Main Article Content

Abstract




Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak usia 3-4 tahun
melalui penggunaan media big book. Penelitian ini dilaksanakan di Play Group ST.
Theresia Depok, Jawa Barat. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas
yang dilakukan melalui dua siklus, siklus terdiri atas perencanaan (planning), tindakan
(acting), peng::imatan (observing), dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian adalah
seluruh anak dari kelompok Cherry Class Play Group ST. Theresia yang berjumlah 8
siswa. Pengumpulan data menggunakan non tes untuk memperoleh data tentang
pelaksanaan tindakan dan data kemampuan berbicara anak yaitu melalui teknik observasi
yaitu berupa catatan lapangan, lembar pemantau tindakan, catatan wawancara, dan
catatan dokumentasi . Analisis data diperoleh dari hasil perbandingan antara kemampuan
berbicara anak sebelum dan sesudah pelaksanaan tindakan. Implikasi hasil penelitian ini
ada lah bahwa penggunaan media big book dapat dijadikan sebagai altematif untuk
meningkatkan kemampuan berbicara anak usia 3-4 tahun . Penggunaan media big book
dapat memberikan hasil yang baik pada kemampuan berbicara anak, diantaranya dalam
hal penyampaian informasi, pengajuan pertanyaan, pengekspresian perasaan, produksi
kata serta penyampaian gagasan

Keywords

Kemampuan berbicara, anak usia 3-4 rahun, big book.

Article Details

Author Biography

Christopora Intan Himawan Putri, Rumah Main Cikal FX Sudirman



References

    Arsyad, A.2009.Media
    Pembelajaran.Jakarta: PT Raja Grafindo
    Persada
    Ialongo, Mary Renck.2007. Early
    Childhood Language Arts.United
    States of America: Pearson
    Education Inc, 2007
    Maidar dan Mukti.2003. Pembinaan
    116
    kemampuan
    Indonesia.
    Berbicara Bahasa
    Jakarta :Erlangga
    ISSf\': '!SV:!-555-1
    Vol. 02. No. !J:mu•m · 2l117
    Milis, Geoffrey E. 2003. Action
    Research: A Guide For Teacher
    Research. New Jersey: Pearson
    Education
    Moeslichatoen R. 2004. Metode
    Pengajaran di Taman KanakKanak. Jakarta : PT Rineka Cipta
    Moleong, Lexy J..2005. Metodologi
    Penelitian Kualitatif .Bandung:
    PT. Remaja Rosdakarya
    Morrison, G.S. (2009). Early Childhood
    Education Today. New Jersey:
    Pearson International Edition
    Morrow, Lasely Mandel.1993. Literay
    Development in the Early
    Years,Boston: Allyn and Bacon
    Munandar, SC. Utami. 2008.
    Mengembangkan Bakat dan
    Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta
    :Grasindo
    il sen, Ann Barbara.2004 . Week by
    week.United States of America:
    Thomson Delmar Learning
    Papalia, Diane E. , et. al.2008 . Human
    Development
    Perkembangan)
    Kesembi Ian.Jakarta:
    Prenada Media Group
    (Psikologi
    Edisi
    Kencana
    Papalia, D., R. Feldman, G. Martorell
    (2014). Experience Human
    Development 13th ed. New
    Jersey. McGraw-Hill
    Pentimonti, M.J. & Laura M. Justice
    (2010). Teachers' Use of
    Scaffolding Strategies During
    Read Alouds in the Preschool
    Classroom. Early Childhood
    Educ J (2010) 37:241-248. DOI
    IO. l 007Isl 0643-009-0348-6
    Priyono, Kusumo.2006.
    Mendongeng.Jakarta
    Grasindo
    Terampil
    PT
    Rohani HM, Ahmad .1997. Media
    instruksional Edukatif.Jakarta:
    PT Rineka Cipta, 1997
    S.Sadiman, Arief et.al.2008. Media
    Pendidikan Pengertian,
    Pengembangan,dan
    Pemanfaatannya. Jakarta:
    PT.Raja Grafindo Persada
    Smaldino, Sharon E.lnstructional
    Technology and Media for
    Learning.Pearson: Ohio
    Usman, M Basyiruddin
    Asnawir.2002.
    Pembelajaran .Jakarta:
    Pers
    dan
    Media
    Ciputat
    Wortham, Sue C.2008. Assesment in
    Early Childhood Education Fifth
    Edition. Ohaio: PearsonWright, Andrew.1995. Story Telling
    with Children, New York
    Oxford Universi~' ·