Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh interaksi sosial di lingkungan rumha
terhadap perkembangan bahasa anak usia 4-5 tahun di PAUD AYAH BUNDA Jakarta
Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Survei. penelitian ini
menggunakan dengan pendekatan kuantitatif asaosiatif. Instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini berupa angket. Pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Sampling
Jenuh. Total Populasi penelitian ini berjumlah 34 anak yang ada di PAUD Ayah Bunda
Cililitan Jakarta Timur, Sedangkan yang menjadi sampel 34 anak di PAUD Ayah Bunda
Cililitan Jakarta Timur karena Penentuan sampel dilakukan dengan terlebih dahulu
memastikan bahwa sampel adalah peserta didik yang berada pada rentang usia 4-5 tahun.
Uji persamaan regresi linier setelah perlakuan menggunakan SPSS 20 for Windows. Haisl
perhitungan diperoleh Y = 7,902 + 1,797X dan sig. = 0,000/2 = 0 <0,05 atau Ho ditolak
yang artinya terdapat Pengaruh Interaksi Sosial Di Lingkungan Rumah Terhadap
Perkembangan Bahasa Anak Usia 4 -5 Tahun Di PAUD Ayah Bunda Cililitan
Jakarta Timur. Pengaruh Interaksi Sosial Di Lingkungan Rumah Terhadap Perkembangan
Bahasa Anak Usia 4 -5 dapat berkontribusi dilihat dari hasil R (Adjusted R Square) yaitu
83,8%.
Keywords
Article Details
References
-
Abu Ahmadi. 1991. Pengantar Sosiologi
Sebagai pembanding. Jakrta: PT.
Rineka Cipta.
Dagun Save M. 2002. Psikologi
Keluarga: Peranan Ayah dalam
Keluarga. Jakarta: PT Asdi
Mahasatya.
Indrawan Rully, Yaniawati Poppy.
2016.Metodologi Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif, Dan
Campuran Untuk Manajemen,
Pembangunan, dan Pendidikan.
Bandung: PT. Refika Aditama.
Martini Jamaris. 2006.Perkembangan dan
Pengembangan Anak Usia Taman
Kanak-Kanak. Jakarta: PT
Grasindo..
Martono Nanang. 2014. Metode
Penelitian Kuantitatif (Analisis isi
dan analisis data sekunder).Edisi
Revisi 2. Jakarta:Rajawali Pers.
Peraturan Menteri Pendidikan Dan
Kebudayaan Republik Indonesia
Nomer 137 Tahun 2014 Tentang
Standar Nasional Pendidikn Anak
Usia Dini.
Riduwan. 2013. Belajar Mudah
Penelitian Untuk Guru-Karyawan
Dan Penelitian Pemula. Bandung:
Alfabeta.
Soerjono Soekanto. 2006. Sosiologi Suatu
Pengantar. Jakarta: PT. Raja
Gravindo Persada.
Susanto Ahmad. 2011 Perkembangan
Anak Usia Dini : Pengantar Dalam
Berbagai Aspekny. Jakarta:
Kencana.
Susanto Ahmad. 2017.Pendidikan Anak
Usia Dini (Konsep dan Teori).
Jakarta:Bumi Aksara.
Upton Penney. 2012. Psikologi
Perkembangan. Jakarta : PT.
Gelora Aksara Pratama.
William Crain 2007. Teori
Perkembangan Konsep dan
Aplikasi. Edisi ketiga. Yogyakarta:
Pustaka Pelajar.
Yusuf Syamsu. 2006. Psikologi
Perkembangan Anak dan Remaja.
Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Bandung.
JURNAL
Jurnal Meitasari, Rizki. Upaya
Meningkatkan Kemampuan
Interaksi Sosial Melalui Metode
Bermain Peran dengan Tema
Bermain Pekerjaan Anak Kelompok
B TK AISYIYAH BUSTANUL
ATHFAL Sangkanayu Kecamatan
Mrebet Kabupaten Purbalingga
Semester Genap Tahun 2011/2012.
(diakses 21 Juli2018).
References
Sebagai pembanding. Jakrta: PT.
Rineka Cipta.
Dagun Save M. 2002. Psikologi
Keluarga: Peranan Ayah dalam
Keluarga. Jakarta: PT Asdi
Mahasatya.
Indrawan Rully, Yaniawati Poppy.
2016.Metodologi Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif, Dan
Campuran Untuk Manajemen,
Pembangunan, dan Pendidikan.
Bandung: PT. Refika Aditama.
Martini Jamaris. 2006.Perkembangan dan
Pengembangan Anak Usia Taman
Kanak-Kanak. Jakarta: PT
Grasindo..
Martono Nanang. 2014. Metode
Penelitian Kuantitatif (Analisis isi
dan analisis data sekunder).Edisi
Revisi 2. Jakarta:Rajawali Pers.
Peraturan Menteri Pendidikan Dan
Kebudayaan Republik Indonesia
Nomer 137 Tahun 2014 Tentang
Standar Nasional Pendidikn Anak
Usia Dini.
Riduwan. 2013. Belajar Mudah
Penelitian Untuk Guru-Karyawan
Dan Penelitian Pemula. Bandung:
Alfabeta.
Soerjono Soekanto. 2006. Sosiologi Suatu
Pengantar. Jakarta: PT. Raja
Gravindo Persada.
Susanto Ahmad. 2011 Perkembangan
Anak Usia Dini : Pengantar Dalam
Berbagai Aspekny. Jakarta:
Kencana.
Susanto Ahmad. 2017.Pendidikan Anak
Usia Dini (Konsep dan Teori).
Jakarta:Bumi Aksara.
Upton Penney. 2012. Psikologi
Perkembangan. Jakarta : PT.
Gelora Aksara Pratama.
William Crain 2007. Teori
Perkembangan Konsep dan
Aplikasi. Edisi ketiga. Yogyakarta:
Pustaka Pelajar.
Yusuf Syamsu. 2006. Psikologi
Perkembangan Anak dan Remaja.
Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Bandung.
JURNAL
Jurnal Meitasari, Rizki. Upaya
Meningkatkan Kemampuan
Interaksi Sosial Melalui Metode
Bermain Peran dengan Tema
Bermain Pekerjaan Anak Kelompok
B TK AISYIYAH BUSTANUL
ATHFAL Sangkanayu Kecamatan
Mrebet Kabupaten Purbalingga
Semester Genap Tahun 2011/2012.
(diakses 21 Juli2018).