Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak melalu kegiatan Finger
Painting . penelitian ini dilaksanakan di Yayasan Sekolah Islam Dilaraf Kota Tangerang.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas . penelitian tindakan kelas ini
berlangsung selama 2 (dua) siklus. Siklus I dan II dilakukan untuk kegiatan Finger Painting
upaya dalam meningkatkan kreativitas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah
metode observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian ini berjumlah 11 peserta didik terdiri
dari 6(enam) perempuan dan 5 (Lima) laki-laki. Bahwa Kegiatan Finger Painting adalah
salah satu cara untuk meningkatkan kreativitas pada anak . hal ini dapat dilihat dari
kolaborator yaitu presentase yang diperoleh pada saat tindakan yang dilakukan oleh peneliti
dan mencapai skore 41%, kemudian pada siklus I kompetensi anak meningkat menjadi 61 %
dan siklus II kompetensi anak meningkat lagi menjadi 82%. Sedangkan skore rata-rata yang
diperoleh pada prasiklus 38, siklus 1 56 dan siklus II 76. Kesimpulannya bahwa melalui
kegiatan Finger Painting dapat meningkatkan kreativitas anak usia 4-5 tahun di Yayasan
Sekolah Islam DILARAF.

Keywords

Meningkatkan Kreativitas, Finger Painting , Penelitian Tindakan Kelas

Article Details

References

    Astria Nina, Made Sulastri, Mutiara
    Magta. 2015. Jurnal: Penerapan
    Metode Bermain Melalui Kegiatan
    Finger Painting Untuk
    meningkatkan Kemampuan Motorik
    halus. Diunduh pada tanggal 22
    April 2018 pukul 20:00 WIB dari
    http://scholar.google.co.id/
    Elizabeth B. Hurlock. 2006.
    Perkembangan Anak Jilid 2 (Edisi
    Keenam). Jakarta: PT.Erlangga
    Ghufron, Nur.M dan Rini Risnawita S.
    2012. Teori-teori Psikologi.
    Jogjakarta: ARR-RUZZMEDIA
    Istiqomah Nufus. 2012. Naskah Publikasi:
    Upaya Peningkatan Kreativitas
    Anak Melalui Permainan Finger
    Painting pada Anak Kelompok B di
    TK Mojodoyong 3 Kedawung
    Sragen. Diunduh pada tanggal 22
    April 2018 pukul 20:00 WIB dari
    http://scholar.google.co.id/
    Listyowati Anies, Sugiyanto.2014. Finger
    Painting. Jakarta: Erlangga For Kids
    M.B.A Ridwan. 2013. Belajar Mudah
    Penelitian untuk Guru-Karyawan
    dan Peneliti Pemula. Bandung:
    Alfabeta
    Montolalu, B.E.F. 2010. Bermain dan
    Permainan Anak. Jakarta:
    Universitas Terbuka
    Munandar Utami. 2012. Pengembangan
    Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta:
    Rineka Cipta
    Munandar Utami S.C.2014.
    mengembangkan Bakat dan
    Kreativitas Anak Sekolah (petunjuk
    bagi para Guru dan Orang tua).
    Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana
    Indonesia.
    Nuraini Febri.2015. Jurnal: Peningkatan
    Kreativitas melalui Finger Painting
    pada Anak di RA Sunan Averrous
    Bogoran,Bantul. Diunduh pada
    tanggal 25 Juni 2018 pukul 18:40
    WIB dari
    http://scholar.google.co.id/
    Pamadhi, Hajar dan Evan Sukardi S. 2012.
    Seni Keterampilan Anak. Tangerang
    Selatan: Universitas Terbuka
    Rachmawati, Yeni dan Euis Kurniati.
    2017. Strategi Pengembangan
    Kreativitas Pada Anak Usia Taman
    Kanak-Kanak. Jakarta: KENCANA
    Susanto Ahmad. 2011. Perkembangan
    Anak Usia Dini: Pengantar dalam
    Berbagai Aspeknya. Jakarta:
    KENCANA PRENADA MEDIA
    GROUP
    Susanto Ahmad. 2017. Pendidikan Anak
    Usia Dini (Konsep dan Teori).
    Jakarta: PT Bumi Aksara