Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia 4-5 tahun
di PAUD KB Anggrek I. Pada semester I Tahun Ajaran 2018-2019. Metode penelitian yang
digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan MC. Taggart,
dilakukan dengan dua siklus setiap siklus terdiri dari 5 kali pertemuan. Setiap langkah terdiri
dari 4 langkah, yaitu: a) perencanaan, b) tindakan, c) observasi, d) refleksi.
Analisis data kualitatif dilakukan dengan mengamati peningkatan perkembangan kriteria
kemampuan motorik kasar anak mulai sebelum siklus sampai siklus ke II. Kriteria
kemampuan motorik kasar anak ditetapkan 71% data pra siklus mendapatkan rata-rata 57%,
kemudian data siklus I mendapatkan rata-rata persentase sebesar 70%, dan data siklus II
diperoleh sebesar 85%. Dari hasil akhir siklus II anak memperoleh hasil tertinggi sebesar
97% diperoleh responden RF. Sedangkan yang memperoleh hasil terendah dengan perolehan
presentase rata-rata 77% adalah AN. Kesimpulannya bahwa permainan tradisional dapat
meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia 4-5 tahun di PAUD KB Anggrek I.

Keywords

Kemampuan Motorik Kasar, Permainan Tradisional, Penelitian Tindakan Kelas

Article Details

References

    Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan.
    1981. Permainan Rakyat Daerah
    Sumatera Utara. (Editor; Ahmad
    Yunus).
    Dapartemen Pendidikan dan kebudayaan.
    1983. Permainan Anak Anak
    Daerah Kalimantan Timur.
    (Pemimpin proyek Haryati
    Soebadio).
    Dharmamulyo, Sukirman. 2008.
    Permainan Tradisional Jawa.
    Yogyakarta: Kepel Press
    Ermawati, Eni dan Dian Ayu
    Zahrani.2015. Jurnal “Upaya
    Meningkatkan Motorik Kasar Pada
    Anak Melalui Permainan
    Tradisional Balap Karung Estafet
    Pada Kelompok B1 PAUD
    Supriyadi Semarang Tahun ajaran
    2015/2016”. Diunduh pada tanggal
    18 April 2018 pukul 14:32 WIB dari
    http://scholar.google.co.id/
    M. Fadlillah dkk . 2014. Edutaiment
    Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta:
    Kencana.
    Hurlock, Elizabeth B. 1978.
    Perkembangan Anak (Alih bahasa;
    Meitasari Tjandrawa). Jakarta:
    Erlangga.
    Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
    2015. Peraturan Menteri Pendidikan
    dan Kebudayaan Republik
    Indonesia Nomor 137 Tahun 2014
    tentang Standar Nasional
    Pendidikan Anak Usia Dini.
    Kunandar. 2010. Penelitian Tindakan
    Kelas sebagai Pengembangan
    Profesi Guru. Jakarta: PT Rajawali
    Press.
    Kuniati, Euis. 2017. Permainan
    Tradisional Dan Perannya Dalam
    Mengembangkan Keterampilan
    Sosial Anak. Jakarta: Kencana.
    Montolalu dkk. 2010. Bermain dan
    Permainan Anak. Jakarta:
    Universitas Terbuka.
    Mulyasa, E. 2009. Praktik Penelitian
    Tindakan Kelas. Bandung: PT
    Remaja Rosdakarya
    Papalia, Diane E dan Ruth Duskin
    Feldman. 2014. Menyelami
    Perkembangan Manusia (Alih
    bahasa; Fitriana Wuri
    Herarti).Jakarta: Penerbit Salemba
    Humanika.