Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh Pendekatan
Saintifik terhadap Kecerdasan Logis Matematis anak usia 5-6 tahun kecamatan Pulo
Gadung. Penelitian ini meggunakan Metode Kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di TK
Aisyiyah Bustanul Athfal Jakarta Timur. Populasi penelitian ini berjumlah 87 responden.
Sampel yang digunakan berjumlah 71 responden yaitu anak usia 5-6 tahun. Teknik
Sampling yang digunakan adalah Cluster Sampling (Area Sampling) dengan kuantitatif
dengan metode survei dengan teknik kausal. Setelah data berdistribusi normal dan linear
berdasarkan uji normalitas dan uji linieritas, dilanjutkan dengan analisis varian (ANAVA).
Berdasarkan hasil perhitungan regresi linear diperoleh v = 0,366 + 0,675X, dan nilai sig =
0,000/2 <0,05 yang berarti H0 ditolak. Oleh karena itu, hasil penelitian ini disimpulkan
bahwa ada hubungan antara pendekatan saintifik terhadap kecerdasan logis-matematis anak
usia 5-6 tahun dapat berkontribusi dilihat dari hasil R (Squere) yaitu 58,8%.
Keywords
Article Details
References
-
Agustin, Mubjar. 2018. Jurnal: menggali
dan mengembangkan potensi
kecerdasan jamak anak sejak usia
dini sebagai tonggak generasi
emas. Diunduh pada tanggal 22
maret 2018 pukul 19.00 WIB dari
http://scholar.google.co.id/
Anggraeni, Ni'mawati. 2014. Jurnal:
studi kemampuan
mengkalsifikasikan berdasarkan
satu, dua, tiga kategori ( warna,
bentu, dan ukuran). Diunduh pada
tangggal 22 maret 2018 pukul 19.27
WIB dari
http://scholar.google.co.id/
Arifin, Zainal. 2014. Penelitian
Pendidikan metode dan paradigma
Baru. Bandung: Rosda
Arismayani, Nani dan M. Yusuf T. 2015.
Jurnal Matematika dan
Pembelajaran: Pengaruh pendekatan
Pembelajaran dan Kecerdasan
Logis-Matematis Terhadap Hasil
Belajar Matematika Siswa kelas VII
SMP NEGRI 1 Polong Bangkeng
Utara Kabupaten Takalar. Makasar:
FKIP UIN Makasar.
Cambell, Linda dkk. Metode praktis
pembelajran berbassisi multiple
intelegences. Penerbit
Dakir. 2010. Perencanaan dan
Pengembangan Kurikulum. Jakarta:
PT. Rineka Cipta
Drs. Daryanto. 2014. Pendekatan
pembelajaran saintifik kurikulum
2013. Yogyakarta: Penerbit Gaya
Media
Drs. Ridwan. 2013. Belajar Mudah
Penelitian Untuk Guru dan
Karyawan dan Peneliti Pemula.
Bandung Alfabeta
Fadillah. 2014. Impplementasi Kurikulum
2013 dalam pembelajran SD/MI,
SMP/MTS, & SMA/MA.
Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Fiani, Eva Agus, dkk. 2012. Jurnal:
Pengaruh Pendekatan Multisensori
Terhadap Kecerdasan LogikaMatematika pada anak Kelompok A
di Taman Kanak-Kanak Kabupaten
Kendal. Kendal: Universitas Negri
Semarang
FKIP UHAMKA. 2016. Pedoman
Penulisan Karya Ilmiah Skripsi,
Artikel, dan Makalah. Jakarta:
FKIP UHAMKA
Gadner, Howard.2003. Kecerdasan
Majemuk. Batam : Ineraksara
Haenilah ,Een Y. 2015. Kurikulum dan
Pembelajaran PAUD. Yogyakarta:
Media Akademi.
Hamalik, Oemar. 2015. Kurikulum dan
pembelajaran. Jakarta: Bumi
Aksara
Hidayat ,Rakhmat. 2011. Pengantar
Sosiologi Kurikulum. Jakarta: PT.
RajaGrafindo Persada
Hidayat ,Sholeh. 2015. Pengembangan
Kurikulm Baru. Bandung: PT.
Remaja Rosdakarya
Lwin, May Dkk. 2008. Cara
mengembangkan berbagai
komponen keceradasan. Indonesia:
PT. Indeks
Mudita, Eva Komang dkk.2016. Jurnal:
Penerapan Media Puzzel Gambar
untuk Meningkatkan Kecerdasan
Logika Matematika Anak Kelompok
B di PAUD Pradnya Paramita
Singaraja. Singaraja: Universitas
Pendidikan Ganesa
Nurdyansyah & Musfiqon. 2015.
Pendekatan Pembelajaran Saintifik.
Sidoarjo: Nizamia Learning Center
Peraturan Pemerintah Kementrian
Pendidikan dan Kebudayaan
Republik Indonesia Nomor 70
Tahun 2013. Tentang Kerangka
Dasar dan Struktur Kurikulum
SMK. Jakarta: Depdiknas
Peraturan Pemerintah Kementrian
Pendidikan dan Kebudayaan
Republik Indonesia Nomor 81 a
Tahun 2013. Tentang implementasi
kurikulum. Jakarta: Depdiknas
Peraturan Mentri Pendidikan dan
Kebudayaan Republik Indonesia
Nomor 146 Tahun 2014. Tentang
Kurikulum 2013 Pendidkan Anak
Usia Dini. Jakarta: Depdiknas
References
dan mengembangkan potensi
kecerdasan jamak anak sejak usia
dini sebagai tonggak generasi
emas. Diunduh pada tanggal 22
maret 2018 pukul 19.00 WIB dari
http://scholar.google.co.id/
Anggraeni, Ni'mawati. 2014. Jurnal:
studi kemampuan
mengkalsifikasikan berdasarkan
satu, dua, tiga kategori ( warna,
bentu, dan ukuran). Diunduh pada
tangggal 22 maret 2018 pukul 19.27
WIB dari
http://scholar.google.co.id/
Arifin, Zainal. 2014. Penelitian
Pendidikan metode dan paradigma
Baru. Bandung: Rosda
Arismayani, Nani dan M. Yusuf T. 2015.
Jurnal Matematika dan
Pembelajaran: Pengaruh pendekatan
Pembelajaran dan Kecerdasan
Logis-Matematis Terhadap Hasil
Belajar Matematika Siswa kelas VII
SMP NEGRI 1 Polong Bangkeng
Utara Kabupaten Takalar. Makasar:
FKIP UIN Makasar.
Cambell, Linda dkk. Metode praktis
pembelajran berbassisi multiple
intelegences. Penerbit
Dakir. 2010. Perencanaan dan
Pengembangan Kurikulum. Jakarta:
PT. Rineka Cipta
Drs. Daryanto. 2014. Pendekatan
pembelajaran saintifik kurikulum
2013. Yogyakarta: Penerbit Gaya
Media
Drs. Ridwan. 2013. Belajar Mudah
Penelitian Untuk Guru dan
Karyawan dan Peneliti Pemula.
Bandung Alfabeta
Fadillah. 2014. Impplementasi Kurikulum
2013 dalam pembelajran SD/MI,
SMP/MTS, & SMA/MA.
Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Fiani, Eva Agus, dkk. 2012. Jurnal:
Pengaruh Pendekatan Multisensori
Terhadap Kecerdasan LogikaMatematika pada anak Kelompok A
di Taman Kanak-Kanak Kabupaten
Kendal. Kendal: Universitas Negri
Semarang
FKIP UHAMKA. 2016. Pedoman
Penulisan Karya Ilmiah Skripsi,
Artikel, dan Makalah. Jakarta:
FKIP UHAMKA
Gadner, Howard.2003. Kecerdasan
Majemuk. Batam : Ineraksara
Haenilah ,Een Y. 2015. Kurikulum dan
Pembelajaran PAUD. Yogyakarta:
Media Akademi.
Hamalik, Oemar. 2015. Kurikulum dan
pembelajaran. Jakarta: Bumi
Aksara
Hidayat ,Rakhmat. 2011. Pengantar
Sosiologi Kurikulum. Jakarta: PT.
RajaGrafindo Persada
Hidayat ,Sholeh. 2015. Pengembangan
Kurikulm Baru. Bandung: PT.
Remaja Rosdakarya
Lwin, May Dkk. 2008. Cara
mengembangkan berbagai
komponen keceradasan. Indonesia:
PT. Indeks
Mudita, Eva Komang dkk.2016. Jurnal:
Penerapan Media Puzzel Gambar
untuk Meningkatkan Kecerdasan
Logika Matematika Anak Kelompok
B di PAUD Pradnya Paramita
Singaraja. Singaraja: Universitas
Pendidikan Ganesa
Nurdyansyah & Musfiqon. 2015.
Pendekatan Pembelajaran Saintifik.
Sidoarjo: Nizamia Learning Center
Peraturan Pemerintah Kementrian
Pendidikan dan Kebudayaan
Republik Indonesia Nomor 70
Tahun 2013. Tentang Kerangka
Dasar dan Struktur Kurikulum
SMK. Jakarta: Depdiknas
Peraturan Pemerintah Kementrian
Pendidikan dan Kebudayaan
Republik Indonesia Nomor 81 a
Tahun 2013. Tentang implementasi
kurikulum. Jakarta: Depdiknas
Peraturan Mentri Pendidikan dan
Kebudayaan Republik Indonesia
Nomor 146 Tahun 2014. Tentang
Kurikulum 2013 Pendidkan Anak
Usia Dini. Jakarta: Depdiknas