Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak melalu kegiatan Finger
Painting . penelitian ini dilaksanakan di Yayasan Sekolah Islam Dilaraf Kota Tangerang.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas . penelitian tindakan kelas ini
berlangsung selama 2 (dua) siklus. Siklus I dan II dilakukan untuk kegiatan Finger Painting
upaya dalam meningkatkan kreativitas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah
metode observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian ini berjumlah 11 peserta didik terdiri
dari 6(enam) perempuan dan 5 (Lima) laki-laki. Bahwa Kegiatan Finger Painting adalah
salah satu cara untuk meningkatkan kreativitas pada anak . hal ini dapat dilihat dari
kolaborator yaitu presentase yang diperoleh pada saat tindakan yang dilakukan oleh peneliti
dan mencapai skore 41%, kemudian pada siklus I kompetensi anak meningkat menjadi 61 %
dan siklus II kompetensi anak meningkat lagi menjadi 82%. Sedangkan skore rata-rata yang
diperoleh pada prasiklus 38, siklus 1 56 dan siklus II 76. Kesimpulannya bahwa melalui
kegiatan Finger Painting dapat meningkatkan kreativitas anak usia 4-5 tahun di Yayasan
Sekolah Islam DILARAF.

Keywords

Meningkatkan Kreativitas, Finger Painting , Penelitian Tindakan Kelas

Article Details

References

  1. Astria Nina, Made Sulastri, Mutiara
  2. Magta. 2015. Jurnal: Penerapan
  3. Metode Bermain Melalui Kegiatan
  4. Finger Painting Untuk
  5. meningkatkan Kemampuan Motorik
  6. halus. Diunduh pada tanggal 22
  7. April 2018 pukul 20:00 WIB dari
  8. http://scholar.google.co.id/
  9. Elizabeth B. Hurlock. 2006.
  10. Perkembangan Anak Jilid 2 (Edisi
  11. Keenam). Jakarta: PT.Erlangga
  12. Ghufron, Nur.M dan Rini Risnawita S.
  13. 2012. Teori-teori Psikologi.
  14. Jogjakarta: ARR-RUZZMEDIA
  15. Istiqomah Nufus. 2012. Naskah Publikasi:
  16. Upaya Peningkatan Kreativitas
  17. Anak Melalui Permainan Finger
  18. Painting pada Anak Kelompok B di
  19. TK Mojodoyong 3 Kedawung
  20. Sragen. Diunduh pada tanggal 22
  21. April 2018 pukul 20:00 WIB dari
  22. http://scholar.google.co.id/
  23. Listyowati Anies, Sugiyanto.2014. Finger
  24. Painting. Jakarta: Erlangga For Kids
  25. M.B.A Ridwan. 2013. Belajar Mudah
  26. Penelitian untuk Guru-Karyawan
  27. dan Peneliti Pemula. Bandung:
  28. Alfabeta
  29. Montolalu, B.E.F. 2010. Bermain dan
  30. Permainan Anak. Jakarta:
  31. Universitas Terbuka
  32. Munandar Utami. 2012. Pengembangan
  33. Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta:
  34. Rineka Cipta
  35. Munandar Utami S.C.2014.
  36. mengembangkan Bakat dan
  37. Kreativitas Anak Sekolah (petunjuk
  38. bagi para Guru dan Orang tua).
  39. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana
  40. Indonesia.
  41. Nuraini Febri.2015. Jurnal: Peningkatan
  42. Kreativitas melalui Finger Painting
  43. pada Anak di RA Sunan Averrous
  44. Bogoran,Bantul. Diunduh pada
  45. tanggal 25 Juni 2018 pukul 18:40
  46. WIB dari
  47. http://scholar.google.co.id/
  48. Pamadhi, Hajar dan Evan Sukardi S. 2012.
  49. Seni Keterampilan Anak. Tangerang
  50. Selatan: Universitas Terbuka
  51. Rachmawati, Yeni dan Euis Kurniati.
  52. 2017. Strategi Pengembangan
  53. Kreativitas Pada Anak Usia Taman
  54. Kanak-Kanak. Jakarta: KENCANA
  55. Susanto Ahmad. 2011. Perkembangan
  56. Anak Usia Dini: Pengantar dalam
  57. Berbagai Aspeknya. Jakarta:
  58. KENCANA PRENADA MEDIA
  59. GROUP
  60. Susanto Ahmad. 2017. Pendidikan Anak
  61. Usia Dini (Konsep dan Teori).
  62. Jakarta: PT Bumi Aksara