Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengetahuan orang tua yang
mengikuti dan tidak mengikuti program parenting terhadap anak usia 5-6 tahun di TK
Aisyiyah Bustanul Athfal 4 Tebet. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif
komparatif. Teknik yang digunakan berupa kuesioner kepada responden. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini berupa Pengetahuan Orang Tua. Populasi penelitian ini
berjumlah 61 orang tua. Teknik sampling yang digunakan merupakan sampling jenuh.
Metode penguji hipotesis menggunakan Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa terdapat perbedaan antara pengetahuan orang tua yang mengikuti dan tidak
mengikuti program parenting. Perbedaan tersebut dapat ditunjukkan dengan perhitungan
menggunakan SPSS 20 uji Mann Whitney, yaitu nilai sig. 0,021 lebih kecil 0,05. Oleh
karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara pengetahuan orang tua yang
mengikuti dan tidak mengikuti program parenting.

Keywords

pengetahuan, orang tua, anak usia dini, program parenting.

Article Details

References

    Anderson et al. 2017. Kerangka
    Landasan Untuk Pembelajaran,
    Pengajaran, dan Asesmen Revisi
    Taksonomi Bloom. terj. Agung
    Prihantoro (Yogyakarta : Pustaka
    Belajar),
    Brooks, Jane. 1999. The Process of
    Parenting Fifth Edition. Amerika
    Serikat : Mayfield Publishing
    Brooks, Jane. 2011. The Process of
    Parenting Edisi Delapan, terj.
    Rahmat Fajar. Yogyakarta : Pustaka
    Belajar.
    E. Widjo Murdoko. 2017. PARENTING
    With LEADERSHIP. Jakarta : PT
    Elex Media Komputindo
    Fauzie, Akhmad dkk. 2015. Prosiding :
    Seminar Nasional dan Temu Ilmiah
    Ikatan Psikologi Perkembangan
    Indonesia IX. Surabaya : UHT
    Press.
    Fitria Dewi Andani, Ach Rasyad, Moh
    Ishom Ihsan. 2016. Manajemen
    Program Parenting Education
    pada Ra Al-Ikhlas Kepanjen
    Malang. Vol 10 No 2
    Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
    Direktorat Jenderal PAUD dan
    Pendidikan Masyarakat Direktorat
    Pembinaan Pendidikan Keluarga.
    2016. Petunjuk Teknis Kemitraan
    Satuan Pendidikan Anak Usia Dini
    (PAUD) dengan Keluarga dan
    Masyarakat.
    Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
    Peraturan Menteri Pendidikan dan
    Kebudayaan Republik Indonesia No
    146 tahun 2014 Tentang Kurikulum
    2013