Main Article Content
Abstract
Perkembangan moral dan agama pada anak usia dini merupakan tahap perkembangan
pertama yang harus diperhatikan dalam Satuan Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak
yang sudah disahkan kementrian pendidikan pada tahun 2009 dalam meningkatkan
pencapaian perkembangan anak usia 0-6 tahun di pembelajaran anak usia prasekolah.
Perkembangan ini tidak semata-mata diajarkan oleh guru di sekolah saja tetapi orang tua dan
orang dewasa yang ada di sekitar anak, maka orang dewasa di sekitarnya memilki pengaruh
penting dalam proses tumbuh kembang anak karena anak belajar dengan cara melihat lalu
meniru apa yang orang dewasa lakukan di sekitarnya. Selain itu perkembangan moral dan
agama memiliki peran penting dalam kehidupan anak sehari-hari, mulai dari cara bersikap
anak terhadap orang yang lebih tua dan teman sebayanya, saling tolong menolong dengan
orang lain serta memahami agama yang dianutnya. Membedakan perkembangan moral dan
agama di sekolah tempat anak usia dini tumbuh dan berkembang di dalam TK Islam dan TK
Umum, bukan perkara mudah dengan latar belakang sekolahnya yang sudah berbeda.
Perbedaan ini terlihat jelas dari hasil tabel nilai sig. 0,000 lebih < dari 0,05 maka Ho ditolak
dan menolak Ha, karena pembelajaran di TK Islam yang dilakukan di TK Aisyiyah Bustanul
Athfal merujuk pada Satuan Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak dan kurikilum
Kemuhammadiyahan, sedangakan di TK Umum hanya merujuk pada Satuan Tingkat
Pencapaian Perkembangan Anak.
Article Details
References
-
Ali, Mohammad dan Mohammad Asrori.
2014. Psikologi Remaja. Jakarta:
PT. Bumi Aksara.
Ahmad Rustam. 2016. Dasar-dasar
Statistik Dilengkapi Analisis
dengan Bantuan Excel dan SPSS
20. Kolaka: Penerbit Yolanda.
Anita, Yus. 2011, Model Pendidikan Anak
Usia Dini. Jakarta: Kencana
Prenada Media Group.
Desmita. 2014. Psikologi Perkembangan
Peserta Didik. Bandung. PT
Remaja Rosdakarya.Hidayat, Otib Satibi. 2010. Metode
Pengembangan Moral dan NilaiNilai Agama. Jakarta: Universitas
Terbuka.
Hildayani, Rini. 2011. Psikologi
Perkembangan Anak. Jakarta:
Universitas Terbuka
Hurlock, B. Elizabeth. 2003. Psikologi
Perkembangan. Jakarta: Penerbit
Erlangga
Jalaludin. 2012. Psikologi Agama. Jakarta:
PT. RajaGrafindo Persada.
Mansur. 2011. "Pendidikan Anak Usia
Dini Dalam Islam”. Yogyakarta:
Pustaka Pelajar.
Misbahudin dan Iqbal Hasan.2013.
Analisis Data Penelitian dengan
Statistik.Jakarta:Bumi Aksara
Peraturan Menteri Pendidikan Dan
Kebudayaan Republik Iindonesia
Nomor 137 Tahun 2014 Tentang
Standar Nasional Pendidikan
Aanak Usia Dini
Pramundya Ambara, Dididth Dkk. 2014.
Asesmen Anak Usia Dini.
Yogyakarta: Graha Ilmu
Rully Indrawan dan Ppoppy Yaniawati.
2016. Metodologi Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif, dan
Campuran. Bandung: PT Refika
Aditama.
Susanto, Ahmad. 2017. "Pendidikan Anak
Usia Dini”. Jakarta: PT. Bumi
Aksara
Wiratna Sujarweni. 2014. Metodologi
Penelitian. Yogyakarta: PT
Pustaka Baru.
Wirawan Sarwono, S. 2005. Psikologi
Sosial. Jakarta: Balai Pustaka
Zainal Arifin. 2014. Penelitian
Pendidikan. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.
JURNAL
Amir Syamsudin. 2012. Jurnal
"Penegmbangan Nilai-Nilai
Agama dan Moral pada Anak Usia
Dini”
Didik Supriyanto. 2015. Jurnal
"Penanaman Nilai Agama dan
Moral Anak dan Pendidikan
Keagamaan Orangtua”
Farida Agus Setiawati. 2006. Jurnal
"Pendidikan Moral Dan Nilai-Nilai
Agama Pada Anak Usia Dini:
Bukan Sekedar Rutinitas”.
H. Mahlan Asmar dan Siti Nurlianti.
Jurnal "Upaya Mengembangkan
Aaspek Nilai-Nilai Agama dan
Moral dalam Membedakan
Perbuatan Baik dan Buruk
Menggunakan Model Example
Non Example dengan Variasi
Media Papan Flanel Pada Anak
Kelompok TK Puspa Kencana
Banjarmasin”
Rizky Ananda. 2017. Jurnal
"Implementasi Nilai-Nilai Moral
dan Agama pada Aanak Usia Dini”
Sapendi. 2015. Jurnal "Internalisasi NilaiNilai Moral Agama Pada Anak
Usia Dini”
References
2014. Psikologi Remaja. Jakarta:
PT. Bumi Aksara.
Ahmad Rustam. 2016. Dasar-dasar
Statistik Dilengkapi Analisis
dengan Bantuan Excel dan SPSS
20. Kolaka: Penerbit Yolanda.
Anita, Yus. 2011, Model Pendidikan Anak
Usia Dini. Jakarta: Kencana
Prenada Media Group.
Desmita. 2014. Psikologi Perkembangan
Peserta Didik. Bandung. PT
Remaja Rosdakarya.Hidayat, Otib Satibi. 2010. Metode
Pengembangan Moral dan NilaiNilai Agama. Jakarta: Universitas
Terbuka.
Hildayani, Rini. 2011. Psikologi
Perkembangan Anak. Jakarta:
Universitas Terbuka
Hurlock, B. Elizabeth. 2003. Psikologi
Perkembangan. Jakarta: Penerbit
Erlangga
Jalaludin. 2012. Psikologi Agama. Jakarta:
PT. RajaGrafindo Persada.
Mansur. 2011. "Pendidikan Anak Usia
Dini Dalam Islam”. Yogyakarta:
Pustaka Pelajar.
Misbahudin dan Iqbal Hasan.2013.
Analisis Data Penelitian dengan
Statistik.Jakarta:Bumi Aksara
Peraturan Menteri Pendidikan Dan
Kebudayaan Republik Iindonesia
Nomor 137 Tahun 2014 Tentang
Standar Nasional Pendidikan
Aanak Usia Dini
Pramundya Ambara, Dididth Dkk. 2014.
Asesmen Anak Usia Dini.
Yogyakarta: Graha Ilmu
Rully Indrawan dan Ppoppy Yaniawati.
2016. Metodologi Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif, dan
Campuran. Bandung: PT Refika
Aditama.
Susanto, Ahmad. 2017. "Pendidikan Anak
Usia Dini”. Jakarta: PT. Bumi
Aksara
Wiratna Sujarweni. 2014. Metodologi
Penelitian. Yogyakarta: PT
Pustaka Baru.
Wirawan Sarwono, S. 2005. Psikologi
Sosial. Jakarta: Balai Pustaka
Zainal Arifin. 2014. Penelitian
Pendidikan. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.
JURNAL
Amir Syamsudin. 2012. Jurnal
"Penegmbangan Nilai-Nilai
Agama dan Moral pada Anak Usia
Dini”
Didik Supriyanto. 2015. Jurnal
"Penanaman Nilai Agama dan
Moral Anak dan Pendidikan
Keagamaan Orangtua”
Farida Agus Setiawati. 2006. Jurnal
"Pendidikan Moral Dan Nilai-Nilai
Agama Pada Anak Usia Dini:
Bukan Sekedar Rutinitas”.
H. Mahlan Asmar dan Siti Nurlianti.
Jurnal "Upaya Mengembangkan
Aaspek Nilai-Nilai Agama dan
Moral dalam Membedakan
Perbuatan Baik dan Buruk
Menggunakan Model Example
Non Example dengan Variasi
Media Papan Flanel Pada Anak
Kelompok TK Puspa Kencana
Banjarmasin”
Rizky Ananda. 2017. Jurnal
"Implementasi Nilai-Nilai Moral
dan Agama pada Aanak Usia Dini”
Sapendi. 2015. Jurnal "Internalisasi NilaiNilai Moral Agama Pada Anak
Usia Dini”