Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia 4-5 tahun
di PAUD KB Anggrek I. Pada semester I Tahun Ajaran 2018-2019. Metode penelitian yang
digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan MC. Taggart,
dilakukan dengan dua siklus setiap siklus terdiri dari 5 kali pertemuan. Setiap langkah terdiri
dari 4 langkah, yaitu: a) perencanaan, b) tindakan, c) observasi, d) refleksi.
Analisis data kualitatif dilakukan dengan mengamati peningkatan perkembangan kriteria
kemampuan motorik kasar anak mulai sebelum siklus sampai siklus ke II. Kriteria
kemampuan motorik kasar anak ditetapkan 71% data pra siklus mendapatkan rata-rata 57%,
kemudian data siklus I mendapatkan rata-rata persentase sebesar 70%, dan data siklus II
diperoleh sebesar 85%. Dari hasil akhir siklus II anak memperoleh hasil tertinggi sebesar
97% diperoleh responden RF. Sedangkan yang memperoleh hasil terendah dengan perolehan
presentase rata-rata 77% adalah AN. Kesimpulannya bahwa permainan tradisional dapat
meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia 4-5 tahun di PAUD KB Anggrek I.

Keywords

Kemampuan Motorik Kasar, Permainan Tradisional, Penelitian Tindakan Kelas

Article Details

References

Read More