Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak melalu kegiatan Finger
Painting . penelitian ini dilaksanakan di Yayasan Sekolah Islam Dilaraf Kota Tangerang.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas . penelitian tindakan kelas ini
berlangsung selama 2 (dua) siklus. Siklus I dan II dilakukan untuk kegiatan Finger Painting
upaya dalam meningkatkan kreativitas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah
metode observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian ini berjumlah 11 peserta didik terdiri
dari 6(enam) perempuan dan 5 (Lima) laki-laki. Bahwa Kegiatan Finger Painting adalah
salah satu cara untuk meningkatkan kreativitas pada anak . hal ini dapat dilihat dari
kolaborator yaitu presentase yang diperoleh pada saat tindakan yang dilakukan oleh peneliti
dan mencapai skore 41%, kemudian pada siklus I kompetensi anak meningkat menjadi 61 %
dan siklus II kompetensi anak meningkat lagi menjadi 82%. Sedangkan skore rata-rata yang
diperoleh pada prasiklus 38, siklus 1 56 dan siklus II 76. Kesimpulannya bahwa melalui
kegiatan Finger Painting dapat meningkatkan kreativitas anak usia 4-5 tahun di Yayasan
Sekolah Islam DILARAF.
Keywords
Article Details
References
-
Astria Nina, Made Sulastri, Mutiara
Magta. 2015. Jurnal: Penerapan
Metode Bermain Melalui Kegiatan
Finger Painting Untuk
meningkatkan Kemampuan Motorik
halus. Diunduh pada tanggal 22
April 2018 pukul 20:00 WIB dari
http://scholar.google.co.id/
Elizabeth B. Hurlock. 2006.
Perkembangan Anak Jilid 2 (Edisi
Keenam). Jakarta: PT.Erlangga
Ghufron, Nur.M dan Rini Risnawita S.
2012. Teori-teori Psikologi.
Jogjakarta: ARR-RUZZMEDIA
Istiqomah Nufus. 2012. Naskah Publikasi:
Upaya Peningkatan Kreativitas
Anak Melalui Permainan Finger
Painting pada Anak Kelompok B di
TK Mojodoyong 3 Kedawung
Sragen. Diunduh pada tanggal 22
April 2018 pukul 20:00 WIB dari
http://scholar.google.co.id/
Listyowati Anies, Sugiyanto.2014. Finger
Painting. Jakarta: Erlangga For Kids
M.B.A Ridwan. 2013. Belajar Mudah
Penelitian untuk Guru-Karyawan
dan Peneliti Pemula. Bandung:
Alfabeta
Montolalu, B.E.F. 2010. Bermain dan
Permainan Anak. Jakarta:
Universitas Terbuka
Munandar Utami. 2012. Pengembangan
Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta:
Rineka Cipta
Munandar Utami S.C.2014.
mengembangkan Bakat dan
Kreativitas Anak Sekolah (petunjuk
bagi para Guru dan Orang tua).
Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana
Indonesia.
Nuraini Febri.2015. Jurnal: Peningkatan
Kreativitas melalui Finger Painting
pada Anak di RA Sunan Averrous
Bogoran,Bantul. Diunduh pada
tanggal 25 Juni 2018 pukul 18:40
WIB dari
http://scholar.google.co.id/
Pamadhi, Hajar dan Evan Sukardi S. 2012.
Seni Keterampilan Anak. Tangerang
Selatan: Universitas Terbuka
Rachmawati, Yeni dan Euis Kurniati.
2017. Strategi Pengembangan
Kreativitas Pada Anak Usia Taman
Kanak-Kanak. Jakarta: KENCANA
Susanto Ahmad. 2011. Perkembangan
Anak Usia Dini: Pengantar dalam
Berbagai Aspeknya. Jakarta:
KENCANA PRENADA MEDIA
GROUP
Susanto Ahmad. 2017. Pendidikan Anak
Usia Dini (Konsep dan Teori).
Jakarta: PT Bumi Aksara
References
Magta. 2015. Jurnal: Penerapan
Metode Bermain Melalui Kegiatan
Finger Painting Untuk
meningkatkan Kemampuan Motorik
halus. Diunduh pada tanggal 22
April 2018 pukul 20:00 WIB dari
http://scholar.google.co.id/
Elizabeth B. Hurlock. 2006.
Perkembangan Anak Jilid 2 (Edisi
Keenam). Jakarta: PT.Erlangga
Ghufron, Nur.M dan Rini Risnawita S.
2012. Teori-teori Psikologi.
Jogjakarta: ARR-RUZZMEDIA
Istiqomah Nufus. 2012. Naskah Publikasi:
Upaya Peningkatan Kreativitas
Anak Melalui Permainan Finger
Painting pada Anak Kelompok B di
TK Mojodoyong 3 Kedawung
Sragen. Diunduh pada tanggal 22
April 2018 pukul 20:00 WIB dari
http://scholar.google.co.id/
Listyowati Anies, Sugiyanto.2014. Finger
Painting. Jakarta: Erlangga For Kids
M.B.A Ridwan. 2013. Belajar Mudah
Penelitian untuk Guru-Karyawan
dan Peneliti Pemula. Bandung:
Alfabeta
Montolalu, B.E.F. 2010. Bermain dan
Permainan Anak. Jakarta:
Universitas Terbuka
Munandar Utami. 2012. Pengembangan
Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta:
Rineka Cipta
Munandar Utami S.C.2014.
mengembangkan Bakat dan
Kreativitas Anak Sekolah (petunjuk
bagi para Guru dan Orang tua).
Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana
Indonesia.
Nuraini Febri.2015. Jurnal: Peningkatan
Kreativitas melalui Finger Painting
pada Anak di RA Sunan Averrous
Bogoran,Bantul. Diunduh pada
tanggal 25 Juni 2018 pukul 18:40
WIB dari
http://scholar.google.co.id/
Pamadhi, Hajar dan Evan Sukardi S. 2012.
Seni Keterampilan Anak. Tangerang
Selatan: Universitas Terbuka
Rachmawati, Yeni dan Euis Kurniati.
2017. Strategi Pengembangan
Kreativitas Pada Anak Usia Taman
Kanak-Kanak. Jakarta: KENCANA
Susanto Ahmad. 2011. Perkembangan
Anak Usia Dini: Pengantar dalam
Berbagai Aspeknya. Jakarta:
KENCANA PRENADA MEDIA
GROUP
Susanto Ahmad. 2017. Pendidikan Anak
Usia Dini (Konsep dan Teori).
Jakarta: PT Bumi Aksara