Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses dan hasil pembelajaran
menggunakan metode bercerita dengan boneka tangan yang dapat
meningkatkan perilaku moral anak di kelompok B TK Dharma Wanita
Persatuan Kalianda, Lampung Selatan tahun 2014 dengan subjek penelitian
berjumlah 15 anak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan
kelas yang terdiri dari dua siklus, meliputi perencanaan, tindakan,
pengamatan, dan refleksi Pengumpulan data penelitian menggunakan tehnik
non tes, meliputi catatan lapangan, lembar observasi, wawancara, dan
dokumentasi . Analisis data penelitian diperoleh dari perbandingan antara
perilaku moral anak sebelum dan sesudah pemberian tindakan. lmplikasi hasil
penelitian ini adalah bahwa dalam proses pembelajaran anak usia dini
haruslah menerapkl>.n metode dan media yang sesuai , menyampaikan berbagai
pesan, memberikan motivasi , memberikan stimulasi, memberikan contoh, dan
memberikan pertanyaan.
Keywords
Article Details
References
-
Abdurrahman Akhi , 2009 . Cara
Praktis Mengafasi
Perkembangan Anak.
Jakarta: Three Publishing.
Budiningsih Asri, 2004.
Pembelajaran Moral
Be1pijak pada Karakterisrik
Siswa dan Budayanya.
Jakarta: PT Rineka Cipta.
Borba Michele,Ed.D, 2008.
Membangun Kecerdasan
Moral, Tujuh Kebajikan
Urama Agar Anak Bermoral
Tinggi. Jakarta: PT Gramedia
Pustaka Utama.
Coles Robert, 2000. Menumbuhkan
Kecerdasan Moral Pada
Anak. Jakarta: Gramedia.
Goldstein, Jeffery, David
Buckingham, Giller
Brougere, 2004. Toys, Game
and Media. New Jersey:
Lawrence Erlbaum
Assosiates.
Hana, Jasmine, 2011. Terapi
Kecerdasan Anak DenganDongeng. Yogyakarta:
Berlian Media.
Hughes Fergues, 2011. Children,
Play, and Development.
United States of Amerika:
Pearson.
Hurlock, Elizabeth B, 1978.
Perkembangan Anak jilid 2.
Jakarta: Erlangga.
J.1.G.m Drost, S.J Dkk. 2003.
Peri/a/cu Anak Usia Dini.
yogjakarta: Kanisius.
Jackman Hilda L, 2009. Early
Education Curriculum A
child's connection to the
world. USA: Delmar
Cengange Leaming.
Moeslihatoen, 2004. Metode
Taman
Jakarta:
Pengajaran di
Kanak-Kanak.
Rineka Cipta.
Musfiroh Tadzkirotun, 2008.
Memilih, Menyusun dan
Menyajikan Cerita Anak
Usia Dini. Yogjakarta: Tiara
Wacana.
Schriler, Pam dan Tamara Bryant,
2002. 16 Moral Dasar Bagi
Anak Disertai Kegiatan yang
Blsa Dilakukan Orangtua
Beserra Anak. Jakarta: PT
Elcx Media Komputindo.
Sjarkawi, 2006. Membentuk
Kepribadian Anak. Jakarta:
Bumi Akasara.
References
Praktis Mengafasi
Perkembangan Anak.
Jakarta: Three Publishing.
Budiningsih Asri, 2004.
Pembelajaran Moral
Be1pijak pada Karakterisrik
Siswa dan Budayanya.
Jakarta: PT Rineka Cipta.
Borba Michele,Ed.D, 2008.
Membangun Kecerdasan
Moral, Tujuh Kebajikan
Urama Agar Anak Bermoral
Tinggi. Jakarta: PT Gramedia
Pustaka Utama.
Coles Robert, 2000. Menumbuhkan
Kecerdasan Moral Pada
Anak. Jakarta: Gramedia.
Goldstein, Jeffery, David
Buckingham, Giller
Brougere, 2004. Toys, Game
and Media. New Jersey:
Lawrence Erlbaum
Assosiates.
Hana, Jasmine, 2011. Terapi
Kecerdasan Anak DenganDongeng. Yogyakarta:
Berlian Media.
Hughes Fergues, 2011. Children,
Play, and Development.
United States of Amerika:
Pearson.
Hurlock, Elizabeth B, 1978.
Perkembangan Anak jilid 2.
Jakarta: Erlangga.
J.1.G.m Drost, S.J Dkk. 2003.
Peri/a/cu Anak Usia Dini.
yogjakarta: Kanisius.
Jackman Hilda L, 2009. Early
Education Curriculum A
child's connection to the
world. USA: Delmar
Cengange Leaming.
Moeslihatoen, 2004. Metode
Taman
Jakarta:
Pengajaran di
Kanak-Kanak.
Rineka Cipta.
Musfiroh Tadzkirotun, 2008.
Memilih, Menyusun dan
Menyajikan Cerita Anak
Usia Dini. Yogjakarta: Tiara
Wacana.
Schriler, Pam dan Tamara Bryant,
2002. 16 Moral Dasar Bagi
Anak Disertai Kegiatan yang
Blsa Dilakukan Orangtua
Beserra Anak. Jakarta: PT
Elcx Media Komputindo.
Sjarkawi, 2006. Membentuk
Kepribadian Anak. Jakarta:
Bumi Akasara.