaran
Perspektif Guru dan Siswa,
Bandung, 2015
Mini,Rose, Disiplin Pada Anak. Jakarta.
2011
Mufidah, Umri. (2013). Jurnal:
Efektivitas Pemberian Reward
melalui Metode Token Ekonomi
untuk Meningkatkan Kedisiplinan
Anak Usia Dini. Semarnag:
UNNES
Mulyasa . Menjadi Guru Profesional
Menciptakan Pembelajaran
Kreatif dan Menyenangkan. 2011.
Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Novan Ardy Wiyani, Bina Karakter Anak
Usia Dini. Yogyakarta, 2013
Riduwan, Belajar Mudah Penelitian
untuk Guru-Karyawan dan
Peneliti Pemula, Bandung: 2003.
Rimm, Sylvia. Mendidik dengan Bijak
Bagaimana Mendidik Anak yang
Bahagia dan Berprestasi, Jakarta,
2000