Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh Pendekatan
Saintifik terhadap Kecerdasan Logis Matematis anak usia 5-6 tahun kecamatan Pulo
Gadung. Penelitian ini meggunakan Metode Kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di TK
Aisyiyah Bustanul Athfal Jakarta Timur. Populasi penelitian ini berjumlah 87 responden.
Sampel yang digunakan berjumlah 71 responden yaitu anak usia 5-6 tahun. Teknik
Sampling yang digunakan adalah Cluster Sampling (Area Sampling) dengan kuantitatif
dengan metode survei dengan teknik kausal. Setelah data berdistribusi normal dan linear
berdasarkan uji normalitas dan uji linieritas, dilanjutkan dengan analisis varian (ANAVA).
Berdasarkan hasil perhitungan regresi linear diperoleh v = 0,366 + 0,675X, dan nilai sig =
0,000/2 <0,05 yang berarti H0 ditolak. Oleh karena itu, hasil penelitian ini disimpulkan
bahwa ada hubungan antara pendekatan saintifik terhadap kecerdasan logis-matematis anak
usia 5-6 tahun dapat berkontribusi dilihat dari hasil R (Squere) yaitu 58,8%.

Keywords

Pendekatan Saintifik, Kecerdasan Logis-Matematis

Article Details

Author Biography

Eka Fitriani

 

References

  1. Agustin, Mubjar. 2018. Jurnal: menggali
  2. dan mengembangkan potensi
  3. kecerdasan jamak anak sejak usia
  4. dini sebagai tonggak generasi
  5. emas. Diunduh pada tanggal 22
  6. maret 2018 pukul 19.00 WIB dari
  7. http://scholar.google.co.id/
  8. Anggraeni, Ni’mawati. 2014. Jurnal:
  9. studi kemampuan
  10. mengkalsifikasikan berdasarkan
  11. satu, dua, tiga kategori ( warna,
  12. bentu, dan ukuran). Diunduh pada
  13. tangggal 22 maret 2018 pukul 19.27
  14. WIB dari
  15. http://scholar.google.co.id/
  16. Arifin, Zainal. 2014. Penelitian
  17. Pendidikan metode dan paradigma
  18. Baru. Bandung: Rosda
  19. Arismayani, Nani dan M. Yusuf T. 2015.
  20. Jurnal Matematika dan
  21. Pembelajaran: Pengaruh pendekatan
  22. Pembelajaran dan Kecerdasan
  23. Logis-Matematis Terhadap Hasil
  24. Belajar Matematika Siswa kelas VII
  25. SMP NEGRI 1 Polong Bangkeng
  26. Utara Kabupaten Takalar. Makasar:
  27. FKIP UIN Makasar.
  28. Cambell, Linda dkk. Metode praktis
  29. pembelajran berbassisi multiple
  30. intelegences. Penerbit
  31. Dakir. 2010. Perencanaan dan
  32. Pengembangan Kurikulum. Jakarta:
  33. PT. Rineka Cipta
  34. Drs. Daryanto. 2014. Pendekatan
  35. pembelajaran saintifik kurikulum
  36. 2013. Yogyakarta: Penerbit Gaya
  37. Media
  38. Drs. Ridwan. 2013. Belajar Mudah
  39. Penelitian Untuk Guru dan
  40. Karyawan dan Peneliti Pemula.
  41. Bandung Alfabeta
  42. Fadillah. 2014. Impplementasi Kurikulum
  43. 2013 dalam pembelajran SD/MI,
  44. SMP/MTS, & SMA/MA.
  45. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
  46. Fiani, Eva Agus, dkk. 2012. Jurnal:
  47. Pengaruh Pendekatan Multisensori
  48. Terhadap Kecerdasan LogikaMatematika pada anak Kelompok A
  49. di Taman Kanak-Kanak Kabupaten
  50. Kendal. Kendal: Universitas Negri
  51. Semarang
  52. FKIP UHAMKA. 2016. Pedoman
  53. Penulisan Karya Ilmiah Skripsi,
  54. Artikel, dan Makalah. Jakarta:
  55. FKIP UHAMKA
  56. Gadner, Howard.2003. Kecerdasan
  57. Majemuk. Batam : Ineraksara
  58. Haenilah ,Een Y. 2015. Kurikulum dan
  59. Pembelajaran PAUD. Yogyakarta:
  60. Media Akademi.
  61. Hamalik, Oemar. 2015. Kurikulum dan
  62. pembelajaran. Jakarta: Bumi
  63. Aksara
  64. Hidayat ,Rakhmat. 2011. Pengantar
  65. Sosiologi Kurikulum. Jakarta: PT.
  66. RajaGrafindo Persada
  67. Hidayat ,Sholeh. 2015. Pengembangan
  68. Kurikulm Baru. Bandung: PT.
  69. Remaja Rosdakarya
  70. Lwin, May Dkk. 2008. Cara
  71. mengembangkan berbagai
  72. komponen keceradasan. Indonesia:
  73. PT. Indeks
  74. Mudita, Eva Komang dkk.2016. Jurnal:
  75. Penerapan Media Puzzel Gambar
  76. untuk Meningkatkan Kecerdasan
  77. Logika Matematika Anak Kelompok
  78. B di PAUD Pradnya Paramita
  79. Singaraja. Singaraja: Universitas
  80. Pendidikan Ganesa
  81. Nurdyansyah & Musfiqon. 2015.
  82. Pendekatan Pembelajaran Saintifik.
  83. Sidoarjo: Nizamia Learning Center
  84. Peraturan Pemerintah Kementrian
  85. Pendidikan dan Kebudayaan
  86. Republik Indonesia Nomor 70
  87. Tahun 2013. Tentang Kerangka
  88. Dasar dan Struktur Kurikulum
  89. SMK. Jakarta: Depdiknas
  90. Peraturan Pemerintah Kementrian
  91. Pendidikan dan Kebudayaan
  92. Republik Indonesia Nomor 81 a
  93. Tahun 2013. Tentang implementasi
  94. kurikulum. Jakarta: Depdiknas
  95. Peraturan Mentri Pendidikan dan
  96. Kebudayaan Republik Indonesia
  97. Nomor 146 Tahun 2014. Tentang
  98. Kurikulum 2013 Pendidkan Anak
  99. Usia Dini. Jakarta: Depdiknas