Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kompetensi guru PAUD yang
berpendidikan S1 PAUD dengan S1 non PAUD di TK Aisyiyah Bustanul Athfal
Kotamadya Jakarta Timur. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif komparatif.
Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa kuesioner kepada responden. Instrumen
yang digunakan dalam penelitian ini berupa kompetensi profesional guru. populasi
penelitian ini berjumlah 44 guru yang seluruhnya diteliti dari 11 sekolah. Teknik sampling
yang digunakan adalah teknik sampling jenuh. Metode penguji hipotesis menggunakan uji
Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan antara kompetensi
profesional guru PAUD yang S1 PAUD dengan S1 non PAUD. Perbedaan tersebut
ditunjukkan dengan perhitungan menggunakan SPSS 20 uji Mann Whitney, yaitu hasil sig
0,000 lebih kecil dari 0,05. Oleh karena itu, hasil penelitian ini disimpulkan bahwa ada
perbedaan kompetensi profesional guru PAUD yang Berpendidikan S1 PAUD dengan S1
non PAUD.
Keywords
Article Details
References
-
Undang-Undang Republik Indonesia
Nomor 14 Tahun 2005 Tentang
Guru dan Dosen
Widi Wulansari, dkk, "Evaluasi
Kompetensi Lulusan Program Studi
Pendidikan Guru Pendidikan Anak
Usia Dini Universitas Nusantara
PGRI Kediri”. Realita. Vol. 15 No.
1, Kediri 2017
Winda Marienda, dkk. "Kompetensi Dan
Profesionalisme Guru Pendidikan
Anak Usia Dini”, Prosiding. Vol. 2
No. 2
Pada Peraturan Menteri Pendidikan dan
Kebudayaan (Permendikbud) RI
Nomor 137 Tahun 2014 tentang
Standard PAUD
M. Yusuf Tahir. "Revitalisasi Dan
Visibility Pengembangan
Pendidikan Islam Anak Usia Di
Sulawesi Selatan”, Jurnal Imiah
Pendidikan Islam Anak Usia Dini.
Vol. 2 No. 1, Juni 2017
Indrawati Noor Kamila, "Perbedaan
Kinerja Mengajar Guru Pendidikan
Anak Usia Dini Ditijau Dari Latar
Belakang Pendidikan”, Jurnal. Vol.
3 No. 1, Tunas Siliwangi
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional
No. 16 Tahun 2007 Tentang
Standar Kualifikasi Akademik dan
Kompetensi Guru
Dadan Suryana, "Profesionalisme Guru
Pendidikan Anak Usia Dini
Berbasis Peraturan No. 58 Tahun
2009". Jurnal Ilmiah Ilmu
Pendidikan. Vol. XIII No. 2,
November 2013
Misbahudin dan Iqbal Hasan.2013.
Analisis Data Penelitian dengan
Statistik.Jakarta:Bumi Aksara
Kadir. 2015. Statistika Terapan Konsep,
Contoh, dan Analisis Data Dengan
Program SPSS/Lisrel Dalam
Penelitian. Jakarta: PT
RAJAGRAFINDO PERSADA
References
Nomor 14 Tahun 2005 Tentang
Guru dan Dosen
Widi Wulansari, dkk, "Evaluasi
Kompetensi Lulusan Program Studi
Pendidikan Guru Pendidikan Anak
Usia Dini Universitas Nusantara
PGRI Kediri”. Realita. Vol. 15 No.
1, Kediri 2017
Winda Marienda, dkk. "Kompetensi Dan
Profesionalisme Guru Pendidikan
Anak Usia Dini”, Prosiding. Vol. 2
No. 2
Pada Peraturan Menteri Pendidikan dan
Kebudayaan (Permendikbud) RI
Nomor 137 Tahun 2014 tentang
Standard PAUD
M. Yusuf Tahir. "Revitalisasi Dan
Visibility Pengembangan
Pendidikan Islam Anak Usia Di
Sulawesi Selatan”, Jurnal Imiah
Pendidikan Islam Anak Usia Dini.
Vol. 2 No. 1, Juni 2017
Indrawati Noor Kamila, "Perbedaan
Kinerja Mengajar Guru Pendidikan
Anak Usia Dini Ditijau Dari Latar
Belakang Pendidikan”, Jurnal. Vol.
3 No. 1, Tunas Siliwangi
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional
No. 16 Tahun 2007 Tentang
Standar Kualifikasi Akademik dan
Kompetensi Guru
Dadan Suryana, "Profesionalisme Guru
Pendidikan Anak Usia Dini
Berbasis Peraturan No. 58 Tahun
2009". Jurnal Ilmiah Ilmu
Pendidikan. Vol. XIII No. 2,
November 2013
Misbahudin dan Iqbal Hasan.2013.
Analisis Data Penelitian dengan
Statistik.Jakarta:Bumi Aksara
Kadir. 2015. Statistika Terapan Konsep,
Contoh, dan Analisis Data Dengan
Program SPSS/Lisrel Dalam
Penelitian. Jakarta: PT
RAJAGRAFINDO PERSADA