Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh interaksi sosial di lingkungan rumha
terhadap perkembangan bahasa anak usia 4-5 tahun di PAUD AYAH BUNDA Jakarta
Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Survei. penelitian ini
menggunakan dengan pendekatan kuantitatif asaosiatif. Instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini berupa angket. Pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Sampling
Jenuh. Total Populasi penelitian ini berjumlah 34 anak yang ada di PAUD Ayah Bunda
Cililitan Jakarta Timur, Sedangkan yang menjadi sampel 34 anak di PAUD Ayah Bunda
Cililitan Jakarta Timur karena Penentuan sampel dilakukan dengan terlebih dahulu
memastikan bahwa sampel adalah peserta didik yang berada pada rentang usia 4-5 tahun.
Uji persamaan regresi linier setelah perlakuan menggunakan SPSS 20 for Windows. Haisl
perhitungan diperoleh Y = 7,902 + 1,797X dan sig. = 0,000/2 = 0 <0,05 atau Ho ditolak
yang artinya terdapat Pengaruh Interaksi Sosial Di Lingkungan Rumah Terhadap
Perkembangan Bahasa Anak Usia 4 -5 Tahun Di PAUD Ayah Bunda Cililitan
Jakarta Timur. Pengaruh Interaksi Sosial Di Lingkungan Rumah Terhadap Perkembangan
Bahasa Anak Usia 4 -5 dapat berkontribusi dilihat dari hasil R (Adjusted R Square) yaitu
83,8%.

Keywords

perkembangan bahasa anak usia 4-5 tahun, interaksi sosial di lingkungan rumah.

Article Details

References

    Abu Ahmadi. 1991. Pengantar Sosiologi
    Sebagai pembanding. Jakrta: PT.
    Rineka Cipta.
    Dagun Save M. 2002. Psikologi
    Keluarga: Peranan Ayah dalam
    Keluarga. Jakarta: PT Asdi
    Mahasatya.
    Indrawan Rully, Yaniawati Poppy.
    2016.Metodologi Penelitian
    Kuantitatif, Kualitatif, Dan
    Campuran Untuk Manajemen,
    Pembangunan, dan Pendidikan.
    Bandung: PT. Refika Aditama.
    Martini Jamaris. 2006.Perkembangan dan
    Pengembangan Anak Usia Taman
    Kanak-Kanak. Jakarta: PT
    Grasindo..
    Martono Nanang. 2014. Metode
    Penelitian Kuantitatif (Analisis isi
    dan analisis data sekunder).Edisi
    Revisi 2. Jakarta:Rajawali Pers.
    Peraturan Menteri Pendidikan Dan
    Kebudayaan Republik Indonesia
    Nomer 137 Tahun 2014 Tentang
    Standar Nasional Pendidikn Anak
    Usia Dini.
    Riduwan. 2013. Belajar Mudah
    Penelitian Untuk Guru-Karyawan
    Dan Penelitian Pemula. Bandung:
    Alfabeta.
    Soerjono Soekanto. 2006. Sosiologi Suatu
    Pengantar. Jakarta: PT. Raja
    Gravindo Persada.
    Susanto Ahmad. 2011 Perkembangan
    Anak Usia Dini : Pengantar Dalam
    Berbagai Aspekny. Jakarta:
    Kencana.
    Susanto Ahmad. 2017.Pendidikan Anak
    Usia Dini (Konsep dan Teori).
    Jakarta:Bumi Aksara.
    Upton Penney. 2012. Psikologi
    Perkembangan. Jakarta : PT.
    Gelora Aksara Pratama.
    William Crain 2007. Teori
    Perkembangan Konsep dan
    Aplikasi. Edisi ketiga. Yogyakarta:
    Pustaka Pelajar.
    Yusuf Syamsu. 2006. Psikologi
    Perkembangan Anak dan Remaja.
    Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
    Bandung.
    JURNAL
    Jurnal Meitasari, Rizki. Upaya
    Meningkatkan Kemampuan
    Interaksi Sosial Melalui Metode
    Bermain Peran dengan Tema
    Bermain Pekerjaan Anak Kelompok
    B TK AISYIYAH BUSTANUL
    ATHFAL Sangkanayu Kecamatan
    Mrebet Kabupaten Purbalingga
    Semester Genap Tahun 2011/2012.
    (diakses 21 Juli2018).