Main Article Content

Abstract

Perkembangan moral dan agama pada anak usia dini merupakan tahap perkembangan
pertama yang harus diperhatikan dalam Satuan Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak
yang sudah disahkan kementrian pendidikan pada tahun 2009 dalam meningkatkan
pencapaian perkembangan anak usia 0-6 tahun di pembelajaran anak usia prasekolah.
Perkembangan ini tidak semata-mata diajarkan oleh guru di sekolah saja tetapi orang tua dan
orang dewasa yang ada di sekitar anak, maka orang dewasa di sekitarnya memilki pengaruh
penting dalam proses tumbuh kembang anak karena anak belajar dengan cara melihat lalu
meniru apa yang orang dewasa lakukan di sekitarnya. Selain itu perkembangan moral dan
agama memiliki peran penting dalam kehidupan anak sehari-hari, mulai dari cara bersikap
anak terhadap orang yang lebih tua dan teman sebayanya, saling tolong menolong dengan
orang lain serta memahami agama yang dianutnya. Membedakan perkembangan moral dan
agama di sekolah tempat anak usia dini tumbuh dan berkembang di dalam TK Islam dan TK
Umum, bukan perkara mudah dengan latar belakang sekolahnya yang sudah berbeda.
Perbedaan ini terlihat jelas dari hasil tabel nilai sig. 0,000 lebih < dari 0,05 maka Ho ditolak
dan menolak Ha, karena pembelajaran di TK Islam yang dilakukan di TK Aisyiyah Bustanul
Athfal merujuk pada Satuan Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak dan kurikilum
Kemuhammadiyahan, sedangakan di TK Umum hanya merujuk pada Satuan Tingkat
Pencapaian Perkembangan Anak.

Article Details

References

    Ali, Mohammad dan Mohammad Asrori.
    2014. Psikologi Remaja. Jakarta:
    PT. Bumi Aksara.
    Ahmad Rustam. 2016. Dasar-dasar
    Statistik Dilengkapi Analisis
    dengan Bantuan Excel dan SPSS
    20. Kolaka: Penerbit Yolanda.
    Anita, Yus. 2011, Model Pendidikan Anak
    Usia Dini. Jakarta: Kencana
    Prenada Media Group.
    Desmita. 2014. Psikologi Perkembangan
    Peserta Didik. Bandung. PT
    Remaja Rosdakarya.Hidayat, Otib Satibi. 2010. Metode
    Pengembangan Moral dan NilaiNilai Agama. Jakarta: Universitas
    Terbuka.
    Hildayani, Rini. 2011. Psikologi
    Perkembangan Anak. Jakarta:
    Universitas Terbuka
    Hurlock, B. Elizabeth. 2003. Psikologi
    Perkembangan. Jakarta: Penerbit
    Erlangga
    Jalaludin. 2012. Psikologi Agama. Jakarta:
    PT. RajaGrafindo Persada.
    Mansur. 2011. “Pendidikan Anak Usia
    Dini Dalam Islam”. Yogyakarta:
    Pustaka Pelajar.
    Misbahudin dan Iqbal Hasan.2013.
    Analisis Data Penelitian dengan
    Statistik.Jakarta:Bumi Aksara
    Peraturan Menteri Pendidikan Dan
    Kebudayaan Republik Iindonesia
    Nomor 137 Tahun 2014 Tentang
    Standar Nasional Pendidikan
    Aanak Usia Dini
    Pramundya Ambara, Dididth Dkk. 2014.
    Asesmen Anak Usia Dini.
    Yogyakarta: Graha Ilmu
    Rully Indrawan dan Ppoppy Yaniawati.
    2016. Metodologi Penelitian
    Kuantitatif, Kualitatif, dan
    Campuran. Bandung: PT Refika
    Aditama.
    Susanto, Ahmad. 2017. “Pendidikan Anak
    Usia Dini”. Jakarta: PT. Bumi
    Aksara
    Wiratna Sujarweni. 2014. Metodologi
    Penelitian. Yogyakarta: PT
    Pustaka Baru.
    Wirawan Sarwono, S. 2005. Psikologi
    Sosial. Jakarta: Balai Pustaka
    Zainal Arifin. 2014. Penelitian
    Pendidikan. Bandung: PT Remaja
    Rosdakarya.
    JURNAL
    Amir Syamsudin. 2012. Jurnal
    “Penegmbangan Nilai-Nilai
    Agama dan Moral pada Anak Usia
    Dini”
    Didik Supriyanto. 2015. Jurnal
    “Penanaman Nilai Agama dan
    Moral Anak dan Pendidikan
    Keagamaan Orangtua”
    Farida Agus Setiawati. 2006. Jurnal
    “Pendidikan Moral Dan Nilai-Nilai
    Agama Pada Anak Usia Dini:
    Bukan Sekedar Rutinitas”.
    H. Mahlan Asmar dan Siti Nurlianti.
    Jurnal “Upaya Mengembangkan
    Aaspek Nilai-Nilai Agama dan
    Moral dalam Membedakan
    Perbuatan Baik dan Buruk
    Menggunakan Model Example
    Non Example dengan Variasi
    Media Papan Flanel Pada Anak
    Kelompok TK Puspa Kencana
    Banjarmasin”
    Rizky Ananda. 2017. Jurnal
    “Implementasi Nilai-Nilai Moral
    dan Agama pada Aanak Usia Dini”
    Sapendi. 2015. Jurnal “Internalisasi NilaiNilai Moral Agama Pada Anak
    Usia Dini”