Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses dan hasil pembelajaran
menggunakan metode bercerita dengan boneka tangan yang dapat
meningkatkan perilaku moral anak di kelompok B TK Dharma Wanita
Persatuan Kalianda, Lampung Selatan tahun 2014 dengan subjek penelitian
berjumlah 15 anak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan
kelas yang terdiri dari dua siklus, meliputi perencanaan, tindakan,
pengamatan, dan refleksi Pengumpulan data penelitian menggunakan tehnik
non tes, meliputi catatan lapangan, lembar observasi, wawancara, dan
dokumentasi . Analisis data penelitian diperoleh dari perbandingan antara
perilaku moral anak sebelum dan sesudah pemberian tindakan. lmplikasi hasil
penelitian ini adalah bahwa dalam proses pembelajaran anak usia dini
haruslah menerapkl>.n metode dan media yang sesuai , menyampaikan berbagai
pesan, memberikan motivasi , memberikan stimulasi, memberikan contoh, dan
memberikan pertanyaan.

Keywords

Perilaku moral. metode bercerita dengan boneka tangan, penelitian tindakan.

Article Details

References

    Abdurrahman Akhi , 2009 . Cara
    Praktis Mengafasi
    Perkembangan Anak.
    Jakarta: Three Publishing.
    Budiningsih Asri, 2004.
    Pembelajaran Moral
    Be1pijak pada Karakterisrik
    Siswa dan Budayanya.
    Jakarta: PT Rineka Cipta.
    Borba Michele,Ed.D, 2008.
    Membangun Kecerdasan
    Moral, Tujuh Kebajikan
    Urama Agar Anak Bermoral
    Tinggi. Jakarta: PT Gramedia
    Pustaka Utama.
    Coles Robert, 2000. Menumbuhkan
    Kecerdasan Moral Pada
    Anak. Jakarta: Gramedia.
    Goldstein, Jeffery, David
    Buckingham, Giller
    Brougere, 2004. Toys, Game
    and Media. New Jersey:
    Lawrence Erlbaum
    Assosiates.
    Hana, Jasmine, 2011. Terapi
    Kecerdasan Anak DenganDongeng. Yogyakarta:
    Berlian Media.
    Hughes Fergues, 2011. Children,
    Play, and Development.
    United States of Amerika:
    Pearson.
    Hurlock, Elizabeth B, 1978.
    Perkembangan Anak jilid 2.
    Jakarta: Erlangga.
    J.1.G.m Drost, S.J Dkk. 2003.
    Peri/a/cu Anak Usia Dini.
    yogjakarta: Kanisius.
    Jackman Hilda L, 2009. Early
    Education Curriculum A
    child's connection to the
    world. USA: Delmar
    Cengange Leaming.
    Moeslihatoen, 2004. Metode
    Taman
    Jakarta:
    Pengajaran di
    Kanak-Kanak.
    Rineka Cipta.
    Musfiroh Tadzkirotun, 2008.
    Memilih, Menyusun dan
    Menyajikan Cerita Anak
    Usia Dini. Yogjakarta: Tiara
    Wacana.
    Schriler, Pam dan Tamara Bryant,
    2002. 16 Moral Dasar Bagi
    Anak Disertai Kegiatan yang
    Blsa Dilakukan Orangtua
    Beserra Anak. Jakarta: PT
    Elcx Media Komputindo.
    Sjarkawi, 2006. Membentuk
    Kepribadian Anak. Jakarta:
    Bumi Akasara.