Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia 4-5
tahun melalui kegiatan menganyam di RA Yahya, Bekasi. Penelitian ini dilaksanakan
mulai bulan September sampai Oktober 2017. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian tindakan kelas yang dapat diselesaikan dalam dua siklus, meliputi perencanaan,
tindakan, pengamatan, dan refleksi . Subjek penelitian ini adalah anak-anak kelas TK RA
Yahya yang memiliki kemampuan motorik rendah berjumlah 15 orang. Pengumpulan data
penelitian menggunakan tekhnik non tes, meliputi catatan lapangan, lembar observasi,
wawancara, dan dokumentasi . Analisis data penelitian diperoleh dari perbandingan antara
kemampuan motorik halusmelalui kegiatan menganyam sebelum dan sesudah pemberian
. tindakan. Temuan dari penelitian ini yaitu melalui kegiatan menganyam dapat menjadi
alternatif untuk meningkatkan kemampuan motorik anak usia 4-5 tahun. Pencapaian
kemampuan motorik halus anak ditandai dengan kemampuan koordinasi m2ta dengan
tangan, melakukan gerakan manipulatif, dan mengekspresikan diri melalui karya seni
dengan kegiatan menganyam.
Keywords
Article Details
References
-
Arikunto, Suharsimi.2006. Penelitian
Tindakan Ke/as. Jakarta: Bumi
Aksara.
Christianti, Martha.Bab IV Menganyam
Untuk Anak Usia
Dini.http://staff.uny.ac. id/sites/de fa
ult/fi les/penelitian/MarthaChristian
!i, M.Pd./Bab VI.pdf.
Handini, Myrnawati Crie. 2012.
Metodologi Penelitian untuk
Pemula. Jakarta: FIP Press.
Hasnida. 2014. Analisis Kebutuhan Anak
Usia Dini. Jakarta: Luxima.
Hurlock, Elisabeth B. 1978.
Perkembangan Anak edisi keenam .
Jakarta: Erlangga.
Mills, Geoffrey E. 2003. Action
Research: A Guide For Teacher
Research. ew Jersey: Pearson
Education
Munandar, Utami .2009. Penegembangan
Kreativitas Anak Berbakat.
Jakarta : R.ineka Cipta.
Mursid. 2015. Be/ajar dan Pembelajran
PA UD. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.
Pamadi , Hajar. 2008 . Seni Keterampilan
Anak. Jakarta: UT.
Santrock, John W. 2002. Life-Span
Development. Jakarta: Erlangga.
Samsudin. 2007. Pembelajaran Mo101·ik
di Taman Kanak-kanak. Jakarta :
Litera Prenada Media Group.
Suj iono, Bambang. 2005 .
Pengembangan Metode Fisik.
Jakarta: UT.
Sumanto. · 2005. Pengembangan
Kreativitas Seni nipa Anak Tk.
Jakarta: Departemen Pendidikan
Nasional.
Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan
Anak Uaia Dini Penghantar dalam
Berbagai Aspeknya. Jakarta:
Kencana Prenadamedia Group.
Wiyani, Navan Ardi. 2016. Konsep
Dasar PA UD. Yogyakarta: Gava
Media.
Wiyani, Navan Ardy. 2014. Psikologi
Perkembangan Anak Usia Dini.
Yogyakarta: Gavamedia.
References
Tindakan Ke/as. Jakarta: Bumi
Aksara.
Christianti, Martha.Bab IV Menganyam
Untuk Anak Usia
Dini.http://staff.uny.ac. id/sites/de fa
ult/fi les/penelitian/MarthaChristian
!i, M.Pd./Bab VI.pdf.
Handini, Myrnawati Crie. 2012.
Metodologi Penelitian untuk
Pemula. Jakarta: FIP Press.
Hasnida. 2014. Analisis Kebutuhan Anak
Usia Dini. Jakarta: Luxima.
Hurlock, Elisabeth B. 1978.
Perkembangan Anak edisi keenam .
Jakarta: Erlangga.
Mills, Geoffrey E. 2003. Action
Research: A Guide For Teacher
Research. ew Jersey: Pearson
Education
Munandar, Utami .2009. Penegembangan
Kreativitas Anak Berbakat.
Jakarta : R.ineka Cipta.
Mursid. 2015. Be/ajar dan Pembelajran
PA UD. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.
Pamadi , Hajar. 2008 . Seni Keterampilan
Anak. Jakarta: UT.
Santrock, John W. 2002. Life-Span
Development. Jakarta: Erlangga.
Samsudin. 2007. Pembelajaran Mo101·ik
di Taman Kanak-kanak. Jakarta :
Litera Prenada Media Group.
Suj iono, Bambang. 2005 .
Pengembangan Metode Fisik.
Jakarta: UT.
Sumanto. · 2005. Pengembangan
Kreativitas Seni nipa Anak Tk.
Jakarta: Departemen Pendidikan
Nasional.
Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan
Anak Uaia Dini Penghantar dalam
Berbagai Aspeknya. Jakarta:
Kencana Prenadamedia Group.
Wiyani, Navan Ardi. 2016. Konsep
Dasar PA UD. Yogyakarta: Gava
Media.
Wiyani, Navan Ardy. 2014. Psikologi
Perkembangan Anak Usia Dini.
Yogyakarta: Gavamedia.