Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh Pendekatan
Saintifik terhadap Kecerdasan Logis Matematis anak usia 5-6 tahun kecamatan Pulo
Gadung. Penelitian ini meggunakan Metode Kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di TK
Aisyiyah Bustanul Athfal Jakarta Timur. Populasi penelitian ini berjumlah 87 responden.
Sampel yang digunakan berjumlah 71 responden yaitu anak usia 5-6 tahun. Teknik
Sampling yang digunakan adalah Cluster Sampling (Area Sampling) dengan kuantitatif
dengan metode survei dengan teknik kausal. Setelah data berdistribusi normal dan linear
berdasarkan uji normalitas dan uji linieritas, dilanjutkan dengan analisis varian (ANAVA).
Berdasarkan hasil perhitungan regresi linear diperoleh v = 0,366 + 0,675X, dan nilai sig =
0,000/2 <0,05 yang berarti H0 ditolak. Oleh karena itu, hasil penelitian ini disimpulkan
bahwa ada hubungan antara pendekatan saintifik terhadap kecerdasan logis-matematis anak
usia 5-6 tahun dapat berkontribusi dilihat dari hasil R (Squere) yaitu 58,8%.

Keywords

Pendekatan Saintifik, Kecerdasan Logis-Matematis

Article Details

Author Biography

Eka Fitriani

 

References

    Agustin, Mubjar. 2018. Jurnal: menggali
    dan mengembangkan potensi
    kecerdasan jamak anak sejak usia
    dini sebagai tonggak generasi
    emas. Diunduh pada tanggal 22
    maret 2018 pukul 19.00 WIB dari
    http://scholar.google.co.id/
    Anggraeni, Ni’mawati. 2014. Jurnal:
    studi kemampuan
    mengkalsifikasikan berdasarkan
    satu, dua, tiga kategori ( warna,
    bentu, dan ukuran). Diunduh pada
    tangggal 22 maret 2018 pukul 19.27
    WIB dari
    http://scholar.google.co.id/
    Arifin, Zainal. 2014. Penelitian
    Pendidikan metode dan paradigma
    Baru. Bandung: Rosda
    Arismayani, Nani dan M. Yusuf T. 2015.
    Jurnal Matematika dan
    Pembelajaran: Pengaruh pendekatan
    Pembelajaran dan Kecerdasan
    Logis-Matematis Terhadap Hasil
    Belajar Matematika Siswa kelas VII
    SMP NEGRI 1 Polong Bangkeng
    Utara Kabupaten Takalar. Makasar:
    FKIP UIN Makasar.
    Cambell, Linda dkk. Metode praktis
    pembelajran berbassisi multiple
    intelegences. Penerbit
    Dakir. 2010. Perencanaan dan
    Pengembangan Kurikulum. Jakarta:
    PT. Rineka Cipta
    Drs. Daryanto. 2014. Pendekatan
    pembelajaran saintifik kurikulum
    2013. Yogyakarta: Penerbit Gaya
    Media
    Drs. Ridwan. 2013. Belajar Mudah
    Penelitian Untuk Guru dan
    Karyawan dan Peneliti Pemula.
    Bandung Alfabeta
    Fadillah. 2014. Impplementasi Kurikulum
    2013 dalam pembelajran SD/MI,
    SMP/MTS, & SMA/MA.
    Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
    Fiani, Eva Agus, dkk. 2012. Jurnal:
    Pengaruh Pendekatan Multisensori
    Terhadap Kecerdasan LogikaMatematika pada anak Kelompok A
    di Taman Kanak-Kanak Kabupaten
    Kendal. Kendal: Universitas Negri
    Semarang
    FKIP UHAMKA. 2016. Pedoman
    Penulisan Karya Ilmiah Skripsi,
    Artikel, dan Makalah. Jakarta:
    FKIP UHAMKA
    Gadner, Howard.2003. Kecerdasan
    Majemuk. Batam : Ineraksara
    Haenilah ,Een Y. 2015. Kurikulum dan
    Pembelajaran PAUD. Yogyakarta:
    Media Akademi.
    Hamalik, Oemar. 2015. Kurikulum dan
    pembelajaran. Jakarta: Bumi
    Aksara
    Hidayat ,Rakhmat. 2011. Pengantar
    Sosiologi Kurikulum. Jakarta: PT.
    RajaGrafindo Persada
    Hidayat ,Sholeh. 2015. Pengembangan
    Kurikulm Baru. Bandung: PT.
    Remaja Rosdakarya
    Lwin, May Dkk. 2008. Cara
    mengembangkan berbagai
    komponen keceradasan. Indonesia:
    PT. Indeks
    Mudita, Eva Komang dkk.2016. Jurnal:
    Penerapan Media Puzzel Gambar
    untuk Meningkatkan Kecerdasan
    Logika Matematika Anak Kelompok
    B di PAUD Pradnya Paramita
    Singaraja. Singaraja: Universitas
    Pendidikan Ganesa
    Nurdyansyah & Musfiqon. 2015.
    Pendekatan Pembelajaran Saintifik.
    Sidoarjo: Nizamia Learning Center
    Peraturan Pemerintah Kementrian
    Pendidikan dan Kebudayaan
    Republik Indonesia Nomor 70
    Tahun 2013. Tentang Kerangka
    Dasar dan Struktur Kurikulum
    SMK. Jakarta: Depdiknas
    Peraturan Pemerintah Kementrian
    Pendidikan dan Kebudayaan
    Republik Indonesia Nomor 81 a
    Tahun 2013. Tentang implementasi
    kurikulum. Jakarta: Depdiknas
    Peraturan Mentri Pendidikan dan
    Kebudayaan Republik Indonesia
    Nomor 146 Tahun 2014. Tentang
    Kurikulum 2013 Pendidkan Anak
    Usia Dini. Jakarta: Depdiknas