Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia 4-5
tahun melalui kegiatan menganyam di RA Yahya, Bekasi. Penelitian ini dilaksanakan
mulai bulan September sampai Oktober 2017. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian tindakan kelas yang dapat diselesaikan dalam dua siklus, meliputi perencanaan,
tindakan, pengamatan, dan refleksi . Subjek penelitian ini adalah anak-anak kelas TK RA
Yahya yang memiliki kemampuan motorik rendah berjumlah 15 orang. Pengumpulan data
penelitian menggunakan tekhnik non tes, meliputi catatan lapangan, lembar observasi,
wawancara, dan dokumentasi . Analisis data penelitian diperoleh dari perbandingan antara
kemampuan motorik halusmelalui kegiatan menganyam sebelum dan sesudah pemberian
. tindakan. Temuan dari penelitian ini yaitu melalui kegiatan menganyam dapat menjadi
alternatif untuk meningkatkan kemampuan motorik anak usia 4-5 tahun. Pencapaian
kemampuan motorik halus anak ditandai dengan kemampuan koordinasi m2ta dengan
tangan, melakukan gerakan manipulatif, dan mengekspresikan diri melalui karya seni
dengan kegiatan menganyam.

Keywords

Kemampuan motorik halus, kegiatan menganyam, anak usia 4-5 tahun, penelitian tindakan kelas.

Article Details

References

    Arikunto, Suharsimi.2006. Penelitian
    Tindakan Ke/as. Jakarta: Bumi
    Aksara.
    Christianti, Martha.Bab IV Menganyam
    Untuk Anak Usia
    Dini.http://staff.uny.ac. id/sites/de fa
    ult/fi les/penelitian/MarthaChristian
    !i, M.Pd./Bab VI.pdf.
    Handini, Myrnawati Crie. 2012.
    Metodologi Penelitian untuk
    Pemula. Jakarta: FIP Press.
    Hasnida. 2014. Analisis Kebutuhan Anak
    Usia Dini. Jakarta: Luxima.
    Hurlock, Elisabeth B. 1978.
    Perkembangan Anak edisi keenam .
    Jakarta: Erlangga.
    Mills, Geoffrey E. 2003. Action
    Research: A Guide For Teacher
    Research. ew Jersey: Pearson
    Education
    Munandar, Utami .2009. Penegembangan
    Kreativitas Anak Berbakat.
    Jakarta : R.ineka Cipta.
    Mursid. 2015. Be/ajar dan Pembelajran
    PA UD. Bandung: PT Remaja
    Rosdakarya.
    Pamadi , Hajar. 2008 . Seni Keterampilan
    Anak. Jakarta: UT.
    Santrock, John W. 2002. Life-Span
    Development. Jakarta: Erlangga.
    Samsudin. 2007. Pembelajaran Mo101·ik
    di Taman Kanak-kanak. Jakarta :
    Litera Prenada Media Group.
    Suj iono, Bambang. 2005 .
    Pengembangan Metode Fisik.
    Jakarta: UT.
    Sumanto. · 2005. Pengembangan
    Kreativitas Seni nipa Anak Tk.
    Jakarta: Departemen Pendidikan
    Nasional.
    Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan
    Anak Uaia Dini Penghantar dalam
    Berbagai Aspeknya. Jakarta:
    Kencana Prenadamedia Group.
    Wiyani, Navan Ardi. 2016. Konsep
    Dasar PA UD. Yogyakarta: Gava
    Media.
    Wiyani, Navan Ardy. 2014. Psikologi
    Perkembangan Anak Usia Dini.
    Yogyakarta: Gavamedia.