Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak usia 3-4 tahun
melalui penggunaan media big book. Penelitian ini dilaksanakan di Play Group ST.
Theresia Depok, Jawa Barat. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas
yang dilakukan melalui dua siklus, siklus terdiri atas perencanaan (planning), tindakan
(acting), peng::imatan (observing), dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian adalah
seluruh anak dari kelompok Cherry Class Play Group ST. Theresia yang berjumlah 8
siswa. Pengumpulan data menggunakan non tes untuk memperoleh data tentang
pelaksanaan tindakan dan data kemampuan berbicara anak yaitu melalui teknik observasi
yaitu berupa catatan lapangan, lembar pemantau tindakan, catatan wawancara, dan
catatan dokumentasi . Analisis data diperoleh dari hasil perbandingan antara kemampuan
berbicara anak sebelum dan sesudah pelaksanaan tindakan. Implikasi hasil penelitian ini
ada lah bahwa penggunaan media big book dapat dijadikan sebagai altematif untuk
meningkatkan kemampuan berbicara anak usia 3-4 tahun . Penggunaan media big book
dapat memberikan hasil yang baik pada kemampuan berbicara anak, diantaranya dalam
hal penyampaian informasi, pengajuan pertanyaan, pengekspresian perasaan, produksi
kata serta penyampaian gagasan
Keywords
Article Details
References
-
Arsyad, A.2009.Media
Pembelajaran.Jakarta: PT Raja Grafindo
Persada
Ialongo, Mary Renck.2007. Early
Childhood Language Arts.United
States of America: Pearson
Education Inc, 2007
Maidar dan Mukti.2003. Pembinaan
116
kemampuan
Indonesia.
Berbicara Bahasa
Jakarta :Erlangga
ISSf\': '!SV:!-555-1
Vol. 02. No. !J:mu•m · 2l117
Milis, Geoffrey E. 2003. Action
Research: A Guide For Teacher
Research. New Jersey: Pearson
Education
Moeslichatoen R. 2004. Metode
Pengajaran di Taman KanakKanak. Jakarta : PT Rineka Cipta
Moleong, Lexy J..2005. Metodologi
Penelitian Kualitatif .Bandung:
PT. Remaja Rosdakarya
Morrison, G.S. (2009). Early Childhood
Education Today. New Jersey:
Pearson International Edition
Morrow, Lasely Mandel.1993. Literay
Development in the Early
Years,Boston: Allyn and Bacon
Munandar, SC. Utami. 2008.
Mengembangkan Bakat dan
Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta
:Grasindo
il sen, Ann Barbara.2004 . Week by
week.United States of America:
Thomson Delmar Learning
Papalia, Diane E. , et. al.2008 . Human
Development
Perkembangan)
Kesembi Ian.Jakarta:
Prenada Media Group
(Psikologi
Edisi
Kencana
Papalia, D., R. Feldman, G. Martorell
(2014). Experience Human
Development 13th ed. New
Jersey. McGraw-Hill
Pentimonti, M.J. & Laura M. Justice
(2010). Teachers' Use of
Scaffolding Strategies During
Read Alouds in the Preschool
Classroom. Early Childhood
Educ J (2010) 37:241-248. DOI
IO. l 007Isl 0643-009-0348-6
Priyono, Kusumo.2006.
Mendongeng.Jakarta
Grasindo
Terampil
PT
Rohani HM, Ahmad .1997. Media
instruksional Edukatif.Jakarta:
PT Rineka Cipta, 1997
S.Sadiman, Arief et.al.2008. Media
Pendidikan Pengertian,
Pengembangan,dan
Pemanfaatannya. Jakarta:
PT.Raja Grafindo Persada
Smaldino, Sharon E.lnstructional
Technology and Media for
Learning.Pearson: Ohio
Usman, M Basyiruddin
Asnawir.2002.
Pembelajaran .Jakarta:
Pers
dan
Media
Ciputat
Wortham, Sue C.2008. Assesment in
Early Childhood Education Fifth
Edition. Ohaio: PearsonWright, Andrew.1995. Story Telling
with Children, New York
Oxford Universi~' ·
References
Pembelajaran.Jakarta: PT Raja Grafindo
Persada
Ialongo, Mary Renck.2007. Early
Childhood Language Arts.United
States of America: Pearson
Education Inc, 2007
Maidar dan Mukti.2003. Pembinaan
116
kemampuan
Indonesia.
Berbicara Bahasa
Jakarta :Erlangga
ISSf\': '!SV:!-555-1
Vol. 02. No. !J:mu•m · 2l117
Milis, Geoffrey E. 2003. Action
Research: A Guide For Teacher
Research. New Jersey: Pearson
Education
Moeslichatoen R. 2004. Metode
Pengajaran di Taman KanakKanak. Jakarta : PT Rineka Cipta
Moleong, Lexy J..2005. Metodologi
Penelitian Kualitatif .Bandung:
PT. Remaja Rosdakarya
Morrison, G.S. (2009). Early Childhood
Education Today. New Jersey:
Pearson International Edition
Morrow, Lasely Mandel.1993. Literay
Development in the Early
Years,Boston: Allyn and Bacon
Munandar, SC. Utami. 2008.
Mengembangkan Bakat dan
Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta
:Grasindo
il sen, Ann Barbara.2004 . Week by
week.United States of America:
Thomson Delmar Learning
Papalia, Diane E. , et. al.2008 . Human
Development
Perkembangan)
Kesembi Ian.Jakarta:
Prenada Media Group
(Psikologi
Edisi
Kencana
Papalia, D., R. Feldman, G. Martorell
(2014). Experience Human
Development 13th ed. New
Jersey. McGraw-Hill
Pentimonti, M.J. & Laura M. Justice
(2010). Teachers' Use of
Scaffolding Strategies During
Read Alouds in the Preschool
Classroom. Early Childhood
Educ J (2010) 37:241-248. DOI
IO. l 007Isl 0643-009-0348-6
Priyono, Kusumo.2006.
Mendongeng.Jakarta
Grasindo
Terampil
PT
Rohani HM, Ahmad .1997. Media
instruksional Edukatif.Jakarta:
PT Rineka Cipta, 1997
S.Sadiman, Arief et.al.2008. Media
Pendidikan Pengertian,
Pengembangan,dan
Pemanfaatannya. Jakarta:
PT.Raja Grafindo Persada
Smaldino, Sharon E.lnstructional
Technology and Media for
Learning.Pearson: Ohio
Usman, M Basyiruddin
Asnawir.2002.
Pembelajaran .Jakarta:
Pers
dan
Media
Ciputat
Wortham, Sue C.2008. Assesment in
Early Childhood Education Fifth
Edition. Ohaio: PearsonWright, Andrew.1995. Story Telling
with Children, New York
Oxford Universi~' ·