Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengetahuan orang tua yang
mengikuti dan tidak mengikuti program parenting terhadap anak usia 5-6 tahun di TK
Aisyiyah Bustanul Athfal 4 Tebet. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif
komparatif. Teknik yang digunakan berupa kuesioner kepada responden. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini berupa Pengetahuan Orang Tua. Populasi penelitian ini
berjumlah 61 orang tua. Teknik sampling yang digunakan merupakan sampling jenuh.
Metode penguji hipotesis menggunakan Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa terdapat perbedaan antara pengetahuan orang tua yang mengikuti dan tidak
mengikuti program parenting. Perbedaan tersebut dapat ditunjukkan dengan perhitungan
menggunakan SPSS 20 uji Mann Whitney, yaitu nilai sig. 0,021 lebih kecil 0,05. Oleh
karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara pengetahuan orang tua yang
mengikuti dan tidak mengikuti program parenting.
Keywords
Article Details
References
-
Anderson et al. 2017. Kerangka
Landasan Untuk Pembelajaran,
Pengajaran, dan Asesmen Revisi
Taksonomi Bloom. terj. Agung
Prihantoro (Yogyakarta : Pustaka
Belajar),
Brooks, Jane. 1999. The Process of
Parenting Fifth Edition. Amerika
Serikat : Mayfield Publishing
Brooks, Jane. 2011. The Process of
Parenting Edisi Delapan, terj.
Rahmat Fajar. Yogyakarta : Pustaka
Belajar.
E. Widjo Murdoko. 2017. PARENTING
With LEADERSHIP. Jakarta : PT
Elex Media Komputindo
Fauzie, Akhmad dkk. 2015. Prosiding :
Seminar Nasional dan Temu Ilmiah
Ikatan Psikologi Perkembangan
Indonesia IX. Surabaya : UHT
Press.
Fitria Dewi Andani, Ach Rasyad, Moh
Ishom Ihsan. 2016. Manajemen
Program Parenting Education
pada Ra Al-Ikhlas Kepanjen
Malang. Vol 10 No 2
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Direktorat Jenderal PAUD dan
Pendidikan Masyarakat Direktorat
Pembinaan Pendidikan Keluarga.
2016. Petunjuk Teknis Kemitraan
Satuan Pendidikan Anak Usia Dini
(PAUD) dengan Keluarga dan
Masyarakat.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Peraturan Menteri Pendidikan dan
Kebudayaan Republik Indonesia No
146 tahun 2014 Tentang Kurikulum
2013
References
Landasan Untuk Pembelajaran,
Pengajaran, dan Asesmen Revisi
Taksonomi Bloom. terj. Agung
Prihantoro (Yogyakarta : Pustaka
Belajar),
Brooks, Jane. 1999. The Process of
Parenting Fifth Edition. Amerika
Serikat : Mayfield Publishing
Brooks, Jane. 2011. The Process of
Parenting Edisi Delapan, terj.
Rahmat Fajar. Yogyakarta : Pustaka
Belajar.
E. Widjo Murdoko. 2017. PARENTING
With LEADERSHIP. Jakarta : PT
Elex Media Komputindo
Fauzie, Akhmad dkk. 2015. Prosiding :
Seminar Nasional dan Temu Ilmiah
Ikatan Psikologi Perkembangan
Indonesia IX. Surabaya : UHT
Press.
Fitria Dewi Andani, Ach Rasyad, Moh
Ishom Ihsan. 2016. Manajemen
Program Parenting Education
pada Ra Al-Ikhlas Kepanjen
Malang. Vol 10 No 2
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Direktorat Jenderal PAUD dan
Pendidikan Masyarakat Direktorat
Pembinaan Pendidikan Keluarga.
2016. Petunjuk Teknis Kemitraan
Satuan Pendidikan Anak Usia Dini
(PAUD) dengan Keluarga dan
Masyarakat.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Peraturan Menteri Pendidikan dan
Kebudayaan Republik Indonesia No
146 tahun 2014 Tentang Kurikulum
2013